Emulator PS2 Ringan dan Terbaik di PC dan Android


Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai emulator PS2 ringan dan terbaik di PC dan Android, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Konsol PlayStation 2, disingkat PS2, adalah salah satu konsol game paling terkenal dan spektakuler sepanjang masa, dan membawa kembali banyak kenangan bagi para gamer di seluruh dunia.

Kenapa tidak? Konsol tersebut telah melahirkan banyak game yang menarik, beberapa di antaranya telah menjadi bagian dari franchise video game yang sudah berjalan lama.

Advertisements

Meski konsol tersebut sudah tidak diproduksi lagi, gamer tetap bisa memainkan game favoritnya di PC atau perangkat Android menggunakan emulator PS2 terbaik.

Spesifikasi Emulator PS2 Terbaik 2022

Kali ini kami akan memberi tahu kamu tentang enam emulator PS2 terbaik untuk PC dan Android tahun 2022 yang harus kamu coba.

Informasi ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri dengan berbagai emulator PS2 yang saat ini populer dan direkomendasikan oleh para gamer.

Perhatian: beberapa emulator PS2 yang kamu kenal mungkin tidak ada dalam daftar ini. Emulator tidak disertakan karena berbagai alasan, termasuk fakta bahwa emulator tersebut berisi malware dan aset file diduga telah dicuri dari proyek emulator orang lain, sehingga kamu tidak disarankan untuk menggunakannya.

Spesifikasi Emulator PS2 Terbaik 2022

Pembahasan pertama yang akan saya bagikan kepada para pembaca adalah emulator PS2 terbaik di PC dan laptop.

Ada banyak daftar nama emulator untuk bisa bermain game PS2 yang populer dikalangan para gamer di tahun 2022.

Beberapa nama emulator mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian atau mungkin menggunakan emulator tersebut saat ini.

Namun tidak sedikit pula orang yang tidak tahu mengenai spesifikasi minimum dan rekomendasi PC dan laptop agar bisa memainkan game-game PS2 favorit mereka.

Terkadang mereka memaksakan bermain game PS2 di PC maupun laptopnya yang memiliki spesifikasi rendah.

Hal ini justru dapat memperpendek umur dan laptop atau PC menjadi cepat rusak karena terlalu dipaksa.

Berikut ini spesifikasi emulator game PS2 PC dan laptop berdasarkan rekomendasi para gamer saat ini:

1. Spesifikasi Minimum PS2 PC

Berikut adalah spesifikasi minimum PS2:

  1. OS: Windows 7, Ubuntu 18.04, Debian, Arch Linux (64 bit) atau versi yang lebih baru.
  2. CPU: Supports SSE4.1, CPU yang lolos PassMark Single Thread Performance dengan skor mendekati atau lebih dari 1600 dan memiliki 2 physical core yang memiliki hyperthreading.
  3. GPU: Direct3D10 support, OpenGL 3.x support, GPU yang lolos PassMark G3D Mark dengan rating sekitar 3000 seperti GeForce GTX 750, dan 2GB Video Memory.
  4. RAM: 4GB

Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik PC dan Laptop

2. Spesifikasi Rekomendasi PS2 Laptop

Advertisements
  1. OS: Windows 10, Ubuntu 19.04/Debian, Arch Linux (semua 64 bit) atau versi yang lebih baru.
  2. CPU: Supports AVX2, CPU yang lolos PassMark Single Thread Performance dengan skor lebih dari 2100 dan memiliki 4 physical core yang memiliki dan/atau tidak memiliki hyperthreading.
  3. GPU: Direct3D11 support, OpenGL 4.5 support, GPU yang lolos PassMark G3D Mark dengan skor sekitar 6000 seperti GeForce GTX 1050 Ti dan 4GB Video Memory.

Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik PC dan Laptop

Setelah mengetahui informasi dasar spesifikasi PC dan laptop agar lancar bermain game PS2 dengan emulator, saya akan memberikan informasi dari topik utama pada artikel ini:

1. Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik di Laptop

Berikut adalah emulator PS2 di Laptop:

1. HPSX64

Emulator PS2 terbaik PC dan laptop pertama dalam daftar ini adalah hpsx64. Emulator ini dibuat oleh thegangster256.

Dimana saat ini proyek emulator miliknya masih tetap aktif dan di update untuk meningkatkan performa emulator PS2 ini.

Emulator PS2 hpsx64 dapat menjalan game-game populer, namun ada kemungkinan performa game-nya akan terasa lambat.

Selain menjalankan emulator PS2, hpsx64 juga dapat menjalankan emulator PS1 secara di aplikasi yang sama.

2. DobieStation

Selanjutnya ada emulator bernama DopieStation yang dibuat oleh PSI-Rockin. Emulator ini cukup populer dimana game PS2 dapat berjalan dengan akurat.

DobieStation lebih fokus pada performa dibandingkan kualitas grafis dimana apabila game mulai terasa lambat, maka emulator akan otomatis akan mengoptimalkan performanya.

Namun sangat disayangkan, emulator DobieStation tampaknya tidak ada update baru untuk meningkat emulator ini dari pengembangnya.

3. Play!

Kemudian ada emulator yang tidak kalah populer dengan DobieStation, yaitu Play! Emulator ini dibuat oleh banyak orang dan membentuk komunitas tim pengembangnya sendiri yang dipimpin oleh Jean-Philip Desjardin.

Emulator Play! dapat menjalankan banyak game populer PS2. Tim development juga aktif memberikan banyak informasi resmi mengenai update emulator buatan mereka secara detil.

4. PCSX2

Emulator game PS2 di PC dan laptop terbaik yang paling populer dan menjadi emulator PS2 pertama di dunia adalah PCSX2. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan emulator ini, bukan?

Emulator ini menghadirkan banyak fitur lengkap yang sangat membantu gamer untuk menjalankan game-game PS2 favorit mereka.

HPSX64

2. Rekomendasi Emulator PS2 di Android Terbaik

Setelah membahas emulator untuk bisa bermain game konsol PS2 di PC dan laptop, selanjutnya saya akan membagikan rekomendasi emulator PS2 Android terbaik untuk kalian.

Ada banyak sekali daftar nama emulator yang saya temukan di internet. Namun emulator yang benar-benar sangat direkomendasikan oleh gamer dan juga saya sendiri hanya ada beberapa saja.

Inilah rekomendasi emulator PS2 Android terbaik yang harus kalian coba:

1. Play!

Selain di PC dan laptop, emulator Play! juga tersedia untuk perangkat smartphone Android. Para tim pengembang dengan giat membuat emulator konsol PS2 agar bisa dimainkan dengan lancar untuk para gamer.

Hal ini bisa dilihat bagaimana mereka selalu memberikan update secara berkala untuk meningkat performa emularo Play!

2. AetherSX2

Dan emulator PS2 Android terbaik dan juga paling baru dalam aplikasi emulator ini adalah AetherSX2 buatan Tahlreth. Emulator ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kalian download di Google Play Store.

Saya sendiri sudah pernah mencoba emulator ini beberapa waktu yang lalu. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun para gamer sudah bisa mencoba langsung emulator tersebut dengan lancar.

Bahkan menurut saya pribadi emulator ini bekerja sangat baik, minim masalah dan tentu saja fitur settingan full yang bisa kalian dapatkan secara gratis jika dibandingkan dengan emulator PS2 Android lain yang sifatnya berbayar.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai emulator PS2 ringan dan terbaik 2022 di PC dan Android yang harus kamu coba. Bagaimana? apakah kamu tertarik dengan emulator yang telah kami rekomendasikan di atas?

Demikianlah artikel mengenai Emulator PS2 Ringan dan Terbaik di PC dan Android dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */