Cara Daftar Magang Bersertifikat

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi cara daftar magang bersertifikat. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program ini dapat menerima kompensasi hingga 4 juta rupiah.

Telah diluncurkan program baru bagi lulusan SMA, SMK dan MA yang ingin melanjutkan studi ke SMK.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membuat program magang bersertifikat.

Cara Pendaftaran Magang

Dalam program ini, mahasiswa dapat memperoleh beasiswa magang bersertifikat dengan mendaftar di website Kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Ahmad Saufi, Direktur Kemitraan dan Pembinaan DUDI, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Teknologi, menyebut program tersebut sebagai beasiswa micro credential.

Magang mahasiswa dipilih oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia, dengan pendanaan yang disediakan oleh Program Pembangunan Palau Bawah (LPPD).

Dalam program ini nantinya memiliki bobot setara dengan 20 SKS (SKS). Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto mengatakan program beasiswa ini juga akan memberikan gaji kepada para mahasiswa.

Besaran gaji mencapai 4 juta rupiah. Magang bersertifikat ini memiliki sertifikasi yang diakui industri.

Tidak hanya mahasiswa yang bisa mendaftar program ini, namun industri juga boleh mendaftar agar bisa melihat kemampuan mahasiswa yang ikut serta dalam program beasiswa tersebut.

Wikan menjelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim berharap program ini diikuti  100 mahasiswa per perusahaan.

Diharapkan program ini tidak hanya menjadikan memperoleh ijazah setelah lulus dari perguruan vokasi, namun juga keahlian untuk mendukung pengembangan industri yang berkelanjutan.

Nadiem memang bercita-cita untuk mencetak lulusan mahasiswa yang tidak hanya mendapatkan ijazah, melainkan juga kompetensi yang mumpuni sehingga memiliki daya saing yang bagus.

Cara Pendaftaran Magang

Bagi yang berminat untuk mendaftar program magang dapat mengunjungi laman resmi kemdikbud.

Kesimpulan

Itulah informasi terkait program magang bersertifikat dari LPDP, Kemendikbud Ristek dan Kadin Indonesia.

Kita dapat mengetahui bahwa program ini memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi mahasiswa. Jadi, akan menjadi sia-sia jika kamu melewatkan kesempatan emas ini.

Demikianlah artikel mengenai Cara Daftar Magang Bersertifikat dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */