Contoh Proposal 17 Agustus yang Baik dan Benar

Pada saat tanggal 17 Agustus, kita semua satu Indonesia memperingati hari Kemerdekaan. Pada tanggal ini biasanya kita selalu mengadakan berbagai jenis lomba. Namun, banyak yang masih membutuhkan contoh proposal 17 Agustus.

Untuk menjawab kebingungan dan juga rasa keingintahuan Anda yang besar, maka di bawah ini akan kita bahas secara lengkap bagaimana cara membuat proposal 17 Agustus yang baik dan benar dan berlaku universal.

Pentingnya Proposal 17 Agustus

  1. Yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengajukan anggaran kepada pemimpin setempat. Dengan proposal yang jelas maka seorang pemimpin dapat menentukan kebijakan untuk menurunkan dana.
  2. Kedua, proposal ini dapat digunakan sebagai laporan kegiatan daerah di mana kini semua kegiatan harus ada pelaporan kepada pemerintah di tingkat atasnya.
  3. Ketiga, proposal ini menjadi salah satu target dan juga rem dalam penggunaan dana yang optimal sehingga tidak ada pemborosan dan juga lebih transparan.
  4. Yang terakhir, pembuatan proposal ini juga bermanfaat bagi Anda para anak muda untuk melatih pola pikir untuk tetap bisa berpikir lebih baik. Di mana semua memerlukan tahapan-tahapan agar tercipta acara yang lancar.

Panduan Contoh Proposal 17 Agustus

Setelah mengetahui apa saja pentingnya membuat proposal 17 Agustus maka selanjutnya adalah akan kita bahas mengenai bagaimana panduan untuk contoh proposal itu sendiri. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang apa saja yang menjadi latar belakang pelaksanaan acara 17 Agustus. Berikan uraian yang tepat dan juga lengkap mengenai apa alasan dibalik dilakukannya acara.

  1. Tujuan

Tujuan berisi apa saja tujuan dalam pelaksanaan acara tersebut. Anda bisa menggunakan tujuan berupa bentuk rasa syukur terhadap kemerdekaan Indonesia, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, dan lain sebagainya.

  1. Tema

Dalam acara pastinya ada tema tertentu. Tema ini bisa dikaitkan dengan tujuan yang Anda buat. Misalnya melaksanakan lomba masak masakan tradisional untuk anak muda, maka tema tersebut juga harus disesuaikan.

Misalnya tema yang bisa dibuat adalah “Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Masakan Nusantara di Kalangan Anak Muda Indonesia”. Tema tersebut sudah sangat sesuai dengan acara yang akan Anda buat bukan.

  1. Peserta

Setiap acara biasanya memiliki target peserta masing-masing. Misalnya adalah lomba sepak bola maka yang ikut adalah pemuda-pemuda laki-laki yang ada di daerah tersebut. Tim apa saja yang ikut.

Misalnya lomba yang dilakukan adalah antar RT maka Anda bisa menampilkan peserta dari RT 01, RT 02, dan lain sebagainya. Cantumkan peserta yang ikut di dalam proposal di kolom peserta ini.

  1. Jenis Kegiatan

Jenis Kegiatan juga harus dimasukkan ke dalam proposal secara rinci. Misalkan lomba anak kecil, di sana banyak lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba membawa kelereng, dan lain sebagainya.

  1. Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat di isi kapan acara dilakukan dari mulai pelaksanaan acara sampai pada waktu selesai acara dan juga tempat di mana acara berlangsung. Tuliskan waktu dan tempat secara rinci.

Tuliskan waktu dengan tepat dari mulai jam dilaksanakannya dan juga hari serta tanggal pelaksanaan acara. Demikian juga dengan tempat yang harus dituliskan secara lengkap alamatnya.

  1. Susunan Kepanitiaan

Buat susunan kepanitiaan yang lengkap dari mulai ketua pelaksana sampai seksi-seksi yang memiliki tugas dalam acara. Tulis dari mulai jabatan yang paling tinggi ke jabata yang paling rendah.

  1. Rencana Anggaran Biaya

Setiap acara pastinya memiliki rencana anggaran biaya sehingga di dalam proposal tersebut juga harus dicantumkan secara rinci. Jangan sampai ada yang terlewat karena hal ini bisa mempengaruhi turunnya dana.

  1. Penutup

Dan yang terakhir adalah penutup. Buat kalimat penutup dengan bahasa yang sopan serta buat masyarakat mau membantu menyukseskan acara. Akhiri dengan  tanda ketua panitia pelaksana dengan nama lengkap.

Itu lah panduan bagaimananya cara membuat proposal untuk kegiatan 17 Agustus  yang dapat berguna untuk Anda terutama bagi para pemula. Semoga informasi di atas tersebut dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tinggalkan komentar