50+ Contoh Pantun Agama, Lucu, Romantis, Nasehat, dan Sebagainya

Contoh pantun – Pantung adalah salah satu karya sastra Indonesia yang sudah membudaya dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat asli Indonesia. Anda juga pasti sudah tidak asing dengan pantun karena karya sastra ini sudah diajarkan kepada anak sekolah demi melestarikan karya sastra khas Indonesia dan juga penggunaannya juga masih bisa banyak ditemui di berbagai macam kesempatan. Dalam budaya pernikahan adat Betawi misalnya, pihak mempelai pria dan wanita saling beradu pantun sebagai bagian dari ritual pernikahan adat yang tidak hanya membuat suasana jadi lebih meriah namun juga memiliki makna tersendiri. Pantun juga kerap menjadi bahan lawakan para komedian untuk mencairkan suasana agar semua orang bisa tertawa. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kumpulan pantun yang bisa jadi contoh bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai bentuk pantun yang benar.

Apa itu pantun?

Pantun merupakan puisi melayu asli dan merupakan salah satu karya sastra yang sudah lama alias usianya sudah cukup tua. Biasanya pantun hanya terdiri dari 4 baris dengan sajak ab-ab atau aa-aa. Dulunya pantun merupakan puisi yang dilontarkan secara lisan kemudian saling berbalas-balasan namun sekaran pantun juga sudah lazim ditemukan dalam bentuk tulisan seperti contoh pantun yang akan diberikan nanti. Di Indonesia pantun memiliki sebutan yang berbeda di beberapa daerah, seperti misalnya di Minangkabau disebut dengan patuntun, di Sunda disebut dengan nama paparikan, di Jawa disebut dengan nama parikan, dan sebagainya.

Macam-macam pantun di bawah ini nantinya memiliki fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kebahasaan. Secara umum pantun memiliki fungsi untuk menjadi sarana pemelihara bahasa dan sebagai penjaga fungsi kata. Selain itu pantun juga memiliki fungsi untuk melatih alur berpikir seseorang di mana sebelum mengeluarkan kata-kata pantun, seseorang harus paham dulu dengan makna kata yang akan dilontarkan. Makin cepat pantun bisa dilontarkan oleh seseorang maka makin cepat pula kemampuan berpikirnya. Sedangkan dalam kehidupan sosial, orang yang memiliki keahlian dalam berpantun biasanya dikenal sebagai kemampuan berpikirnya yang cepat dan pandai dalam bermain kata-kata.

Ciri dan struktur pantun

Ciri khas dari karya sastra lama adalah ia memiliki struktur dan cirinya sendiri yang unik. Berbeda dengan karya sastra modern yang lebih unik dan tidak terikat dengan aturan yang pakem. Struktur pantun sekaligus menjadi ciri-ciri khasnya dan membedakannya dengan karya sastra kuno yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Terdiri dari 4 baris
  2. Setiap baris pantun memiliki 8 hingga 12 suku kata
  3. Menggunakan pola sajak tertentu, yang paling umum adalah sajak akhiran ab-ab tapi ada juga yang menggunakan sajak aa-aa, bahkan aa-bb.
  4. Pantun terdiri dari sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran sementara baris ketiga dan keempat adalah isinya.

Karena memiliki struktur dan ciri yang khas tidak heran jika contoh pantun adalah salah satu karya sastra lama yang hingga kini masih populer. Ia terdengar menyenangkan ketika dilontarkan dengan berbagai macam permainan kata yang cerdas dan unik. Bahkan tidak jarang isi pantun memiliki makna nasehat hingga lelucon yang bisa membuat suasana apapun jadi lebih meriah dan cair.

Contoh pantun agama berisi pesan religius

Para wali jaman dahulu ketika menyebarkan ajaran agama Islam ke masyarakat yang belum mengenal Islam menggunakan cara-cara kerakyatan agar ajaran yang disampaikan bisa lebih mudah diterima di dalam budaya masyarakat. Bahkan hingga sekarang pun ada banyak produk budaya yang digunakan untuk menyampaikan ajaran agama secara sederhana dan dengan cara yang sudah familiar di tengah kehidupan masyarakat, salah satunya adalah dengan pantun. Contoh pantun di bawah ini memiliki isi ajaran agama yang dikemas dengan permainan kata yang unik bahkan cenderung jenaka. Kata-kata pantun yang sederhana namun beritma membuat isi ajaran agama bisa diterima dengan lebih mudah bagi yang membaca atau mendengarnya.

Contoh pantun agama 1

Banyak bulan silih ganti berdatangan

Tiada semulia bulan puasa

Banyak Tuhan mendapat pujaan

Tiada seagung Tuhan Yang Maha Esa

Contoh pantun agama 2

Daun Arab di atas menjangan

Anak udang mati diraba

Dalam kitab ada larangan

Yang haram jangan coba-coba

Contoh pantun agama 3

Bunga kenanga tertimbun lumpur

Pucuk sari dijadikan lulur

Tak ada guna sombong dan takabur

Jika mati sama-sama dikubur

Contoh pantun agama 4

Asam kandis asam gelugur

Rasanya manis bikin mabuk kepayang

Menangis mayat di alam kubur

Ingat diri yang jarang sembahyang

Contoh pantun agama 5

Burung beling burung pelikan

Makan ati tomat lauknya

Jangan saling rundung menjatuhkan

Hormati juga umat lainnya

Contoh kumpulan pantun lengkap dengan pesan budi pekerti

Contoh pantun berikutnya adalah pantun yang memiliki pesan budi pekerti atau pesan moral.  Bedanya pantun budi pekerti dengan contoh-contoh pantun agama adalah pesan yang disampaikan lebih umum sifatnya dan tidak hanya terikat mengenai ajaran satu agama saja sehingga pantun jenis ini bisa disampaikan ke siapa saja dalam kesempatan apa saja. Pantun budi bisa digunakan untuk mengekspresikan budi pekerti dan perilaku luhur yang baik sekaligus memberikan pesan yang bisa menjadi cerminan sopan santun bagi yang membaca atau mendengarnya. Jenis pantun ini cukup penting dalam budaya berpantun orang Melayu atau orang Indonesia pada khususnya karena masyarakat Indonesia yang masih memegang prinsip budaya yang luhur sebagai identitas bangsa.

Contoh kata-kata pantun budi 1

Apa gunanya berbusana batik

Kalau tidak menggunakan sujinya

Apa gunanya punya istri cantik

Kalau tidak ada budi pekertinya

Contoh kata-kata pantun budi 2

Jadi orang tanam banyak ubi jalar

Panennya panen ubi

Jadi orang tanam banyak amal

Panennya panen budi

Contoh kata-kata pantun budi 3

Ayam bali dibuat kolak

Bumbu santan lalu diberi

Rezeki tidak saya tolak

Kejahatan tidak saya cari

Contoh kata-kata pantun budi 4

Ada Nilam minum kopi luwak

Dicampur arang rasanya agak tengik

Mari kita tanam budi yang banyak

Agar orang yang jahat jadi baik

Contoh kata-kata pantun budi 5

Atap jerami siap dibakar

Tidak perlu dibilas-bilas

Bersikap budi disebar-sebar

Tidak perlu minta dibalas

Contoh pantun lucu dan menghibur

Contoh pantun berikutnya adalah bait-bait yang memiliki makna jenaka dan dibuat untuk mendatangkan humor bagi pembaca maupun pendengarnya. Pantun dengan nada jenaka juga lebih familiar di kalangan masyarakat  bahkan yang awam dengan karya sastra kuno sekalipun karena pantun ini banyak dilontarkan oleh komedian-komedian di berbagai macam acara di televisi maupun off air. Pantun yang lucu seringkali juga mengangkat topik yang bernada menyinggung bagi lawan bicaranya namun disampaikan dalam pemilihan kata yang menggelitik sehingga yang mendapatkan pantun tersebut tidak marah namun tertawa karena kelucuannya. Meski memiliki nuansa yang lebih cair, aturan dan struktur contoh pantun bernada lucu ini juga masih pakem mengikuti aturan pantun pada umumnya.

Contoh pantun lucu dan menggelitik 1

Main ke Belanda lewatnya awan

Pergi ke Papua lewatnya jalan raya

Ada janda mukanya rupawan

Begitu disapa galaknya kayak singa

Contoh pantun lucu dan menggelitik 2

Anak buah makannya makan ati

Kalau berlabuh sukanya bikin sakit hati

Anak Pak Lurah namanya Santi

Walau jauh di mata dekat di hati

Contoh pantun lucu dan menggelitik 3

Si Mamang ngudut di jamban

Burung gelatik makannya biji padi

Kamu gendut gara-gara banyak makan

Makan satu piring lauknya satu bakul sendiri

Contoh pantun lucu dan menggelitik 4

Anak berlari ketemu nangka

Masuk ke kandang dikira kuda

Sungguh mati aku cinta

Tapi sayang kamu sudah ada yang punya

Contoh pantun lucu dan menggelitik 5

Buah manggis buah kedondong

Kalau dikupas yang kelihatan bijinya

Kamu manis minta digendong

Tapi sayang abang udah ada buntutnya

Contoh pantun lucu dan menggelitik 6

Makan kecapi bagaimana rasanya

Beli pepaya yang dimakan buahnya

Maksud hati ingin meminang putrinya

Tapi apa daya yang kepincut malah emaknya

Contoh pantun lucu dan menggelitik 7

Malam-malam santai sambil makan kentang

Ditemani kolak  pisang dirajang-rajang

Bagaimana saya tidak bimbang

Bapak botak tapi minta dikepang

Contoh pantun  lucu dan menggelitik 8

Saatnya mandi sekarang sudah siang

Rambut dikelabang sebelum pakai kutang

Sudah lama tak bertemu tanpa diundang

Begitu datang malah minta hutang

Contoh pantun lucu dan menggelitik 9

Naik gunung sampai ke hulu

Minum air suruh sambil tidur terlentang

Diajak buru-buru ke penghulu

Tahunya disuruh menagih hutang

Contoh pantun lucu dan menggelitik 10

Ke angkringan cari gorengan

Beli gorengan di warung remang-remang

Niat mau malam mingguan

Malah disuruh jaga kandang

Contoh kumpulan pantun bernada nasehat

Kehidupan sosial masyarakat adalah sumber inspirasi yang sangat baik untuk membuat pantun. Banyak contoh pantun yang memiliki nilai moral dan pesan nasehat di dalamnya mengenai berbagai macam isu sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Sejak dulu karya sastra memang banyak digunakan untuk melontarkan kritik terhadap kehidupan masyarakat dari berbagai macam aspek misalnya aspek budaya, aspek perilaku, bahkan hingga politik. Pantun bisa digunakan sebagai cara untuk memberikan kritikan maupun masukan kepada para pembaca maupun pendengar pantun  dengan kata-kata yang lebih ringan dan menyenangkan sehingga pendengar maupun pembaca pun  bisa melihat perspektif isu sosial dari sudut pandang konteks yang lebih santai. Berikut adalah contoh macam-macam pantun yang memiliki nilai nasehat.

Contoh kata pantun mengandung nasehat 1

Berandai-andai banyak melamunnya

Ramai-ramai makan ikan kerang

Orang pandai banyak pengikutnya

Tuntut ilmu hingga ke negeri seberang

Contoh kata pantun mengandung nasehat 2

Main ke pasar cari buah srikaya

Dimakan sambil berdiri di kapal layar

Apa guna punya harta kaya

Jika amal tak pernah dibayar

Contoh kata pantun mengandung nasehat 3

Jalan-jalan ke pasar ketemu sama enyak

Beli sanggul sambil makan babat

Indonesia masyarakatnya banyak

Saling rangkul dan saling bersahabat

Contoh kata pantun mengandung nasehat 4

Agar-agar dimakan di latar

Burung puyuh jadi ikut lapar

Jadi pelajar tugasnya belajar

Bukan turun ke jalan bikin onar

Contoh kata pantun mengandung nasehat 5

Si Aftar menulis di daun lontar

Tulisannya rapi daun lontar dimakan

Belajar tak sekedar pintar

Punya ilmu harus dibagi-bagikan

Contoh pantun teka-teki atau tebak-tebakkan

Contoh pantun selanjutnya adalah pantun yang isinya tebak-tebakan. Jenis pantun ini tidak jauh berbeda dengan pantun jenaka karena biasanya tebak-tebakkan yang diberikan juga memiliki makna yang lucu atau dalam konteks bercanda. Pantun teka-teki bisa dilontarkan untuk mencairkan suasana sambil mengajak orang untuk berpikir kreatif agar bisa menjawab teka-teki dengan benar. Jawaban untuk teka-teki pun bukan jawaban yang pasti bisa jadi pemberi teka-teki satu dengan yang lainnya memiliki jawaban yang berbeda meski pertanyaannya sama. Pantun dengan nada teka-teki ini cukup seru untuk dimainkan bersama dengan teman. Berikut adalah beberapa contoh-contoh pantun dengan isi teka-teki yang bisa jadi bahan candaan Anda ketika berkumpul bersama teman atau bisa juga Anda isi sendiri dengan teka-teki yang dimiliki sendiri.

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 1

Kepala sekolah punya kepala botak

Minum jamu biar rambutnya lebat

Yuk kita asah otak

Siapa di antara kita yang lebih hebat

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 2

Si tuan keluar pakai celana

Melihat bintang cemerlang di malam hari

Jika memang si tuang bijaksana

Coba tebak binatang apa yang tanduknya di kaki

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 3

Kapal berlayar dari pelabuhan

Kapal berlayar menuju Selat Malaka

Lebar kepala daripada badan

Hewan apa itu cobalah diterka

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 4

Bintang-bintang di langit yang kelam

Ada bulan yang warnanya abu-abu

Binatang apa yang darahnya hitam

Punya janggut delapan tulang cuma satu

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 5

Burung gagak burung gereja

Terbang tertiup angin di atas taman

Coba ditebak wahai saudara

Barang apa yang makin diisi makin ringan

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 6

Beli tempe dibungkus daun lontar

Tempe bumbu telor ditambah kelapa

Kalau ente mengaku pintar

Hewan apa punya ekor di kepala

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 7

Agung merenung suaranya sumbang

Duduk terbengkalai sudah pasrah

Ia mendengung tapi bukan kumbang

Ia punya belalai tapi bukan gajah

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 8

Anak kecil main ke pasar malam

Ibunya pergi ia beli jajan buah

Waktu kecil bajunya hitam

Sudah dewasa ganti jadi merah

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 9

Ada si Budi terjungkal-jungkal

Menunggang gajah yang punya belalai

Hilang budi ayo pakai akal

Buah buah apa yang tidak ada tangkai

Kumpulan pantun lengkap teka-teki 10

Pohon bulat punya daun yang rindang

Dijual di pasar banyak pembelinya

Bentuknya seperti bintang

Tidak bersinar tapi kuning dan manis rasanya

Contoh pantun Indonesia untuk salam perpisahan

Contoh pantun selanjutnya adalah pantun yang ditulis atau diucapkan sebagai salam perpisahan. Jenis pantun ini jika diucapkan biasanya dilontarkan pada acara tertentu sebagai penutup acara. Biasanya pembawa acara akan melontarkan pantun-pantun yang bernada perpisahan untuk menutup acara dengan suasana yang lebih riang. Pantun bernada perpisahan juga banyak dilontarkan pada acara-acara pernikahan terutama pernikahan yang menggunakan adat tradisional tertentu karena berpantun merupakan salah satu bagian dari kebudayaan adat Indonesia.

Sedangkan kata pantun bernada perpisahan yang tertulis biasanya digunakan untuk menutup sebuah surat. Misalnya Anda menulis surat kepada teman pena atau kepada orang yang nun jauh di sana kemudian surat ditutup dengan pantun perpisahan dengan harapan semoga segera bertemu atau pantun yang isinya mengharapkan balasan. Berikut adalah contoh pantun bernada perpisahan yang bisa Anda simak.

