Cara Menggabungkan File Pdf dengan Mudah

Infokekinian.com – Sobat kekinian, berikut ini adalah cara menggabungkan file pdf dengan mudah. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas

Mendengar kalimat menggabungkan file PDF tampaknya masih menjadi sesuatu yang asing dan sulit bagi sebagian orang.

Saat diminta mengumpulkan file untuk melamar pekerjaan atau perguruan tinggi negeri, sebagian orang biasanya menggabungkan file PDF tersebut.

Teks Alt

Sebenarnya, kamu harus menyadari bahwa menggabungkan file PDF dimaksudkan untuk memudahkan pengiriman dan pengecekan file.

Namun karena caranya yang cukup rumit, masih banyak orang yang belum begitu paham cara menggabungkan file PDF.

PDF, yang merupakan singkatan dari Portable Document Format, adalah file dalam format yang dikembangkan oleh Adobe System untuk memenuhi kebutuhan pengiriman dokumen secara digital.

Dalam kebanyakan kasus, format PDF akan menampilkan file 2D yang berisi teks, gambar, atau grafik vektor 2D.

Untuk saat ini, format PDF adalah format file yang populer. Berbagai dokumen digital, eBook, bahkan dokumen resmi semakin banyak yang dikonversi dari Word ke PDF.

Cara Menggabungkan File PDF

Untuk informasi lebih lanjut, berikut penjelasan sederhana tentang cara menggabungkan file PDF menjadi satu:

1. Dengan Adobe Reader

Adobe, sebagai “pemilik” format PDF, menyediakan aplikasi yang berguna untuk memproses file. Adobe Reader adalah aplikasi yang dimaksud. Berikut cara melakukannya saat menggunakannya:

Setelah Adobe Reader diinstal, klik tab alat di sudut kiri atas aplikasi.

  1. Jika demikian, klik tombol Gabungkan File.
  2. Kemudian, di sebelah kanan, klik tombol Add Files berwarna biru. Di sinilah kamu akan menambahkan file PDF yang akan kamu buat.
  3. Setelah kamu memilih file yang kamu inginkan, klik tombol gabungkan.
  4. Kemudian kamu selesai. File PDF yang kamu minta sekarang telah digabungkan.

Yang harus kamu lakukan sekarang adalah menyimpan file di folder yang diinginkan, atau cukup tekan tab file dan pilih simpan sebagai. Bukankah itu sederhana?

2. Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk menggabungkan kedua file PDF. Namun, Foxit Reader telah berganti nama menjadi Foxit Phantom PDF.

Foxit Reader

Aplikasi Foxit Reader tampaknya cukup populer dan banyak digunakan di berbagai belahan dunia. kamu dapat berlatih menggunakan aplikasi ini dengan cara berikut:

  1. Untuk memulai, tekan file, lalu buat, lalu lanjutkan dengan mengklik formulir beberapa file.
  2. Jika sudah, tunggu hingga muncul jendela baru. Jika sudah terbuka, centang kotak di bagian bawah jendela yang bertuliskan Gabungkan beberapa file menjadi satu file PDF.
  3. Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak file, klik tambahkan file hingga semua file yang ingin kamu gabungkan diunggah ke Foxit Reader.
  4. Jika kamu berhasil mengunggah semua file, kamu akan dapat mengurutkannya atau bahkan menghapusnya.
  5. Setelah selesai mengonfigurasi, cukup klik convert. Sebuah jendela baru akan muncul kemudian untuk membantu kamu dalam memutuskan di mana untuk menyimpan file.

3. Secara Online

kamu dapat menggunakan layanan ini jika kamu memiliki koneksi WiFi yang baik di rumah, kantor, atau bahkan di lingkungan kamu.

Ini memberi kamu akses ke berbagai situs web tempat kamu dapat menggabungkan banyak file menjadi satu PDF.

Situs web PDFmerge.com memungkinkan kamu untuk menggabungkan file PDF. Dengan mengunjungi situs web, kamu dapat menggabungkan beberapa file menjadi satu file PDF hanya dalam dua langkah.

  1. Untuk memulai, pilih file PDF untuk diunggah dengan menekan tombol pilih file. Jika kamu ingin menggabungkan lebih dari empat file, klik file lainnya.
  2. Setelah kamu selesai memilih, cukup klik tombol gabungkan file. File yang ingin kamu gabungkan kemudian selesai.

4. Melalui CombinePDF.com

CombinePDF.com adalah layanan online lain yang dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Melalui CombinePDF.com

Keunggulan website ini adalah mendukung bahasa Indonesia sehingga memudahkan kamu. Juga tidak sulit untuk berlatih dengan cara ini:

  1. Kamu harus terlebih dahulu mengunggah semua file yang ingin kamu gabungkan. Jangan khawatir, karena kamu dapat mengunggah hingga 20 file sekaligus menggunakan situs ini.
  2. Saat sesi pengunggahan selesai, klik tombol gabungkan. Tunggu hingga proses penggabungan selesai, dan file kamu akan terdownload secara otomatis. Bukankah itu sederhana?

5. Dengan PDFelement Android

PDFelement adalah aplikasi Android pertama yang dapat kamu gunakan untuk menggabungkan file PDF.

Namun, kamu harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Jika demikian, luncurkan aplikasi dan ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Unggah file PDF yang akan digabungkan.
  2. Kemudian, di sudut kanan atas, klik ikon untuk masuk ke mode edit.
  3. Kamu dapat memilih untuk menggabungkan lebih dari dua file. Jika demikian, pergi ke atas dan klik ikon gabungkan. Hasilnya, beberapa file kamu telah selesai digabungkan menjadi satu.

6. Xodo Android

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Xodo. Jika kamu tidak terbiasa dengan Xodo, ini adalah aplikasi yang dapat membaca PDF dan memiliki peringkat 4,7 di Google Play store. Lanjutkan untuk menggabungkannya dengan cara berikut:

  1. kamu harus terlebih dahulu mengklik tombol + di sudut kanan bawah.
  2. Kemudian pilih dokumen formulir PDF.
  3. Kemudian, pilih file yang ingin kamu gabungkan dan tekan tombol gabungkan.
  4. Kalau masih bingung, tombol merge ada di pojok kanan bawah.
  5. Nama file bari, lalu klik ikon gabungkan sekali lagi.
  6. Jika demikian, kamu hanya perlu memilih lokasi untuk menyimpan file PDF yang telah kamu buat.

7. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat adalah metode selanjutnya untuk menggabungkan file PDF. Adobe Acrobat adalah bagian dari perangkat lunak yang dibuat oleh Adobe System. Software ini juga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit file PDF.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan dengan perangkat lunak ini adalah menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Pertimbangkan metode berikut untuk menghindari kebingungan:

  1. kamu harus terlebih dahulu menginstal Adobe Acrobat di komputer atau laptop kamu. Daripada menggunakan versi trial, pilihlah Adobe Acrobat dengan versi standar atau pro.
  2. Mungkin beberapa komputer atau laptop sudah menginstal software Adobe Acrobat. Namun, tidak ada salahnya mengunduh versi terbaru agar memiliki kualitas aplikasi yang paling up-to-date.
  3. Jika aplikasi sudah terinstal, yang harus kamu lakukan adalah meluncurkannya. Pada toolbar utama, klik tombol buat.
  4. Jika kamu tidak dapat menemukan tombol buat PDF, kamu dapat mencoba metode lain dengan membuka tampilan yang terletak di bilah alat.
  5. Jika tampilan sudah terbuka, klik tombol tugas lalu klik ikon tampilkan semua tombol tugas.
  6. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan file ke dalam satu menu PDF, yang dapat ditemukan di menu buat. Menu ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa file atau dokumen di komputer kamu. Kemudian kamu dapat menggabungkan file-file ini menjadi satu file PDF.
  7. Kemudian, pada jendela yang muncul di monitor komputer atau laptop kamu, klik browse. Kemudian pilih dokumen yang ingin kamu gabungkan menjadi satu file PDF. Setelah selesai memilih, klik OK, dan dokumen akan disalin ke kotak putih di sebelah kanan.
  8. Urutkan atau atur dokumen yang kamu pilih hingga berada dalam urutan yang benar. kamu dapat menggunakan tombol hapus, pindahkan ke atas, dan turunkan untuk membantu kamu merapikan data kamu.
  9. Jangan lupa untuk menghapus centang pada kotak di sebelah Sertakan semua file PDF yang terbuka. Ini dimaksudkan jika kamu tidak ingin menggunakan file PDF yang telah dibuka sebelumnya.
  10. Jika dokumen yang kamu pilih telah diurutkan dengan benar, yang harus kamu lakukan adalah mengklik gabungkan file dan ingat untuk menekan tombol OK.
  11. Setelah mengklik tombol OK, semua langkah untuk menggabungkan file PDF menjadi satu selesai. Sekarang giliran kamu untuk menyimpan file PDF yang telah digabungkan sebelumnya dengan mengklik ikon simpan sebagai. Kemudian kamu dapat memberikan nama file apa pun yang kamu inginkan.

8. SmallPDF.com

SmallPDF.com

kamu juga dapat menggabungkan file PDF secara online dengan mengunjungi situs web smallPDF.com. Agar kamu tidak terus-menerus bingung, silakan baca ulasannya di bawah ini:

  1. Langkah pertama adalah meluncurkan browser dan menavigasi ke tautan smallPDF.com di perangkat kamu.
  2. Pilih dokumen yang ingin kamu gabungkan selanjutnya. Klik dan tahan pada dokumen yang dipilih sebelumnya. Kemudian seret file ke jendela abu-abu yang mengatakan jatuhkan PDF di sini dan terletak di halaman itu.
  3. Urutkan dokumen kamu sesuai dengan preferensi kamu.
  4. Jika menurut kamu sudah rapi seperti yang kamu inginkan, cukup klik tombol gabungkan PDF di bagian bawah. Setelah itu, simpan di mana pun kamu mau.

9. WPS Office

Sebagian besar dari kamu mungkin menyadari bahwa WPS Office hanyalah sebuah aplikasi yang dapat membaca file PDF, Word, Excel, dan lainnya.

Namun, setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata WPS Office juga memiliki kemampuan untuk mengedit dokumen dalam format Word, Excel, dan PDF.

Tentu saja fungsi dari file PDF akan dibahas kali ini. WPS Office dapat digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih file PDF menjadi satu file PDF.

Tidak hanya itu saja, aplikasi WPS Office ini bisa kamu gunakan untuk membuat tanda tangan langsung di layar ponsel kamu. bagaimana? Apakah kamu ingin mencoba aplikasi ini?

10. Icecream PDF Split & Merge

Nama aplikasi ini terdengar sangat baru, bukan? Icecream PDF Split & Merge adalah program yang digunakan untuk menggabungkan file PDF. Tapi siapa sangka aplikasi ini tidak dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems?

Meskipun demikian, aplikasi yang berjudul seperti makanan penutup ini cukup kuat untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dokumen. Penasaran bagaimana cara kerja aplikasi ini? Berikut cara kerjanya:

  1. Seperti biasa, langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Icecream PDF Split & Merge langsung di komputer kamu.
  2. Perlu dicatat bahwa ketika menginstal aplikasi ini, pastikan untuk menghapus centang pada bagian opsi instalasi perangkat lunak yang diinginkan.
  3. Setelah itu, kamu dapat membuka aplikasi ini dan memilih beberapa dokumen untuk digabungkan dengan mengklik tombol “tambah file”.
  4. Setelah itu, seperti biasa, kamu harus menyortir dokumen yang telah kamu pilih agar terlihat rapi dan teratur. kamu dapat menggunakan panah atas dan bawah di sisi kanan.
  5. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan kata sandi untuk lebih mengamankan file yang telah kamu gabungkan.
  6. Ketika kamu merasa dokumen sudah selesai, cukup klik gabungkan agar aplikasi ini menggabungkan semua dokumen yang dipilih menjadi satu file PDF.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara menggabungkan file PDF dengan mudah dan tentunya praktis, karena tujuan dari menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu supaya file yang ada menjad rapih.

Demikianlah artikel mengenai Cara Menggabungkan File Pdf dengan Mudah dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */