Contoh Khutbah Jumat Singkat Tentang Dakwah dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Apakah anda saat ini sedang mencari contoh khutbah Jumat singkat? Jika iya, yuk ketahui berbagai contoh khutbahnya seperti pada pembahasan berikut ini.

Contoh Khutbah Jumat Singkat Tentang Kewajiban Berdakwah

Pada kesempatan kali ini marilah kita panjatkan syukur kepada Allah SWT karena telah mengutus Rasulullah SAW dengan petunjuk Islam yang merupakan agama yang benar. Hadirin jamaah Jumat yang diberkahi, berkat kegigihan dan usaha yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, agama Islam sudah tersebar hampir ke setiap pelosok dunia.

Rasulullah SAW bersama dengan para sahabat maupun para pengikutnya berjuang tiada henti untuk menegakkan agama Allah. Untuk itulah, pada kesempatan ini saya akan menguraikan peranan dakwah di dalam kehidupan beragama.

Dalam Islam berdakwah sendiri berarti mengajak serta menggerakkan suatu umat supaya mau melaksanakan ajaran Islam. Hal ini bertujuan agar mendapatkan kebahagian tidak hanya di dunia saja, namun juga di akhirat.

Hadirin jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT, untuk umat Islam dakwah adalah tugas yang begitu mulia, bahkan bukan hanya sebagai kewajiban bagi para ulama saja, namun kita semua diperintahkan juga untuk berdakwah.

Untuk itu, marilah kita agar senantiasa selalu menyebarkan agama Allah kepada seluruh umat yang ada di dunia ini. Jangan malu atau ragu jika kita hanya menguasai satu ayat saja. Karena itu lebih baik daripada kita tidak melakukannya sama sekali.

Terlebih lagi melakukan dakwah di masa sekarang ini tidaklah sesulit yang dilakukan pada zaman Rasulullah SAW maupun para sahabatnya. Kita sekarang sudah bisa dengan bebas memberikan kultum, maupun berpidato diatas mimbar.

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama untuk menegakkan kegiatan berdakwah agar dapat terlaksananya ajaran Islam. Untuk mengakhiri khutbah ini, maka saya mengajak kita semua agar selalu bersama-sama untuk melaksanakan kewajiban dalam berdakwah.

Semoga Allah SWT bisa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita agar bisa melaksanakan dan menjalankan perintah-Nya dengan sebaik-baiknya.

Contoh Khutbah Jumat Singkat Tentang Ketakwaan Kepada Allah SWT

Jamaah shalat hadakumullah, takwa merupakan salah satu kata yang cukup sering didengar. Takwa kepada Allah SWT menurut para ulama adalah segala bentuk perbuatan agar dapat melaksanakan semua perintah-Nya maupun menjauhi semua larangan-Nya.

Tetapi sayangnya ada sebagian orang yang menyalahgunakan pemahaman tersebut. Dengan begitu kalimat tersebut bisa saja diartikan secara dangkal oleh banyak orang. Apakah anda pernah bertanya kepada diri sendiri, mengenai apa saja bentuk dari perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan?

Ketika anda tidak pernah membaca Al-Qur’an, pastinya anda tidak pernah mengetahui apa saja yang diperintahkan oleh Allah SWT. Padahal ada banyak sekali perintah yang wajib dilaksanakan. Mulai dari perintah kepada manusia, hewan, hingga kepada alam ini.

Perintahnya pun ada yang berhubungan dengan syariat agama dan juga ada perintah yang berhubungan dengan hukum alam. Untuk mereka yang menaati segala perintah-Nya, pastinya mereka akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Begitu pula sebaliknya, bagi siapa saja yang melakukan setiap larangan-Nya, pastinya akan mendapatkan balasan juga dari Allah. Yang pasti Allah SWT tidak lalai dan tidak tidur. Namun yang Allah SWT lakukan hanyalah mengulur dan menunda waktu supaya suatu saat ia dapat memberikannya pada waktu yang tepat.

Ganjaran yang akan diterima manusia yang melaksanakan perintah-Nya dari mulai shalat, puasa, mengaji, beramal sholeh, dan sebagainya akan diberikan nantinya di akhirat.

Lain halnya ketika manusia mengerjakan sunnah-sunnah, tentunya ganjaran yang akan diperoleh seperti akan menjadi sukses ketika hidup di dunia. Untuk itu, mengapa kita sebagai manusia masih ragu akan ganjaran yang diberikan Allah SWT.

Bahkan ketika anda sering melaksanakan itikaf dan tahajud, jangan pernah memikirkan kenapa rezeki hingga saat ini tak kunjung datang. Kita harus sadar jika kita baru melaksanakan setengah ketakwaan kepada Allah SWT.

Demikianlah khutbah pada hari Jumat ini, semoga kita semua menjadi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Amin.

Bagaimana, sangat menarik bukan beberapa contoh khutbah Jumat singkat seperti yang telah dipaparkan di atas? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar