Contoh Usaha Kecil-Kecilan Rumahan dengan Omset Besar

Saat ini banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Asalkan ada kemauan dan kerja keras, maka usaha tersebut pasti membuahkan hasil. Berikut ini kami rangkum untuk anda contoh usaha kecil – kecilan yang bisa raih omset besar.

Pengertian usaha Kecil-kecilan

Sebelum mengetahui apa saja contoh dari usaha kecil – kecilan ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari usaha kecil – kecilan tersebut. Secara sederhananya usaha kecil – kecilan merupakan jenis usaha yang pekerjanya kurang dari 50 orang.

Usaha kecil – kecilan biasanya dimiliki oleh perorangan. Oleh karena itu modal membuka usaha dimiliki perorangan sehingga sering kali skala bisnis yang dijalankan tergolong kecil. Usaha kecil – kecilan bisa dibuka oleh siapa saja dan tidak ada batasan apa pun dalam mendirikannya.

Menurut UU No 9 Tahun 1999 usaha kecil – kecilan diartikan sebagai jenis usaha yang keuntungannya paling besar mencapai Rp 200.000.000,- (tidak termasuk tanah dan bangunan). Jadi setiap usaha yang keuntungannya tidak mencapai jumlah tersebut digolongkan ke dalam usaha kecil – kecilan.

Contoh Usaha Kecil – Kecilan yang Paling Menjanjikan

Di Indonesia sendiri membuka usaha kecil – kecilan izinnya mudah diperoleh. Oleh karena itu banyak orang yang menjalankan usaha tersebut, baik di depan rumah atau di tempat strategis lainnya. Berikut beberapa contoh dari usaha kecil – kecilan yang bisa anda jadikan pilihan.

Usaha Foto Copy

Usaha Fotocopy merupakan salah satu jenis usaha yang modalnya kecil dan keuntungannya sangat menjanjikan. Membuka usaha Fotocopy hanya membutuhkan modal untuk membeli mesin fotocopy, tinta, dan kertas saja. Saat ini bahkan sudah banyak mesin foto copy yang bisa disewa.

Usaha foto copy biasanya hanya membutuhkan tenaga kerja 2 sampai 5 orang saja. Selain itu tempat usaha juga tidak harus besar. Cukup menyediakan kios ukuran 5 x 5 meter saja, maka usaha Fotocopy sudah bisa dibuka.

Yang paling penting dari usaha Fotocopy adalah tempatnya harus dibuat strategis serta pelayanannya harus maksimal. Walaupun banyak saingan biasanya usaha fotocopy tetap menguntungkan. Jasa foto copy biasanya dibutuhkan oleh pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran.

Jualan Pulsa dan Kuota Internet

contoh usaha kecil – kecilan lainnya yang juga menghadirkan omset besar dengan modal kecil adalah usaha jualan pulsa dan kuota internet. Saat ini kuota internet sangat dibutuhkan banyak orang seiring dengan tingkat penggunaan internet yang semakin meningkat.

Untuk membuka kios pulsa, maka anda hanya perlu mencari tempat strategis yang dekat dengan jalan raya atau akses banyak orang. Membuka usaha jualan pulsa juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Cukup satu atau dua orang saja, maka jualan pulsa sudah bisa dilakukan.

Yang paling penting adalah usahakan kios pulsa adalah lokasinya harus strategis, serta mampu menyediakan berbagai jenis pulsa dan kuota data yang dibutuhkan banyak orang.

Usaha Sembako

Jenis usaha kecil – kecilan lainnya yang juga bisa diterapkan di rumah adalah usaha sembako. Usaha sembako sangat cocok dibuka di komplek perumahan, perkampungan, dan tempat strategis lainnya.

Usaha yang satu ini juga sangat menguntungkan karena bisa dipastikan semua orang pasti membutuhkan sembako. Usaha ini hanya memerlukan karyawan satu atau dua orang saja. Yang paling penting dari usaha sembako adalah barang yang dijual harus lengkap dan baru.

Usaha sembako juga bisa menghadirkan omset besar asalkan berlokasi di tempat yang tepat serta memiliki pelanggan yang setia. Di pedesaan usaha ini sangat banyak dijalankan karena keuntungannya pasti.

Usaha Laundry

Contoh lain dari usaha kecil – kecilan yang keuntungannya juga melimpah adalah usaha laundry. Usaha yang satu ini sangat cocok dibuka di daerah perkotaan, terutama yang dekat dengan kos – kosan mahasiswa.

Untuk membuka usaha laundry maka anda hanya perlu menyiapkan modal untuk mesin cuci dan alat setrika. Usaha laundry hanya membutuhkan 2 sampai 5 orang tenaga kerja saja. Usaha ini cocok dijalankan jika lokasinya dekat dengan tempat tinggal mahasiswa. Itu lah beberapa contoh usaha kecil – kecilan yang bisa dijalankan dengan mudah.

Tinggalkan komentar