Aplikasi Adobe Acrobat, Pengertian dan Fiturnya

InfoKekinian.com – Aplikasi Adobe Acrobat adalah software tampilan PDF terbesar yang terus berkembang hingga saat ini. Aplikasi ini biasanya dibutuhkan dari mahasiswa hingga pengusaha dalam menangani materi pekerjaannya.

Sekarang Adobe Document Cloud terintegrasi ke dalam perangkat lunak PDF ini, pengguna akan dapat mengakses dan mengedit PDF dari perangkat apa pun, di mana pun. Berbagai kemampuan baru dan yang ditingkatkan telah tersedia di edisi Acrobat Reader DC yang baru.

Hanya dengan Adobe Acrobat Reader, pengguna dapat membaca, menkamutangani, mengumpulkan, dan memantau komentar dokumen, untuk mendistribusikan PDF secara gratis.

Jika kamu menginginkan pekerjaan yang lebih rumit dan menyeluruh, dapatkan edisi berlangganan Acrobat Pro DC untuk dapat mengedit, mengekspor, dan mengirim PDF melalui email ke orang lain.

ulasan aplikasi adobe acrobat

Apa itu Adobe Acrobat Reader?

Adobe Acrobat Reader adalah perangkat lunak dari keluarga Adobe Acrobat yang diproduksi oleh Adobe Systems. Adobe Acrobat adalah program data dokumen pertama yang menangani file PDF (Portable Document Format).

Versi standar dan Pembaca program Acrobat Adobe memiliki antarmuka pengguna yang sama. Acrobat Reader digantikan oleh Adobe Reader pada versi sebelumnya.

Jika kamu bekerja dengan file Portable Document Format (PDF) dan ingin melakukan lebih dari sekadar membaca dan mencarinya, program ini cocok untuk kamu.

Acrobat awalnya diperkenalkan pada 15 Juni 1993 untuk Macintosh dengan nama identifikasi Acrobat 1.0, yang tidak ditawarkan sebagai unit gratis.

Kemudian muncul versi program untuk DOS dan Windows 3.1. Pada saat itu, IRS telah memperoleh hak untuk membuat distribusi Reader 1.0, yang membuat program ini terlihat gratis. Pada tahun yang sama, PDF Acrobat Reader tersedia untuk umum.

Semakin banyak pengguna PDF, karena keamanan dan dinamikanya. Akibatnya, semakin banyak saingan Adobe Acrobat telah muncul, termasuk FoxitReader, GhostScript, Nitro PDF, dan Nuance Communications, yang semuanya menyediakan alat pembuatan data PDF gratis atau komersial.

Perbedaan Adobe Reader dan Adobe Acrobat Reader

Sampai saat ini, Adobe Reader dan Adobe Acrobat adalah utilitas yang sangat vital yang terus digunakan oleh banyak pengguna PC dan laptop. Lihat, cetak, beri keterangan, dan cari dokumen dengan mudah dengan program ini. Namun, versi Adobe Acrobat Reader lebih kompleks daripada Adobe Reader.

Adobe Acrobat menawarkan kapasitas untuk memproduksi dan memodifikasi data dokumen PDF, termasuk edisi standar dan Pro. Layanan berbayar atau premium dari Adobe Acrobat Reader ini ditawarkan setiap tahun atau bulanan.

Adobe Acrobat hanya mendukung sistem operasi versi Windows dan MacOS. Semua fungsi aplikasi ini juga dapat ditemukan di Adobe Reader.

Adobe Acrobat Reader juga menawarkan fitur interaktif dengan menambahkan komponen multimedia ke dokumen PDF dan dapat mengenkripsi data untuk perlindungan lebih lanjut.

Adobe Reader adalah penampil PDF gratis dengan fungsionalitas terbatas. Siapa pun dapat membaca segala bentuk file PDF dengan program ini, yang tersedia untuk diunduh gratis di situs web Adobe.

