Fungsi dari Valuta Asing: Pengertian, Jenis, dan Tujuan

Infokekinian.com – Dalam perekonomian, valas mempunyai peranan yang penting dalam pelaksanaan transaksi internasional. Lantas, apa fungsi dari valuta asing yang sebenarnya? Dan kenapa memiliki peranan yang penting?Yuk, kita simak.

Selain berperan penting dalam transaksi keungan internasional, valas atau valuta asing juga mempunyai peran dalam bidang perdagangan antar negara yang begitu besar.

Apa itu Valas
Jika kamu yang suka melakukan transaksi ke luar negeri, tentunya kamu sudah tidak akan asing lagi dengan istilah valas ini.

Tetapi, masih ada sebagian orang awam yang belum tahu dan bahkan sangat asing jika di tanya tentang valas atau bahkan mereka akan mengganggap jika valas itu memounya sistem yang begitu ribet.

Padahal, faktanya valas itu salah satu instrumen yang biasa kita temukan dalam pasar saham, lho Sobat Kekinian. Baik itu nasional maupun internasional.

Jika kamu masih bingung tentang pasar valuta asing ini, don’t worry! Karena kami akan merangkumnya secara detail untuk kamu. So, check it out!

Apa itu Valas?

Valas merupakan kepanjangan dari valuta asing atau foreign exchange market, yang termasuk ke dalam suatu jenis transaksi atau perdagangan mata uang suatu negara kepada mata uang negara lainnya yang berkesinambungan dengan melibatkan pasar uang utama di dunia.

Mata uang yang diakui, digunakan, dan diterima sebagai bentuk pembayaran dalam perdagangan internasional adalah definisi lain dari valuta asing.

Mata uang suatu negara yang berperan cukup signifikan dalam sistem ekonomi global biasanya berfungsi sebagai valuta asing yang paling banyak digunakan.

Pada kenyataannya, Dolar adalah mata uang asing yang paling banyak digunakan di dunia. Valas juga termasuk ke dalam bagian devisa suatu negara.

Dimana valas ini merupakan kekayaan dimiliki suatu negara di luar negeri dalam bentuk komoditas, jasa, atau bahkan uang tunai yang digunakan dalam transaksi komersial lintas batas.

Kita sering menggunakan istilah “valas” untuk menyebut devisa suatu negara yang berbentuk mata uang.

Fungsi Valas

Pasar forex itu sendiri memiliki fungsi yang signifikan di sektor korporasi atau bisnis. Valuta asing pada umumnya berfungsi sebagai alat pembayaran dalam transaksi ekonomi internasional yang mengikat secara hukum.

Valas juga memiliki tujuan tambahan yang lebih spesifik selain sebagai sumber pembayaran. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi valuta asing:

1. Alat Tukar Internasional

Menggunakan valuta asing sebagai alat tukar dalam perdagangan internasional adalah fungsi utamanya.

Transaksi internasional ini mencakup pertukaran layanan antar negara serta perdagangan barang.

Misalnya, jika Indonesia ingin membeli produk atau jasa dari negara lain, transaksi akan dilakukan dengan menggunakan mata uang asing negara tersebut.

2. Alat Pembayaran Internasional

Selain itu, seperti fungsi utamanya yang sebagai alat tukar, valuta asing juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran internasional.

Setelah beberapa tahun, kedua negara yang terlibat dalam operasi ekonomi internasional sekarang mengakui valuta asing sebagai alat pembayaran yang sah.

Selain digunakan untuk membeli komoditas, valas juga digunakan untuk membayar utang suatu negara kepada negara lain.

3. Mengendalikan Kurs

Mengendalikan Kurs
Valuta asing dapat digunakan untuk mengatur nilai tukar mata uang suatu negara selain sebagai metode pembayaran internasional. Pemerintah negara yang bersangkutan bertugas untuk mengelola nilai tukar.

Karena nilai tukar dapat berubah dan naik turun, maka dari itu pemerintah harus mengendalikannya.

Pemerintah menggunakan valas untuk mengatur nilai tukar mata uang negara untuk mencegah lonjakan yang parah.

4. Melancarkan Perdagangan Internasional

Valas dapat dimanfaatkan untuk memperlancar semua transaksi perdagangan global karena merupakan alat pembayaran yang sah dan diterima secara luas.

Negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional dapat menggunakan ketersediaan devisa sebagai alat untuk mempercepat operasi perdagangan mereka.

Kemampuan untuk melakukan kegiatan transaksi internasional yang bebas dari pembatasan penggunaan mata uang dimungkinkan dengan tersedianya valuta asing sebagai alat pembayaran internasional.

Valuta asing memainkan peran penting dalam perdagangan global, terutama dalam hal transaksi perdagangan.

Jenis-Jenis Transaksi Valas

Berikut adalah 5 jenis transaksi valas yang sering digunakan, yaitu:

1. Transaksi Berjangka

Transaksi forward atau berjangka merupakan sebuah transaksi yang diciptakan untuk masa depan. Hal ini dikarenakan uang tidak benar-benar bermain sampai waktu yang akan datang.

Biasanya para pembeli dan penjual akan mengadakan jual beli dalam jangka 90 hari sesuai dengan kesepatakab yang telah dibuat dengan nilai tukar tetap, sesuai dengan tanggal tertentu di masa depan. Dan biasanya transaksi ini disebut sebagai forward market.

2. Transaksi Spot

Transaksi ini terjadi ketika penjual dan pembeli dengan mata uang yang berbeda menyelesaikan transaksi pembayaran dalam jangka dua hari setelah kesepakatan terjadi.

Transaksi ini termasuk ke dalam jenis transaksi paling tercepat untuk menukarkan mata uang dan pasar terjadinya transaksi ini disebut juga sebagai spot transaction.

3. Transaksi Masa Depan

Transaksi ini termasuk kedalam jenis transaksi yang miripp dengan transaksi berjangka atau forward transaction, dimana perbedaannya hanya terletak pada jangka waktunya saja, seperti:

  1. Kontrak bisa di sesuaikan dengan keinginan klien, termasuk dengan nilai mata uang atau tanggal
  2. Kontra hanya dapat di perdagangkan kepada bursa yang telah terorganisasi
  3. Jaminan berupa margin awal untuk kesepakatan yang akan terjadi pada masa depan.

4. Transaksi Swap

Transaksi ini merupakan transaksi pinjam meminjam yang biasa terjadi secara bersamaan dengan dua mata uang yang berbeda.

Pada transaksi ini, biasanya para investor akan meminjam mata uang dan kemudian membayarnya dalam bentuk mata uang ke dua.

Hal ini dilakukan untuk membayar kewajiban tanpa perlu menanggung risiko adanya naik turun nilai tukar.

5. Transaksi Opsi

Transaksi opsi merupakan transaksi pertukaran mata uang dengan nilai yang telah disepakati pada waktu tertentu.

Biasanya para investor mempunyai hak untuk mengkonversi mata uang tersebut, tetapi tidak berkewajiban untuk melalukannya.

Tujuan Valuta Asing

Tujuan Valuta Asing
Berikut adalah beberapa tujuan dari valuta asing:

Komersial

Alasan menggunakan valuta asing dalam transaksi yang akan dilakukan oleh pelaku usaha adalah untuk memfasilitasi pembayaran.

Ketika digunakan untuk alasan bisnis atau pembayaran, sistem ini tentu saja harus mengikuti semua hukum dan peraturan yang berlaku.

Funding

Dalam organisasi serta pada tingkat pribadi atau langsung, negara sering mengembangkan kolaborasi dengan negara lainnya.

Transaksi valuta asing juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan berbagai jenis uang dari negara lain.

Negara yang sering berperan sebagai money changer akan menerima beberapa bentuk valuta asing yang telah diperoleh.

Bila perlu, para pihak dapat menggunakan uang yang diperoleh untuk transaksi tambahan.

Ketika suatu negara memiliki berbagai mata uang, tidak perlu menantang untuk menghitung nilai tukar mata uangnya sendiri dengan pihak asing, yang akan membuatnya sulit untuk mencapai kesepahaman.

Hedging

Nilai tukar antar negara sangat dipengaruhi oleh valas. Sebaliknya, jika kita memiliki banyak valas, sangat mungkin mata uang mereka akan berkurang karena banyaknya jumlah mata uang yang dimiliki negara lain.

Nilai tukar yang muncul didasarkan pada seberapa banyak mata uang tertentu tersedia di negara lain.

Investasi

Investasi
Salah satu cara negara-negara yang akan melakukan investasi memantau nilai tukar mata uang asing adalah melalui penggunaan valas.

Prediktor situasional yang baik jauh lebih cenderung melakukan investasi dengan mitra asing.

Jika kita bisa membuat prediksi yang akurat, kita bisa mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi. Semakin banyak peluang yang diperoleh, semakin akurat prediksinya.

Individu

Sebagai individu, dapat merasakan keuntungan menggunakan valuta asing dalam transaksi, karena Ini ada hubungannya dengan urusan bisnis tertentu dengan pihak asing.

Dalam skenario ini, misalnya, kamu dapat menyiapkan uang tunai saat masih berada di dalam negeri untuk membeli barang-barang konsumsi atau saat berlibur di luar.

Jika kamu memiliki mata uang yang kamu bawa dari dalam negeri, kamu dapat dengan mudah melakukan bisnis di tempat umum tanpa menggunakan fasilitas khusus turis.

Marketing

Barang yang berkualitas baik akan dicari oleh konsumen di seluruh dunia. Sana halnya seperti valuta asing, yang dapat digunakan untuk memperkenalkan barang kita ke pihak asing.

Tentu saja, tujuan melakukan ini adalah untuk menarik pelanggan potensial dengan membandingkan keunggulan produk dengan biaya yang dikeluarkan.

Position Taking

Kemampuan suatu negara untuk membangun dirinya di pasar dunia dapat dibantu oleh valuta asing.

Agar mata uang suatu negara dapat digunakan oleh masyarakat yang semakin banyak, hal ini berkaitan dengan minat orang asing dalam menggunakan mata uang asing.

Besarnya valas akan mempengaruhi dimana kekuatan mata uang tersebut berada secara internasional.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Valuta Asing

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Valuta Asing
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari valas:

Kelebihan Pasar Valuta Asing

Berikuta beberapa kelebihan dari valas:

  1. Transaksi dapat dilakukan selama 24 jam
  2. Harga jual yang tetap atau stabil
  3. Biaya transaksi yang rendah
  4. Kenaikan atau penurunan harga dapat dijadikan keuntungan, jika pintar memanfaatkan kesempatan
  5. Daya beli para investor yang melebihi jumlah modal yang ada.

Kekurangan Pasar Valuta Asing

Berikut merupakan kekurangan atau kelemahan dari valas:

  1. Sulitnya prediksi mengenai risiko pertukaran kurs
  2. Sulit untuk dilakukan dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah
  3. Asal negara tentu mempengaruhi kesuksesan, karena adanya campur tangan pemerintah terhadap mata uang yang di perdagangkan.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar fungsi valuta asing:

Bagaimana Cara Transaksi Jual Beli Valuta Asing?

Dalam mengambil keuntuntungan, transaksi valas bisa dilakukan dengan cara dua arah. Seperti, seseorang bisa melakukan open buy atau membeli dahulu, yang kemudian akan ditutup dengan sell atau menjual.

Bahkan kamu juga bisa melakukan dengan arah sebaliknya, menjual terlebih dahulu dan kemudian di tutup dengan membeli.

Siapa Para Pelaku Pasar Valuta Asing?

Berikut adalah daftar pelaku valuta asing:

  1. Dealer
  2. Perusahaan atau Perorangan
  3. Spekulan dan Arbitrator
  4. Bank Sentral
  5. Pialang
  6. Pemerintah.

Apa yang Terjadi Jika Tidak ada Pasar Valuta Asing?

Jika tidak ada transaksi valuta asing, maka dapat mempengaruhi perdagangan internasional hingga tidak dapat melakukan transaksi.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi valuta asing, lengkap dengan tujuan dan jenis yang dimilikinya.

Dan dapat kita simpulkan, jika valas atau valuta asing ini benar-benar mempunyai peranan yang begitu penting dalam sektor perdagangan internasional.

Demikianlah artikel kali ini dan jangan lupa untuk kunjungi website Infokekinian, karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */