Cara Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Perhatikan Caranya!

InfoKekinian.com – Saat ini, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tulang yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kekuatannya. Hal ini dikarenakan tulang mempunyai peran yang begitu penting bagi tubuh.

Kepadatan dan kekuatan tulang akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain untuk memperlancar gerak, tulang memiliki fungsi dalam membangun kerangka tubuh, melindungi organ tubuh, dan menyimpan kalsium.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang merupakan komponen penting dari tubuh, selain sebagai struktur utama yang menopang tubuh, tulang juga menyebabkan tubuh bergerak.

Selain untuk melindungi organ tubuh, tulang menyimpan dan melepaskan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kesehatannya sangatlah penting. Namun, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tulang? Yuk kita simak artikel ini hingga selesai.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang memiliki peran penting dalam tubuh, berfungsi sebagai pendukung dan alat gerak. Selain itu, tulang melindungi organ vital, termasuk otak, jantung, dan organ lainnya, dari kerusakan.

Selain itu, tulang bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan kalsium dan fosfor.

Kalsium dan fosfor adalah jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Namun, tulang-tulang tubuh terus berkembang. Hal ini menandakan bahwa tulang yang lama akan menjadi rapuh dan digantikan oleh tulang yang baru.

Ketika seseorang masih muda, transisi dari tulang lama ke tulang baru terjadi relatif cepat. Pada kenyataannya, ketika tulang berubah, kepadatan pada tulang pun juga meningkat.

Sayangnya, kepadatan tulang puncak dicapai pada usia 30 tahun. Setelah mencapai usia ini, pergantian tulang akan terus berlanjut, tetapi kepadatan tulang akan menurun secara progresif.

Jika kamu tidak menjaga kesehatan tulang yang memadai, kemungkinan kamu terkena osteoporosis akan meningkat.

Osteoporosis adalah salah satu bentuk penyakit muskuloskeletal yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang, kamu harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tulang.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang
Berikut adalah cara untuk menjaga kesehatan tulang:

1. Konsumsi Lebih Banyak Kalsium

Kalsium dan vitamin D adalah elemen penting untuk menjaga kesehatan tulang sehingga untuk menjaga kesehatan tulang, kamu harus memperbanyak konsumsi kedua nutrisi ini.

Disarankan bahwa orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan pria berusia 51 hingga 70 tahun mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari.

Disarankan bahwa wanita berusia 51 keatas dan pria berusia 71 keatas untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka hingga 1200 mg.

Berikut adalah beberapa contoh minuman dan makanan kaya kalsium:

  1. Susu, keju, dan sejumlah produk olahan susu
  2. Sayuran yang berwarna hijau antara lain brokoli, kubis, dan okra
  3. Kedelai
  4. Tahu.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Sementara itu, vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium. Disarankan bahwa orang berusia antara 19 dan 70 tahun mengonsumsi 600 IU setiap hari.

Orang dewasa berusia 71 tahun ke atas harus meningkatkan konsumsi vitamin D mereka hingga 800 IU. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang tinggi vitamin D:

  1. Salmon, sarden, dan mackerel
  2. Telur
  3. Sereal
  4. Susu bubuk.

Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun, kamu juga bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D melalui penggunaan suplemen, seperti yang diarahkan oleh dokter kamu.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan Aktivitas Fisik
Untuk meningkatkan kesehatan tulang, kamu harus melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Pilih aktivitas fisik yang dapat disesuaikan dengan keterampilan dan minat kamu.

Namun, latihan ketahanan adalah cara paling efisien untuk mengembangkan kekuatan dan kesehatan otot.

Berbagai olahraga, seperti jalan kaki, lari, naik tangga, angkat beban, dan lain-lain, dapat membantu kamu melatih dan mengembangkan kekuatan otot serta mengurangi hilangnya kepadatan tulang.

Ketika kamu mempertahankan massa otot, tulang-tulang di sekitarnya juga menjadi lebih kuat. Setiap hari, kamu dapat berolahraga minimal 30 menit untuk mencapai manfaat sebesar mungkin.

4. Membatasi Asupan Kafein dan Garam

Untuk menjaga kesehatan tulang, kamu harus membatasi konsumsi kopi. Pasalnya, konsumsi keduanya secara berlebihan dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap kalsium.

Padahal, kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang. Selain itu, orang yang mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah besar cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalsium.

Jika kamu merasa asupan kopi dan garam kamu berlebihan, sebaiknya kamu mulai mengontrolnya.

Kamu juga dapat mencari bantuan dari ahli gizi untuk memantau diet harian kamu, yang harus mencakup item penguat tulang.

Selain itu, kamu dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan bantuan dalam menentukan jenis aktivitas fisik yang optimal untuk kondisi kesehatan kamu.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Dilansir dari NIH Osteoporosis and Related Bone Diseases National Research Center, merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus kamu hindari.

Kamu tidak akan dapat mempertahankan kesehatan tulang jika kamu terus melakukan perilaku ini.

Merokok memiliki dampak negatif pada tulang dan dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang yang signifikan.

Bahkan jika kamu adalah seorang perokok berat, maka hal ini dapat meningkatkan kemungkinan patah tulang.

Mengapa? Karena kandungan nikotin yang ditemukan dalam rokok dapat menghambat pertumbuhan tulang. Maka dari itu, segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga.

6. Hindari Minum Alkohol

Hindari Minum Alkohol
Secara umum, minum alkohol dalam jumlah yang banyak tentunya akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk menjaga kesehatan tulang, para ahli merekomendasikan untuk mengurangi perilaku berbahaya ini.

Selain itu, konsumsi alkohol berat dapat menurunkan massa tulang dan meningkatkan risiko jatuh dan patah tulang. Jika kamu ingin menjaga kesehatan tulang, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini.

7. Menjaga berat badan

Sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan, obesitas, atau kekurangan berat badan juga meningkatkan kemungkinan patah tulang dan kerusakan.

Untuk melindungi kesehatan tulang, penting bagi kamu untuk menjaga berat badan yang sehat.

8. Mengikuti Fisioterapi

Jika kamu ingin mencegah jatuh melalui perawatan fisik, kamu juga bisa menemui ahli terapi fisik. Strategi ini juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Biasanya, terapi fisik juga dapat meningkatkan postur, keseimbangan, koordinasi tubuh, dan kekuatan otot kamu.

Bahkan jika kamu mengalami patah tulang, ahli terapi fisik dapat membantu kamu mengembangkan rencana perawatan yang tepat untuk kondisi tulang kamu.

Dengan demikian, kamu dapat menerima terapi dengan mudah dan nyaman.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Mengapa Menjaga Kesehatan Tulang?

Menjaga kesehatan serta kepadatan tulang merupakan hal yang penting, karena seiring bertambahnya usia kepadatan pada tulang dapat berukurang.

Sehingga kamu perlu menjaga kesehatan tulang sejak dini mungkin, agar saat lanjut usia nanti kepadatan pada tulang kamu tetap terjaga sehingga risiko terkena osteoporosis pun dapat berkurang.

Makanan Apa Saja yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tulang?

Berikut adalah beberapa makanan yang bermanfaat bagi tulang:

  1. Susu
  2. Ikan salmon
  3. Ikan sarden
  4. Biji-bijian
  5. Almond
  6. Yogurt
  7. Keju
  8. Telur.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara untuk menjaga kesehatan tulang yang bisa kamu ikuti melalui strategi yang telah kami jelaskan diatas.

Dan bisa kita simpulkan jika, mengonsumsi makanan yang seimbang, kaya nutrisi dan menjalani gaya hidup sehat adalah faktor terpenting dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang hingga usia tua.

Kamu juga disarankan untuk mengunjungi dokter secara teratur untuk mengetahui kesehatan kesehatan tulang.

Dokter mungkin akan merekomendasikan rontgen dan pemindaian tulang untuk memeriksa kesehatan tulang kamu, jika perlu.

Jika kamu mengalami keluhan tulang tertentu, seperti sering nyeri tulang, sebaiknya kamu mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

/* */