Bagian Bagian dan Fungsi Bunga

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai bagian bagian dan fungsi bunga, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Semua orang menikmati bunga. Banyak wanita, khususnya, menikmati bunga. Ini karena bentuknya yang cantik, warnanya yang menarik, dan aromanya yang harum. Bunga biasanya digunakan untuk memperindah halaman atau bahkan ruangan.

Bagian Bunga Teratas dan Fungsinya

Jangan hanya mengetahui berbagai jenis bunga jika Anda seorang pecinta bunga. Mengetahui bagian-bagian bunga, di sisi lain, sangat penting. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai bagian bunga secara rinci.

Bagian Bunga Teratas dan Fungsinya

Bunga, atau bunga seperti yang biasa dikenal, adalah bentuk reproduksi seksual pada tanaman berbunga. Bunga, seperti halnya manusia, memiliki organ reproduksi, yang disebut benang sari dan putik.

Bagian bunga dapat muncul sendiri-sendiri atau berkelompok. Bunga majemuk atau inflorescence adalah bunga yang muncul bersamaan.

Bunga majemuk atau perbungaan dianggap bunga (tunggal) di beberapa spesies, seperti bunga Anthurium dan bunga matahari. Apa sepuluh bagian bunga? Simak ulasan lengkapnya setelah lompat!

10 Bagian Bunga Beserta Fungsinya

Bagian-bagian bunga merupakan bagian tanaman yang digunakan untuk menghasilkan biji. Bahkan, dalam bunga berlangsung sebuah penyerbukan dan juga pembuahan.

Setelah proses pembuahan, bunga akan semakin berkembang untuk lebih lanjut membentuk buah. Nah, sedangkan dalam tumbuhan berbunga, buah merupakan struktur yang membawa dan melindungi biji.

Bunga mempunyai beberapa fungsi seperti berikut ini:

Fungsi biologi

Fungsi ini pada bunga sebagai organ seksual atau sebagai wadah menyatunya gamet jantan dan betina untuk menghasilkan biji.

Warna cerah bunga

Pada bunga yang mempunyai warna cerah berguna memikat hewan untuk pembantu penyerbukan.

Mengeluarkan aroma yang khas

Bunga menghasilkan panas dan mengeluarkan aroma yang khas untuk memikat hewan agar proses penyerbukan semakin cepat.

Nah, setelah mengetahui tentang bunga dan juga fungsi-fungsi bunga, sudah saatnya Anda mengetahui bagian-bagian bunga secara lebih jelas. Berikut ulasannya:

Benang Sari

Benang sari merupakan bagian penting dalam bunga. Benang sari merupakan organ reproduksi jantan pada bunga.

Dalam benang sari terdiri dari beberapa bagian seperti tangkai sari, ujung tangkai sari dan kepala sari atau bunga.

Biasanya, bunga terdiri dari empat kotak sari yaitu mikrosporangia. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung serbuk sari di dalamnya.

Benang Sari

Serbuk sari yang dihasilkan ini kemudian dilepaskan dan jatuh atau terbawa oleh angin, air dan hewan ke putik bunga yang sama atau ke putik bunga yang lain. Terbawanya serbuk sari ini terjadi sebuah penyerbukan.

Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian yang tak kalah penting dari bunga. Tangkai bunga berada pada bagian bawah bunga. Bagian yang satu ini mempunyai nama latin yaitu Pedicellus.

Fungsi Tangkai Bunga sangat berbeda dengan bagian induk tangkai. Bagian tangkai bunga yaitu bagian yang berada di bawah bunga paling terakhir diantara bagian-bagian bunga yang lainnya.

lebih tepatnya, tangkai bunga merupakan penghubung antara tangkai bunga dengan ranting. Atau dengan bahasa lainnya bahwa tangkai bunga merupakan tempat untuk memetik sebuah bunga. sehingga tempat tangkai bunga ini berada dibawah bunga.

Dasar Bunga

Dasar bunga berada di atas tangkai bunga atau pada bunga bagian bawah. lebih tepatnya, dasar bunga ini setelah bagian tangkai bunga atau di ujung bunga.

