Cara Mendapatkan Modal Usaha di Masa Pandemi

Infokekinian.com – Sobat kekinian bingung bagaimana cara mendapatkan modal usaha dimasa pandemi? Baca artikel ini hingga selesai, karena kami akan memberikan tips nya.

Pandemi telah menempatkan sumber daya keuangan di bawah tekanan. Jika kamu ingin mendirikan bisnis sendiri tetapi kesulitan mendapatkan modal, pertimbangkan salah satu alternatif berikut.

Akibat pandemi yang berkepanjangan, perekonomian terpukul cukup signifikan. Tidak hanya itu, krisis keuangan juga dirasakan oleh rakyat kecil.

Tips Mendapatkan Modal Usaha

Di tengah pandemi ini, kamu harus memikirkan kembali situasi keuangan kamu. Jika konsep kamu saat ini adalah untuk menciptakan sebuah bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal usaha di tengah kondisi perekonomian yang tidak stabil saat ini?

Tips Mendapatkan Modal Usaha

Berikut adalah tips yang bisa kamu coba:

1. Modal Usaha Dari Pemerintah

Cara pertama untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan memanfaatkan berbagai program pemerintah dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ada peningkatan bantuan dari pemerintah sejak pandemi, termasuk bantuan sembako dan dukungan keberlanjutan permodalan untuk (UMKM).

Bantuan pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk modal usaha antara lain Bantuan Usaha Mikro Produktif (BPUM) dan bantuan Kartu Prakerja.

2. Modal Usaha Dari Patungan

Memperoleh modal usaha melalui patungan menjadi salah satu pilihan yang pasti di masa pandemi ini. Usaha patungan dapat dibuat dalam bentuk pinjaman berjangka atau bagi hasil.

3. Modal Usaha Dari Bank

Modal usaha dari bank juga merupakan pilihan yang sebenarnya sangat marak di kalangan masyarakat Indonesia.

Sebab, memperoleh modal usaha melalui kredit bank merupakan cara yang cukup cepat.

Namun, ketika kamu ingin mendapatkan modal usaha melalui pinjaman bank, kamu perlu memperhatikan tingkat bunga dan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Agar bisnis berjalan efektif, dapatkan kredit yang tidak membebani keuangan kamu.

4. Modal Usaha Dari Penjualan Aset Pribadi

Di tengah pandemi, menjual aset pribadi adalah cara yang cukup aman untuk meningkatkan modal awal.

Ingat, kamu tidak dipaksa untuk membayar sejumlah uang kepada pihak lain, seperti mengajukan kredit di bank.

Memilih untuk menjual aset pribadi berarti kamu harus siap kehilangan aset yang sudah kamu miliki. Namun, jika bisnisnya sukses, aset kamu akan dikembalikan kepada kamu.

Di sisi lain, jika kamu mengalami kerugian, tidak akan merugikan pihak lain kecuali kehilangan aset.

Kesimpulan

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha, kamu bisa memilih salah satu dari 4 cara di atas yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mendapatkan Modal Usaha di Masa Pandemi dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */