Contoh Surat Pengunduran Diri (Surat Resign) yang Benar Saat Ingin Berhenti Kerja

Rasa jenuh dan mulai merasa seperti tidak betah lagi tentu pernah dialami oleh para pekerja. Selain kejenuhan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan sebagian orang memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaannya. Beberapa faktor tersebut antara lain gaji kurang memuaskan, pekerjaan terlalu berat, masalah personalia, dan sebagainya.

Nah, apabila sudah memutuskan untuk resign dari perusahaan tempat Anda bekerja, maka harus membuat surat pengunduran diri. Sebelumnya, lihatlah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Hal tersebut sangat diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman antara diri Anda dan pemimpin perusahaan.

Surat Pengunduran Diri

Sebelum melihat contoh surat resign, ketahuilah tips-tips penulisan surat resign tersebut. Ini dia tips-tipsnya:

  1. Isi surat harus singkat dan padat, tidak bertele-tele, sehingga maksud dan tujuan utama lebih jelas.
  2. Ucapkanlah terimakasih kepada karyawan, pemimpin dan perusahaan, karena bagaimanapun Anda pernah bekerjasama dalam kurun waktu tertentu dalam perusahaan tersebut.
  3. Sampaikan pula permohonan maaf kepada karyawan, pemimpin perusahaan atas kesalahan yang mungkin pernah terjadi selama masa kerjanya dalam perusahaan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas dalam penulisan surat pengunduran diri, maka kemungkinan terjadi kesalahpahaman sangat kecil. Selain itu, surat Anda lebih sopan serta santun, sehingga mudah diterima oleh pemimpin perusahaan.

Tak hanya memperhatikan tips penulisan, Anda juga harus mengetahui unsur-unsur dalam surat tersebut. Pada umumnya unsur penulisan surat resign sama seperti surat formal lainnya, yakni bertuliskan tanggal surat, nama orang yang dituju, alamat yang dituju, salam pembuka, isi, penutup, salam penutup dan nama terang penulis.
Untuk lebih jelasnya, inilah contoh surat resign yang baik dan benar:

1. Contoh surat pengunduran diri

Wonosobo, 22 Juli 2018
Kepada
Yth. HRD PT Sentosa
Jl. Pasukan Ronggolawe No. 15
Wonosobo

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Siti Sukaesih selaku karyawan PT Sentosa bermaksud menyampaikan pengunduran diri terhitung pada tanggal 24 Juli 2018. Hal ini karena kondisi kesehatan saya yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja.
Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan kerja yang perusahaan berikan pada saya. Bersama ini pula saya sampaikan permohonan maaf kepada karyawan dan pimpinan PT Sentosa apabila selama saya bekerja pernah melakukan kesalahan.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya sampaikan, saya harap perusahaan memahami kondisi serta memberikan hak yang sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Siti Sukaesih

2. Contoh surat resign

Semarang, 22 Juli 2018

Kepada
Yth. Direktur PT Geomed
Semarang

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Nur Rohman
Alamat : Jl. Kaligawe No. 65 Semarang
Jabatan : Karyawan

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan terhitung dari tanggal 25 Juli 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah perusahaan berikan kepada saya untuk bekerja. Saya ucapkan permohonan maaf pula kepada karyawan, manajer, serta direktur PT Geomed apabila selama bekerja terdapat kesalahan yang saya perbuat. Saya berharap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nur Rohman

Begitulah kurang lebih contoh surat pengunduran diri yang sesuai dengan unsur-unsur surat dan memiliki bahasa sopan. Dengan bahasa sopan dan penuh kehati-hatian namun tidak bertele-tele, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman antara beberapa pihak. Jadi, jangan lupa pelajari cara penulisan serta contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar saat ingin berhenti bekerja ya!

Tinggalkan komentar