Catat Tanggal Anniversary Army Penggemar BTS


Infokekinian.com – Hi Hi Hi, sobat Army’s! Yuk catat tanggal anniversary Army penggemar BTS yang sebentar lagi akan merayakan hari jadi yang ke 9 tahun, agar kamu bisa membuat persiapan ketika ingin merayakannya.

Harap diingat bahwa ARMY sekarang adalah fandom K-Pop terbesar. Pertimbangkan bahwa, pada saat peringatan tiba, fandom akan berkembang menjadi sekitar 18 juta anggota. Untuk sekelompok pecinta grup musik, ini adalah jumlah yang luar biasa.

Penamaan ARMY BTS

Beberapa penggemar yang telah mengikuti jejak BTS dan ARMY di industri hiburan mungkin sudah tidak asing lagi dengan karya mereka.

Kalian yang baru mengenal fandom dan tertarik dengan ARMY, di sisi lain, mungkin bertanya-tanya.

Jangan khawatir, Infokekinian akan memberi kamu informasi tentang ARMY. Bonus dengan ucapan selamat ulang tahun ARMY, yang dapat kamu temukan di bawah ini. Inilah artikelnya, yang harus kamu baca sampai tuntas.

Penamaan ARMY BTS

Mungkin diantara kamu masih ada yang belum mengetahui apa ARMY itu, sekilas jika diartikan kedalam bahasa Inggris yaitu  Tentara.

Apakah fans BTS itu sesuai dengan kebijakan Korea Selatan yaitu orang yang wajib militer? Tentu tidak pastinya.

ARMY adalah sebuah singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Dilingkup musik hip-hop, MC adalah istilah yang dipakai untuk menyebut rapper.

Kalau mau diterjemahkan secara benar A.R.M.Y bisa diartikan “rapper menggemaskan untuk generasi muda”.

Pemilihan nama “ARMY” untuk fanbase BTS sangatlah tepat, karena lebih simple diucapkan dan mudah diingat. Lalu apa alasannya memilih nama tersebut? Dan apa hubungannya dengan BTS?

Mungkin saja nama fanbase tersebut dipilih berdasarkan nama dari BTS itu sendiri. BTS adalah kependekan dari Bangtan Sonyeondan yang jika dipecah terdapat dua kata yaitu “Bangtan” dan “Sonyeondan”.

Nama “Bangtan” adalah bahasa Korea dari Bulletproof atau bahasa Indonesianya Anti-peluru. Nama ARMY yang secara harfiah artinya tentara tentunya sangat relevan, mengingat anti peluru adalah salah satu pakaian tentara dalam kemiliteran.

Belum lagi fandom ini memang benar-benar militan jika menghadiri konser BTS dan selalu loyal terhadap Boy Group kebanggaan mereka.

Fakta-fakta Menarik ARMY

Melansir dari Tokopedia.com, ada 6 fakta manarik seputar ARMY yang sebagai fans dari BTS harus kamu tahu tentunya. Berikut fakta-faktanya.

1. Pembentukan ARMY Sebulan Setelah BTS Debut

Advertisements

Jika BTS debut pada 13 Juni 2013, maka satu bulan setelah itu Rap Monster, J-Hope, Suga, Jimin, Jin, V, dan Jungkook menyepakati kalau fansnya dinamakan ARMY. Tanggal debut ARMY yaitu pada 9 Juli 2013.

2. Logo ARMY Membentuk Perisai jika Digabung Logo BTS

Tentunya kamu yang mengikuti perjalanan BTS, logo saat ini sangat berbeda dari awal mereka muncul.

Mulanya, logo yang digunakan BTS adalah rompi anti peluru berwarna hitam dengan tulisan BTS berwarna putih di tengahnya.

Namun, mereka mengubah logo tersebut menjadi seperti yang sekarang ini ternyata agar bisa terhubung dengan ARMY atau fans mereka. Logo ARMY sendiri adalah kebalikan dari logo BTS sekarang.

Makna yang sangat mendalam bisa didapatkan jika logo digabungkan. Yaitu, ARMY dan BTS tidak bisa dipisahkan.

3. Memiliki Lebih dari 18 Juta Anggota

BTS yang mendunia menjadikan fans-nya dari berbagai negara, maka bukan hal yang aneh jika mereka memiliki lebih dari 18 juta penggemar. Ini menjadikan ARMY menjadi fandom terbesar dalam dunia K-Pop.

Bahkan salah satu Negara di Timur Tengah, Saudi Arabia pun didalamnya bisa didapati ARMY yang jumlahnya tidak sedikit.

4. Fanbase ARMY Terbesar Bukanlah dari Korea

Hal unik karena mendunianya BTS yaitu mereka bisa menarik minat orang lain untuk menjadi penggemar mereka.

Hal itu dikarenakan lagu yang sangat berkualitas, dan juga bahasa dalam lagunya pun tidak hanya Korea saja.

Walaupun dari Korea Selatan, ternyata fans terbanyak mereka bukan ada di Negara asalnya. Dari banyaknya Negara, sekitar 21% diantaranya dari Filipina.

Justru Korea Selatan ada di posisi kedua dengan sekitar 500 ribu orang fansnya. Sedangkan Indonesia ada di posisi ke-5 setelah Thailand dan Vietnam. Lalu setelah Indonesia disusul Mexico, Taiwan, Amerika Serikat, Brazil, dan Malaysia.

5. Warna Fandom ARMY adalah Ungu

Warna ungu menjadi ikonik bagi ARMY dan dipakai sejak November 2016. Kala itu warna tersebut digunakan setelah terinspirasi sepenggal kalimat V BTS yaitu “I Purple You”.

Menurut V, warna ungu adalah warna yang menggambarkan cinta dan ia mengatakan ungu juga berarti aku akan percaya dan mencintaimu selamanya. Maka dari itu ungu diibaratkan cinta dan dukungan yang diberikan ARMY kepada BTS.

6. Senjata Andalan ARMY adalah “ARMY Bombs”

Biasanya ketika konser, fans sering melakukan koreo dengan menggunakan lighstick. Namun berbeda dengan ARMY yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu tidak berbentuk seperti tongkat, melainkan bulat seperti bom yang disebut “ARMY Bombs”.

ARMY Bombs terbuat dari plastik berwarna putih trasnparan dengan gagang berwarna hitam. Kerennya, bisa dikontrol menggunakan smartphone dan memiliki linght indah didalamnya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tanggal anniversary Army yang merupakan nama penggemar dari BoyGrup asal Korea Selatan, yaitu BTS.

Demikianlah artikel mengenai Catat Tanggal Anniversary Army Penggemar BTS dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */