Contoh Teks Anekdot Dialog Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh teks anekdot dialog dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kata anekdot bukan lagi istilah asing. Mungkin Anda pun sering mendengarnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan teks anekdot itu?

Teks anekdot identik dengan sindiran dan kata lucu. Pada masa lalu, teks anekdot seringkali dijumpai dalam media cetak, khususnya koran. Namun, saat ini teks anekdot dapat dijumpai dengan mudah secara online.

Sebelum membahas contoh teks anekdot, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu. Yaitu pengertian dan struktur dari teks anekdot.

Pengertian Teks Anekdot Dialog

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa teks anekdot ialah cerita pendek bersifat lucu. Meski begitu, teks anekdot dialog memiliki maksud untuk mengkritisi hal-hal tertentu, seperti bidang politik, lingkungan, sosial, dan lain-lain.

Teks anekdot mempunyai bentuk yang bervariatif. Yakni dalam bentuk cerita, bentuk dialog atau percakapan, dan dalam bentuk gambar. Teks anekdot yang disampaikan haruslah mengandung pesan moral dan amanat di dalamnya.

Struktur Pembuatan Teks Anekdot

Dalam membuat contoh teks anekdot dialog terdapat struktur tersendiri. Fungsi struktur penulisan teks anekdot supaya teks sesuai dengan tujuan dan hasilnya lebih rapi.

  • Abstrak 

Struktur pertama dalam menulis teks anekdot adalah abstraksi. Bagian ini berisi gambaran umum dari teks yang hendak dibahas. Dengan begitu, pembaca dapat membayangkan cerita apa yang akan diulas.

  • Orientasi 

Pada bagian orientasi berisi pendahuluan sebagai awalan cerita. Pada struktur inilah penulis menjelaskan sebab terjadinya peristiwa yang diusung dalam cerita.

  • Krisis 

Struktur ketiga adalah krisi. Krisi ialah puncak cerita anekdot. Pada bagian ini dijelaskan inti permasalahan cerita anekdot dengan gaya penulisan yang khas.

  • Reaksi 

Sebenarnya, reaksi adalah struktur pelengkap dari teks anekdot. Reaksi berfungsi untuk melengkapi penyelesaian masalah yang ada dalam cerita anekdot. Umumnya, penyelesaian menggunakan cara yang unik.

  • Koda 

Koda merupakan struktur terakhir dalam membuat teks anekdot. Koda juga disebut sebagai penutup cerita.

Ciri-ciri Teks Anekdot Dialog

Teks anekdot dialog memiliki ciri-ciri khusus. Karakter yang ditampilkan dalam teks anekdot umumnya adalah manusia atau karakter hewan. Teks anekdot juga lebih mirip dengan perumpamaan dongeng.

Ciri lain dari teks anekdot adalah bersifat humoris dan berupa sindiran. Teks anekdot ditujukan untuk orang-orang penting dan tema yang diusung berkaitan dengan realitas.

Contoh Teks Anekdot Dialog

Membuat contoh teks anekdot dialog dapat dimulai dengan menentukan isu yang akan diangkat terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah contoh teks anekdot.

  • Kota langganan banjir

Pada suatu siang, terjadilah percakapan antara tiga pemimpin kota dari generasi yang berbeda. Ketiganya nampak murung karena bencana banjir yang kembali melanda kota tersebut.

Pemimpin Kota 1 : Kapan ya kota ini bisa bebas banjir? Sudah sejak saya kecil, bukannya membaik malah semakin parah saja setiap tahunnya.

Pemimpin Kota 2 : Benar. Segala macam solusi sudah saya terapkan saat menjabat, tapi banjir masih saja melanda kota ini. Padahal sudah banyak dana yang dikucurkan untuk mengatasi banjir.

Pemimpin Kota 3 : Seharusnya bukan hanya pemerintah yang mengatasi banjir, masyarakatnya pun harus turut membangun kesadaran.

Tuhan : (Menangis kencang mendengar percakapan pemimpin kota dan melihat tingkah manusia yang tidak peduli lingkungan dengan melakukan penebangan liar dan membuang sampah sembarangan).

  • Struktur teks anekdot dialog 

Abstraksi : Pada suatu siang.

Orientasi : Terjadilah percakapan antara tiga pemimpin kota dari generasi yang berbeda. Ketiganya nampak murung karena bencana banjir yang kembali melanda kota tersebut.

Krisis : Kapan ya kota ini bisa bebas banjir? Sudah sejak saya kecil, bukannya membaik malah semakin parah saja setiap tahunnya.

Reaksi : Seharusnya bukan hanya pemerintah yang mengatasi banjir, masyarakatnya pun harus turut membangun kesadaran.

Koda : Tuhan menangis kencang mendengar percakapan pemimpin kota dan melihat tingkah manusia yang tidak peduli lingkungan dengan melakukan penebangan liar dan membuang sampah sembarangan.

Nah, itulah penjelasan tentang teks anekdot. Mulai dari pengertian, struktur, hingga contoh teks anekdot dialog. Selain contoh di atas, anekdot dialog dapat dibuat berdasarkan isu-isu lain.

Tinggalkan komentar