Contoh Puisi Tentang Ibu Paling Menggugah

116 views

Puisi tentang ibu merupakan kumpulan puisi yang mengungkapkan rasa cinta kasih seorang anak pada ibu. Seperti kita ketahui, ibu merupakan sosok yang tangguh, dan pengabdiannya tak pernah bisa tergantikan oleh apapun. Karena ibu adalah orang yang telah melahirkan dan membimbing kita hingga dewasa. Semua kerja keras, perjuangan dan kasih sayangnya pada kita tak pernah terputus. Untuk mengungkapkan rasa sayang kita pada ibu, tak jarang kita mengungkapkannya melalui puisi. Baik itu ketika kita merasa rindu pada ibu, merasa sangat menyayangi dan segala hal yang berhubungan dengan ibu.

Banyak sekali ungkapan yang dirasakan dan dituangkan dalam puisi ibu. Kita tentu tak pernah membayangkan perjuangan ibu kita selama 9 bulan lamanya, membawa, memikul serta menjaga kita selalu dalam perutnya. Hal tersebut sungguh amat menyiksa, akan tetapi baginya itu bukanlah apa-apa, sebab cintanya yang begitu tulus dan begitu ikhlas melakukan yang terbaik untuk kita sebagai anaknya. Tuhan pun memberikan tempat terbaik untuk ibu, yakni dengan menetapkan surga berada di telapak kaki ibu. Maka dari itu, kita harus menghormati ibu kita dan menjadi anak sholehah dan berbakti pada orang tua. Untuk membahagiakan ibu, tentu bukan dengan hanya menuliskan puisi untuk ibu saja melainkan juga membuat ibu lebih bangga dengan apa yang kita perbuat dan kita raih selama hidup di dunia.

Puisi Ungkapan Hati Untuk Ibu

Harapan seorang ibu pada anaknya, tidaklah muluk-muluk. Mereka hanya meminta anaknya untuk menjadi anak yang berbakti, baik kepada sesama, dan ingin anaknya bahagia. Maka dari itu, sangat disayangkan jika kita tidak menyayangi apalagi sering durhaka pada ibu. Puisi buat ibu, sejatinya bukan hanya ungkapan rasa cinta dan kasih sayang kita kepadanya, melainkan juga ungkapan rasa terima kasih yang ingin kita berikan secara tulus. Sebagian dari kita mungkin seringkali berpikir sulit untuk mengungkapkan rasa cinta dan terima kasih kita kepada ibu secara langsung. Akan tetapi melalui puisi, kita bisa meluapkan semua perasaan yang terdalam kita pada ibu.

Kita harus berpikir, bahwa ibu merupakan sosok yang paling berjasa dalam hidup kita. Jika kita tidak memiliki ibu di dunia, bagaimana kita bisa menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup. Karena ibu sekaligus sebagai guru yang mampu membimbing kita menjadi orang yang kuat dan tangguh menjalani kehidupan. Ada banyak sekali peranan ibu bagi hidup kita, sehingga wajar jika kita merasa bahwa ibu adalah segalanya. Ibu merupakan tempat curahan hati kita, ketika kita sedang dilanda sedih. Ibu tempat kita mengadu dan juga tempat kasih sayang yang berlimpah bagi kita semua. Untuk itu, jasa ibu selama kita didunia tidak terhitung jumlahnya. Sementara kita sebagai anak, hanya dituntut untuk menyayangi, menghormati dan mengasihi ibu.

Mungkin banyak jasa ibu yang belum bisa kita bayar selama ini, akan tetapi setidaknya kita bisa mengungkapkan bahwa perasaan cinta dan kasih sayang pada ibu sangatlah besar. Anda bisa mengungkapkan semua perasaan untuk ibu lewat penggalan puisi ibu tercinta.

Contoh Puisi Tentang Ibu

Senyum Ibuku Bahagiaku

Tak ada satupun yang bisa membelaku saat ini
Tak ada satupun yang bisa mendengarkan curhatanku saat ini
Tak ada satupun orang yang memihakku dan berada di sisiku selamanya
Selain dirimu ibu…

Betapa aku merasa engkaulah yang paling kurindukan selama ini
Saat anakmu beranjak dewasa, ada banyak hasrat yang ingin aku luapkan untukmu
Aku menyayangimu ibu….

Senyummu adalah bahagiaku
Tak ada yang lain bagiku saat ini, selain bahagiamu
Cintamu sebesar lautan yang tak terhitung jumlahnya
Betapa semua itu membuatku semakin menyayangimu
Tak sedikit hasrat pun ingin menyakitimu
Aku hanya ingin ibuku bahagia, di dunia maupun di akhirat kelak
Aku berharap bisa bertemu di jannah bersamamu, ibu….

Selama engkau hidup, ingin aku membalas semua jasamu
Belum dapat aku penuhi itu semua
Tapi aku selalu mendoakanmu dikala sepiku
Aku selalu merindukanmu dikala sepiku
Mungkin jarak saat ini terpaut begitu jauh
Tapi hatiku, cintaku, sayangku tak pernah pudar untukmu ibu
Ingin aku bertemu denganmu, aku merindukanmu
Tak ingin aku menyesal kehilanganmu kelak
Karena aku ingin membahagiakanmu di akhir hayatmu

Itulah sepenggal puisi singkat tentang ibu yang mungkin kita rasakan betapa ibu adalah segalanya dalam kebahagiaan kita.


One thought on “Contoh Puisi Tentang Ibu Paling Menggugah

Leave a Reply

Your email address will not be published.