Adobe Reader mendukung beberapa sistem operasi dari versi Linux, Mac, Windows, Android, dan Solaris dengan bahasa yang bervariasi.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi Adobe Acrobat

Untuk memahami lebih detail fungsi dan manfaat Adobe Acrobat Reader, lihat daftarnya di bawah ini:

1. Membuat File PDF

PDF adalah format file yang dirancang langsung oleh Adobe System Inc., oleh karena itu Adobe Acrobat Reader memiliki kapasitas tambahan untuk dengan mudah menghasilkan, mengubah, dan mengedit dokumen PDF dengan berbagai kemampuan yang selalu diperbarui.

2. Membaca atau Menampilkan Dokumen PDF

Ketika seorang pengguna memiliki ekstensi file PDF dari internet, unduhan atau data pribadi, program ini akan membaca dan membuka file PDF. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan modifikasi, memposting komentar, dan membagikannya kepada pengguna lain yang juga menggunakan Adobe Acrobat DC.

3. Melindungi atau Mengamankan File PDF

Adobe Acrobat Reader adalah alat yang sangat baik untuk pengguna yang khawatir data mereka dirusak, dibajak, atau dijiplak oleh orang lain. Dengan fitur keamanan data, pengguna dapat memberikan kata sandi dan membuat tkamu air identifikasi untuk mengurangi penyalahgunaan hak cipta.

Meskipun demikian, Adobe Acrobat Reader masih dapat digunakan untuk berbagai tugas, termasuk mencetak file, menambahkan file ke dalamnya, membuat bookmark digital, dan mencari file PDF tertentu.

Fitur Utama Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat akan membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan pada dokumen PDF secara sederhana. Membuat, memodifikasi, dan menkamutangani PDF. Jelajahi semua fitur dan fungsi Adobe Acrobat Reader dari daftar berikut:

1. Membuat File PDF

Dengan Adobe Acrobat, pengguna dapat mengonversi file, gambar, atau halaman web apa pun dari Office menjadi format PDF berkualitas tinggi yang dapat diakses di berbagai platform, seperti komputer, tablet, dan ponsel cerdas. Berikut ini adalah tutorial cara membuat file PDF dengan Adobe Acrobat.

2. Fitur Edit File PDF

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk langsung mengedit dokumen PDF, termasuk teks dan grafik. Versi terbaru Adobe Acrobat atau Acrobat DC (versi sebelumnya) memungkinkan pengguna memodifikasi dokumen dengan mudah dari perangkat apa pun.

Bayangkan saja ketika pengguna ingin mengubah dokumen, tetapi tidak memiliki aslinya. Nah, dengan menggunakan Adobe Acrobat, pengguna dapat segera memperbarui file. Berikut adalah petunjuk tentang cara mengubah file PDF.

3. Fitur Berbagi File PDF

Adobe Acrobat memudahkan untuk mengirim dan menerima file PDF saat seseorang mengirimi kamu tautan.

Mereka dapat melihat dan menanggapi semua komentar yang kamu terima dari semua perangkat mereka yang lain. Kamu dapat memberikan komentar Adobe Acrobat pada file yang dibagikan.

Dengan merekam semua komentar, ini memudahkan pengguna untuk membagikan tautan ke tim. Pengguna tidak lagi harus mengubah umpan balik secara manual atau mengirimkan banyak lampiran email.

4. Fitur Penanda/ Tanda Tangan

Jika kamu memerlukan tkamu tangan digital pada sebuah dokumen, Adobe Acrobat Reader mungkin adalah jawabannya. kamu dapat mencoba fitur ini di Adobe Acrobat DC (versi terbaru)

Kesimpulan

Nah itulah ulasan mengenai aplikasi adobe acrobat. Infokekinian menjelaskan beikut dengan fungsi, dan fitur aplikasi adobe acrobat. Semoga bemanfaat!

/* */