Meski Berbeda, Namun Ekonomi Mikro dan Makro Saling Berhubungan. Mengapa?

Untuk mencapai kesejahteraan, sebuah negara harus memiliki sistem ekonomi yang baik, sehingga kegiatan perekonomiannya pun terorganisir, tertata, jelas dan tidak merugikan siapapun. Dengan perekonomian yang maju, otomatis kesejahteraan masyarakat suatu negara tercapai, negara pun bisa dikatakan maju bila perekonomiannya maju.

Nah, berbicara tentang sistem ekonomi, terdapat 2 hal yang harus Anda ketahui, yakni ekonomi makro dan mikro. Ekonomi makro dan mikro bertugas dalam menjelaskan peristiwa atau kegiatan ekonomi dan merumuskan kegiatan tersebut dalam hukum ekonomi. Apa perbedaannya? Apa fungsinya? Yuk simak informasi lebih lanjut di bawah ini!

Keduanya memiliki pengertian yang berbeda, pengertian ekonomi makro sendiri adalah ilmu yang mempelajari seluruh kegiatan perekonomian yang ada. Sementara pengertian ekonomi mikro yakni cabang ilmu tentang ekonomi yang di dalamnya mempelajari sebagian kecil dari kegiatan perekonomian.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjabaran mengenai kajian ekonomi makro dan ekonomi mikro:

Ekonomi Makro

Menurut kesimpulan pengertian di atas, ekonomi makro mempelajari kegiatan perekonomian secara keseluruhan pada suatu negara. jadi, masalah ekonomi makro adalah masalah yang berkaitan dengan publik atau negara. Inilah aspek-aspek analisis ekonomi makro:

  • Pendapatan negara
  • Inflasi
  • Investasi
  • Kesempatan kerja
  • Neraca pembayaran

Ekonomi Mikro

EkonomiĀ  mikro hanya mempelajari sebagian kecil kegiatan ekonomi di suatu negara, lebih mengacu ke setiap individu yang menjadi pelaku kegiatan ekonomi. Selain itu, ekonomi mikro juga mempelajari kegiatan ekonomi perusahaan serta penentuan harga jual beli barang.

Aspek analisis ekonomi mikro yaitu:

  • Model-model pasar
  • Elastisitas
  • Industry
  • Teori harga
  • Teori produksi
  • Analisis biaya serta manfaat
  • Teori tentang penawaran dan permintaan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan ekonomi makro dan mikro terdapat pada ruang lingkupnya. Ekonomi makro memiliki ruang lingkup lebih luas, sedangkan ekonomi mikro memiliki ruang lingkup kecil.

Masih ada lagi perbedaan ekonomi mikro dan makro jika dilihat dari segi harga, unit analisis, dan tujuan analisis. Penasaran? Ini dia perbedaannya:

  1. Menurut ekonomi mikro, harga ialah nilai dari komoditas barang tertentu saja, sementara menurut dalam kajian ekonomi makro, harga adalah nilai dari komoditas barang keseluruhan atau secara agregat.
  2. Unit analisis ekonomi mikro adalah perubahan kegiatan ekonomi secara individual, sedangkan ekonomi makro unit analisisnya membahas tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan di suatu negara, mulai dari pendapatan nasional, inflasi, investasi, dan lainnya.
  3. Tujuan analisis ekonomi mikro yaitu cara mengalokasikan sumber daya agar mencapai kombinasi yang tepat, sementara tujuan analisis ekonomi makro berkonsentrasi pada pengaruh suatu tindakan ekonomi terhadap kegiatan perekonomian secara menyeluruh.

Meski banyak perbedaan, namun ekonomi mikro dan makro saling berkaitan, karena perubahan ekonomi yang secara menyeluruh atau makro tentu akan berpengaruh atau berdampak pada ekonomi mikro, yakni pada setiap individu pelaku ekonomi. Jadi, perubahan pada ekonomi makro adalah hasil dari perubahan pada ekonomi mikro.

Nah, tanpa kita sadari ekonomi makro dan mikro selama ini sudah memberikan banyak manfaat. Untuk ekonomi makro, manfaatnya adalah bisa mengetahui pendapatan nasional, neraca pembayaran nasional, serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Sedangkan untuk ekonomi mikro, manfaatnya adalah bisa menghemat sumber daya, mengetahui cara mencapai kepuasan maksimum penggunaan sumber daya tersebut karena sumber daya sifatnya terbatas, serta masih banyak lagi manfaat ekonomi mikro di kehidupan sehari-hari.

Dengan melakukan kajian ekonomi makro dan mikro pun masyarakat bisa lebih bijak melakukan kegiatan ekonomi, lebih sejahtera, dan membuat perekonomian negara lebih maju tentunya. Selain itu, masalah perekonomian pun terkendali, bisa cepat teratasi, sehingga tidak menimbulkan banyak kerugian.

Tinggalkan komentar