Contoh Ancaman Non Militer Dari Berbagai Bidang Yang Penting Diketahui

Akhir – akhir ini kita sering mendengar istilah ancaman non militer. Tentunya banyak orang awam yang belum paham dengan istilah ini. seberapa berbahayakah ancaman non militer serta apa saja contoh ancaman non militer, berikut kami rangkum informasinya untuk anda.

Pengertian Ancaman Non Militer

Ancaman non militer merupakan sebuah ancaman atau hal yang dapat menimbulkan bahaya serta merusak atau memecah belah bangsa. Jika dulunya hal yang dapat menghancurkan negara adalah serangan militer atau serangan bersenjata, maka saat ini tidak demikian lagi.

Ancaman non militer tidak menggunakan senjata atau menggunakan kekuatan militer, tetapi hal lain yang juga berpotensi merusak dan menghancurkan suatu bangsa. Ancaman ini sama berbahayanya dengan ancaman militer oleh karena itu sangat penting diwaspadai.

Wikipedia sendiri merangkum bahwa ancaman non militer dapat diartikan sebagai setiap usaha dan kegiatan  (dari dalam negeri maupun luar negeri) yang dinilai membahayakan atau mengancam kedaulatan negara dan keselamatan segenap bangsa.

Bentuk Ancaman Non Militer

Ancaman non militer tidak bersifat fisik dan dan bentuknya cenderung tidak terlihat. Oleh karena itu ancaman non militer sangat penting untuk diwaspadai karena dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

Contoh Ancaman Non Militer Ekonomi

Salah satu contoh dari ancaman non militer yang berpotensi menghancurkan adalah pada bidang ekonomi. Ekonomi suatu negara menjadi penentu posisi atau kedudukan negara tersebut di kancah internasional.

Ekonomi negara menjadi salah satu kunci posisi negara dalam melakukan tawar menawar terhadap hubungan antar negara dan hubungan internasional. Saat ini China dan Amerika merupakan negara yang memiliki kekuatan ekonomi paling dominan.

Ancaman non militer bidang ekonomi bisa disebabkan oleh dua sumber yakni internal dan eksternal. Ancaman internal artinya ancaman tersebut berasal dari dari dalam negeri sendiri, misalnya banyak nya pengangguran, infrastruktur yang tidak memadai, inflasi, dan yang lainnya.

Sedangkan ancaman eksternal merupakan ancaman yang berasal dari negara lain, misalnya seperti tingkat daya saing rendah, ketidaksiapan menghadapi perubahan global (pandemi saat ini), ketergantungan terhadap negara lain, dan yang lainnya.

Ancaman Non Militer Ideologi

Selain dalam bidang ekonomi, ideologi juga menjadi salah satu contoh ancaman non militer bagi negara. Indonesia sejak dulu menganut ideologi Pancasila. Setiap masyarakat Indonesia wajib menganut ideologi tersebut agar keutuhan bangsa tetap terjaga.

Secara sederhana ideologi dapat diartikan sebagai keyakinan atau atau dasar sistematis yang diakui atau dianut oleh suatu golongan untuk mencapai sebuah tujuan. Ideologi negara dibuat agar masyarakat memiliki tujuan yang sama untuk kemajuan negara.

Saat ini di Indonesia  banyak orang – orang yang memunculkan ideologi baru yang bisa menimbulkan terpecahnya keutuhan negara. Salah satu contoh sederhananya adalah munculnya ideologi komunis setelah kemerdekaan.

Ideologi komunis tersebut sangat berpotensi memecah belah kesatuan Indonesia. oleh karena pemerintah langsung membuat tindakan tegas terhadap ideologi yang berpotensi menghancurkan kesatuan negara Indonesia.

Cara Mengatasi Ancaman Non Militer

Agar ancaman non militer tersebut tidak sampai memecah belah keutuhan negara Indonesia maka setiap ancaman harus dideteksi sedini mungkin serta dilakukan penyelesaian yang cepat dan tepat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ancaman non militer adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ancaman non militer adalah dengan meningkatkan kesejahteraan setiap masyarakat. Jika setiap masyarakat memiliki kehidupan sejahtera maka kecil kemungkinan terjadi perpecahan.

Kesenjangan ekonomi yang tinggi dan akses fasilitas kesehatan yang sulit merupakan penyebab masyarakat tidak sejahtera. Jika saja misalnya Indonesia sudah mampu menyediakan sekolah gratis, fasilitas kesehatan gratis, dan kemiskinan hilang, maka pasti keutuhan bangsa terjaga.

  • Menjunjung Sikap Toleransi Tinggi

Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka sikap toleransi juga sangat penting dimiliki setiap orang Indonesia. masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Jika tidak ada sikap toleransi maka mudah timbul ancaman non militer.

Tetapi jika setiap orang menjunjung tinggi toleransi dan saling menghargai satu sama lain, maka bisa dipastikan kesatuan dan keutuhan negara Indonesia pasti terjaga. Itu lah beberapa contoh ancaman non militer beserta cara mengatasinya.

Tinggalkan komentar