Contoh kata-kata pantun perpisahan 1

Pucuk daun buah delima

Dibuat wejangan di atas meja kawan

Meski jauh di pandangan mata

Jauh di pandangan hati jangan

Contoh kata-kata pantun perpisahan 2

Duhai selasih jangan iri

Siapa pergi sambil kayang-kayang

Duhai kekasih bila engkau pergi

Jangan lupa dengan abangmu sayang

Contoh kata-kata pantun perpisahan 3

Bintang barat di malam petang

Bintang timur terbit di pagi hari

Jika tidak ada aral melintang

Ada umur bertemu lagi

Contoh kata-kata pantun perpisahan 4

Alun-alun di kota Sleman

Main perosotan sambil makan gulali

Tahun apa bulan kapan

Kita bisa berjumpa lagi

Contoh kata-kata pantun perpisahan 5

Pasar Sawang beli lawang

Salak pondoh sepat rasanya

Sabar sayang abang kan pulang

Ada jodoh tidak akan ke mana

Contoh kata-kata pantun perpisahan 6

Tuan Putri pergi ke sawah

Menenggak arak sambil menunggu tua

Kita bertemu namun harus berpisah

Jika Ia berkehendak pastilah bertemu jua

Contoh kata-kata pantun perpisahan 7

Masak nasi di kuali

Potong rambut di depan kaca

Kalau kita tidak bertemu lagi

Jangan takut pandang bulan yang sama

Contoh pantun lengkap ungkapan cinta dan sayang

Pada contoh pantun kali ini temanya adalah mengenai ungkapan rasa cinta dan juga kasih sayang. Ungkapan cinta yang dipantunkan bisa bermacam-macam jenisnya, kebanyakan memang cinta dan kasih sayang terhadap pujaan hati namun Anda juga bisa berkreasi menciptakan pantun cinta kepada orang tua, kepada teman, kepada alam, bahkan kepada tanah air negeri sendiri. Contoh jenaka juga biasanya banyak ditemukan untuk pantun-pantun cinta terutama untuk saling menggoda antara orang yang sedang saling suka. Saling bertukar pantun dengan ungkapan cinta kadang masih dilakukan orang karena menyatakan perasaan cinta tentu bisa dilakukan dengan banyak cara termasuk saling berbalas pantun baik secara tertulis maupun lisan. Ini dia beberapa contoh pantun ungkapan cinta yang bisa Anda cermati.

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 1

Ular kobra melayang-layang

Goreng tahu sambil nyanyi balada

Coba-coba menanam rasa sayang

Siapa tahu bisa tumbuh jadi cinta

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 2

Jangan suka bermain api

Kalau tidak ingin jadi luka

Putus cinta jangan disesali

Jangan khawatir pasti ada gantinya

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 3

Ikan lompat-lompat di sungai berenang

Burung dara terbang membuat sarang

Makan tak nikmat tidur pun tak tenang

Yang ada di pikiran hanya adinda seorang

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 4

Ada anak kera di atas bukit

Dipanah menggunakan panah sakti

Kita saling padang lalu tersenyum sedikit

Karena sama-sam saling menaruh hati

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 5

Kalau nona pergi ke Lampung

Biar saya yang bawakan barangnya

Kalau nona  ingin jadi burung

Biar saya yang jadi ranting kayunya

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 6

Bunga disiram tumbuh pucuknya

Harum semerbak bau wanginya

Jangan takut kehilangan cinta

Masih ada saya yang menunggu setia

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 7

Jalan-jalan sore ke Ciamis

Dapat parkir di gedung yang gratis

Aku jatuh cinta dengan si Kumis

Orangnya gagah lagi romantis

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 8

Pagi-pagi sarapannya makan bubur

Lengkap dengan segelas penuh susu

Setiap malam sebelum tidur

Ku selalu berdoa agar kau ada di mimpiku

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 9

Ke manapun dikau menengadah

Ku selalu di sini bermimpi indah

Ke manapun engkau melangkah

Ku selalu di sini menunggu di rumah

Contoh-contoh pantun ungkapan cinta 10

Ada orang Bandung kepala dijitak

Dijitak orang sampai muntah-muntah

Selama jantung ini terus berdetak

Cintaku tak akan mudah lulun lantah

Contoh macam-macam pantun pendidikan

Pada bahasan kali ini akan diberikan contoh pantun dengan nuansa pendidikan. Isi pantun bisa berupa pujian, bisa berupa kritikan, saran, maupun nasehat kepada para pelaku dunia pendidikan baik itu siswanya, pengajar, maupun pembuat sistemnya. Pantun dengan isi mengenai pendidikan biasanya ditemukan di pantun-pantun modern dan jarang ditemukan pada karya sastra yang lama karena biasanya karya sastra lama memiliki nuansa romansa dan belum menyentuh topik-topik yang lebih luas dari topik yang sentimental. Pantun dengan isi nasehat mengenai pendidikan bisa dijadikan tulisan moto untuk dipajang di kelas, di majalah dinding, di buku pelajaran, dan berbagai macam sarana pendidikan lainnya. Jika Anda sedang butuh kata-kata yang bagus untuk dipajang di kelas sekolah, berikut adalah beberapa contoh pantun nasehat mengenai pendidikan.

Contoh kata pantun tentang pendidikan 1

Belajar jauh di negeri Saudi

Saatnya pulang ke rumah sendiri

Sebaiknya kamu mengabdi

Kepada negeri tanah air sendiri

Contoh kata pantun tentang pendidikan 2

Menanam pagi di tengah sawah

Sawahnya subur pasti hasil panen melimpah

Pagi-pagi pergi ke sekolah

Sore hari mengaji di madrasah

Contoh kata pantun tentang pendidikan 3

Jalan-jalan pergi ke dusun

Jangan lupa beli beras

Belajar rajin dengan tekun

Jangan sampai menyesal tidak naik kelas

Contoh kata pantun tentang pendidikan 4

Pergi ke hutan berburu rusa

Hendaknya kau siap dengan bawa tali

Wahai engkau anak cucu bangsa

Saatnya mengabdi untuk negeri pertiwi

Contoh kata pantun tentang pendidikan 5

Kain tenun belinya di Sumbawa

Kain batik belinya di Pekalongan

Kalau ingin jadi sarjana

Sekolah yang benar jangan kau abaikan

Contoh kata pantun tentang pendidikan 6

Di sana gunung di sini gunung

Tengah-tengahnya ada sang raja

Ke sana bingung ke situ bingung

Pilih sekolah yang dekat saja

Contoh kata pantun tentang pendidikan 7

Jangan kalah lari lawan cheetah

Jika tidak ingin dianggap lemah

Jika kau tak mau sekolah

Orang tua pasti kan gundah

Contoh kata pantun tentang pendidikan 8

Pohon jati paling kuat kayunya

Pohon kapuk paling tinggi batangnya

Murid rajin banyak ilmunya

Murid malas banyak bodongnya

Contoh kata pantun tentang pendidikan 9

Hari minggu hari untuk berburu

Menikmati kopi di telaga yang biru

Di rumah sayangi ibumu

Di sekolah hormati gurumu

Contoh kata pantun tentang pendidikan 10

Pergi ke sawah lewat Cimahi

Hati-hati jangan sampai kena amandel

Pergi ke sekolah pantang berkelahi

Berkelahi hanya untuk anak bandel

Itulah sebagian contoh pantun yang bisa disajikan sebagai referensi Anda untuk mengetahui lebih banyak mengenai berbagai macam bentuk pantun. Seperti yang disebutkan sebelumnya pada contoh-contoh di atas digunakan pola aa-aa, ab-ab, maupun aa-bb yang membuat pantun jadi memiliki ritma yang unik dan membuatnya jadi karya sastra kuno yang hingga kini masih banyak dipraktekkan di jaman modern. Dari kumpulan pantun di atas, bisakah Anda membuat contoh-contoh pantun sendiri?

Tinggalkan komentar