Dasar bunga mempunyai bahasa latin yaitu Receptacle. Dasar bunga juga mempunyai fungsi yaitu sebagai tempat meletakkan mahkota dari bagian-bagian bunga lainnya.

Kelopak Bunga

Bagian lain yang tak kalah penting dari sebuah bunga yaitu kelopak bunga. Kelopak bunga berada di bagian paling luar bunga dan sangat berguna untuk menyelimuti mahkota ketika bunga sedang dalam kondisi kuncup.

Fungsi utama dari dari kelopak bunga yaitu untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan kelopak bunga akan terbuka jika mahkota mulai mekar. Biasanya, kelopak bunga warna dan bentuknya menyerupai daun.

Sehingga tidak heran jika kelpak bunga merupakan bagian terpenting dari suatu tanaman. Ketika bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga juga ikut membuka.

Ketika bunga sudah mulai mekar sempurna, secara otomatis kelopak bunga akan ikut mekar dan membentuk hampir mirip bunga, tetapi dengan warna hijau daun.

Mahkota Bunga

Bagian yang paling indah dari bunga yaitu mahkota bunga. Yang menjadikan mahkota ini indah adalah warnanya yang berwarna-warni.

Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga, keindahan mahkota bunga yang menarik para serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan pada bunga.

Mahkota bunga mempunyai nama lain yaitu corolla dengan corak yang beraneka ragam, sehingga menjadikannya sasaran utama bagi serangga untuk memperoleh benang sari.

Fungsi utama dari tangkai daun bunga sebagai pelindung. Letak tangkai daun bunga berada di pangkal tangkai bunga persis.

Daun Pelindung (Brachtea)

Bagian pelindung bunga atau bahasa ilmiahnya Brachtea yaitu bagian yang berbeda dengan kelopak bunga.

Karena daun pelindung ini merupakan daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, bunga bisa berkembang dan juga tumbuh.

Kepala Putik (Stigma)

Kepala puti atau dengan nama ilmiah stigma berfungsi sebagai tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari. Kemudian polen ini ditransfer ke bagian ovarium atau inti telur bunga melalui tabung serbuk sari.

Tangkai Putik (Stilus)

Tangkai putik mempunyai nama ilmiah yaitu stilus. Stilus berfungsi sebagai menyangga kepala putik agar kepala putik tetap berada pada posisi yang sudah sepatutnya.

Tangkai Putik

Pada tangkai putik terdapat rongga atau saluran tabung serbuk sari. Tabung ini merupakan tempat yang digunakan untuk lewatnya polen yang berasal dari kepala sari yang kemudian akan diteruskan menuju inti generatif atau ovarium untuk kemudian akan terjadi pembuahan.

Bakal Buah (Ovarium)

Ovalium bisa disebut dengan bakal buah. Ovalium berguna sebagai tempat terjadinya proses pembuahan.

Pada bagian ini akan terjadi sebuah proses dimana peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina. Dalam proses akan akan menghasilkan bakal buah.

Bakal Biji (Ovulum)

ovulum merupakan tempat terjadinya proses pembentukkan biji yang akan menghasilkan biji yang matang.

Ovulum ini sangat berperan aktif dalam upaya perkembangan atau pelestarian tanaman agar tetap generasi berikutnya tetap ada.

10 bagian-bagian bunga beserta fungsinya. bagian bagian bunga ini sangat penting untuk membantu perkembangan bunga.

Jika salah satu saja bagian dari bunga ini tidak berfungsi, kemungkinan bunga tidak akan berkembang secara baik, bahkan bisa menyebabkan bunga mati.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai bagian bagian bunga lengkap dengan fungsinya, jika Sobat kekinian memiliki tanaman bunga dirumah, jangan lupa untuk dirawat dengan baik dengan cara siram tanaman bunga setiap pagi dan letakan di tempat yang terkena sinak matahari.

Demikianlah artikel mengenai Bagian Bagian dan Fungsi Bunga dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */