Fungsi dan Ukuran ID Card Dari Standar Internasional

Infokekinian.com – ID Card merupakan salah satu perlengkapan atau komponen yang tidak boleh di abaikan dalam kesekretariatan. Tapi, kamu tahu gak sih sebenarnya apa fungsi dan ukuran id card dari standar Internasional? Yuk, kita simak!

ID Card sendiri dapat menampilkan nama, nomor, dan jabatan seseorang. Selain itu, KTP berfungsi sebagai tanda pengenal mahasiswa, karyawan, mahasiswa, anggota suatu organisasi, dll.

Fungsi ID Card

Ukuran ID Card merupakan faktor penting dalam pembuatannya. Biasanya, fungsi dan ukuran ID Card bervariasi berdasarkan permintaan lembaga, instansi, atau individu pemesanan.

Meski demikian, ukuran ID Card juga diatur oleh aturan. Yang memiliki ukuran tertentu atau bisa disebut sebagai aturan baku.

Oleh karena itu, pembuatannya tidak bisa sembarangan. Jika ID Card diproduksi sembarangan, mungkin tidak cocok dengan kasing atau pasar.

Sebelum membahas ukuran ID Card, ada baiknya kita melihat dulu kegunaannya. Berikut ringkasannya:

Fungsi ID Card

Pengenal kecil yang dikenal dengan ID Card banyak digunakan di berbagai instansi, instansi, dan acara.

Meski sudah dikenal sejak lama, namun belakangan permintaan meningkat. Karena fungsinya penting untuk penyelesaian banyak tugas.

Fungsi KTP dapat dijelaskan lebih detail sebagai berikut:

  1. Tanda pengenal diri
  2. Bukti kepengurusaN
  3. Kepentingan komersial: kartu kredit atau debit, kartu keanggotaan pusat perbelanjaan, serta kartu dalam game.

Karena pentingnya fungsi dan ukuran ID Card, penggunaan ID Card menjadi sangat diperlukan. Tanpa KTP, mungkin sulit untuk mengidentifikasi atau menandai posisi organisasi.

Oleh karena itu, tidak heran jika dompet banyak orang berisi KTP dengan berbagai ukuran dan fungsi. Pada umumnya dompet berisi KTP (Kartu Identitas), kartu debit atau kredit, dan kartu SIM.

Biasanya, bahan tebal dan kaku seperti kertas atau karton digunakan dalam pembuatan KTP. Selain itu, sebagian besar KTP tahan air karena terbuat dari plastik. Dengan demikian, ID Card melayani tujuan yang lebih efisien.

Jenis Ukuran ID Card

ID Card berbeda-beda ukurannya berdasarkan tujuan dan jenisnya. Langkah ini tidak boleh diabaikan dan diabaikan. Karena tanpa KTP, suatu kegiatan menjadi kurang optimal.

Berikut adalah gambaran lengkap tentang berbagai jenis ID Card dengan berbagai ukuran:

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) adalah dokumen identitas terpenting sebagai warga negara Indonesia.

KTP telah diubah menjadi e-KTP yang berlaku seumur hidup. Nah, ukuran e-KTP ini sesuai dengan spesifikasi ISO 7810.

Dengan demikian, dimensinya memiliki panjang 85,60 mm dan lebar 53,98 mm. Berbeda dengan ukuran KTP sebelumnya yang diukur dalam piksel 1011 piksel dan 638 piksel.

2. Kartu yang dikeluarkan oleh organisasi untuk tujuan organisasi, seperti keanggotaan komite atau manajemen acara.

ID Card organisasi juga berfungsi sebagai nametag untuk pengurus atau panitia. Ukurannya sangat bervariasi. Dimensi yang paling umum adalah 97,00 mm x 137,00 mm.

3. Namun, ada juga ID Card organisasi yang berukuran 95 x 12 mm atau 58 x 86 mm. Menggunakan standar penomoran seperti B1 dengan ukuran panjang 102 mm x 65 mm, B2 dengan ukuran 126 mm x 79 mm, B3 dengan ukuran 126 mm x 95 mm, dan B4 dengan ukuran 155 mm x 106 mm. alternatif lain.

Selain itu, ada dua ukuran ID Card berdasarkan orientasi lanskap: A1 (100 mm x 68 mm) dan A2 (106 mm x 82 mm).

Ukuran ID Card Pada Kartu Nama

Ukuran ID Card Pada Kartu Nama

Kartu nama adalah bentuk identifikasi untuk kartu ID lunak. Biasanya, kartu nama berisi rincian tentang identitas dan pekerjaan individu.

Biasanya, kartu nama digunakan untuk memulai pertemuan bisnis. Dengan demikian, membangun komunikasi dan hubungan itu sederhana.

Hal ini dikarenakan pencantuman alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Tidak semua orang menggunakan ID Card yang berbentuk seperti kartu nama.

Biasanya, ini digunakan oleh CEO, manajer, dan direktur perusahaan. Ya, meskipun orang biasa dan kru lainnya juga bisa memilikinya.

Namun, kartu nama terutama ditujukan untuk individu yang sudah memegang posisi penting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kesan profesional baik dalam pertemuan formal maupun informal.

Sebagai seorang profesional, kamu harus mengetahui ukuran yang sesuai untuk kartu nama kamu. Oleh karena itu, artikel ini menjelaskan tentang ukuran standar kartu nama yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Nah, ukuran standar ID card kartu nama adalah 90 mm x 55 mm, tapi bisa juga 80 mm x 53 mm. Kartu didesain dengan ukuran piksel 1063 x 650 sehingga dapat disesuaikan hingga 300 dpi sebelum dicetak.

Ukuran ID Card Standar Internasional

Selanjutnya, biasakan diri kamu dengan spesifikasi ukuran ID Card global (global). ISO mengatur standar global untuk ID Card (Organisasi Internasional untuk Standar). ISO adalah organisasi yang bertanggung jawab atas regulasi standardisasi ID Card.

Dalam regulasi ISO, ukuran ID Card disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai ukuran kertas. Selain itu, proses pencetakan disederhanakan. Ini karena standar mesin printer yang berbeda mengatur ukuran area kertas yang dapat dicetak.

Ukuran ID Card 4 atau ID Card 000 atau CR80

Ukuran ini merupakan standar ISO terkecil, dengan dimensi 15 mm x 25 mm, atau 1,5 cm x 2,5 cm jika dikonversi ke sentimeter. Ini adalah ukuran ID Card terkecil, dan salah satu sudutnya dipangkas 3 milimeter.

Biasanya, langkah keamanan ini diterapkan selama produksi kartu seluler dan identitas berbasis data digital. Ukuran ini menyerupai kartu SIM yang digunakan di ponsel.

Ukuran ID Card 1

Perlu kamu ketahui bahwa ID card ukuran 1 adalah yang paling umum digunakan. Berapa ukuran standar untuk kartu identitas? Ini berfungsi sebagai KTP, SIM (SIM), kartu debit dan kredit, dan BPJS Kesehatan.

Dimensi ID Card 1 juga dapat digunakan sebagai ukuran untuk identifikasi organisasi atau name tag.

Selain itu, banyak digunakan di KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Ukuran ID Card 1 adalah 85,60 mm x 53,98 mm. Harap ukur kartu ID kamu untuk menentukan apakah ukuran yang ditunjukkan sesuai.

Ukuran ID Card 2

Selain itu, ada ID Card 2, yang populer hanya di beberapa negara. Saat ini, banyak negara mulai meninggalkan praktik ini. Pasalnya, setelah digunakan, ukuran ID Card ini sudah tidak layak lagi untuk disimpan.

Dimensi ID Card ini adalah 105 mm x 74 mm, atau 10,4 cm x 7,4 cm. Luksemburg, Jerman, dan Kroasia adalah satu-satunya negara yang menggunakan ukuran ID Card 2 standar.

Ukuran ID Card 3

Di banyak negara, ID Card 3 berfungsi sebagai patokan untuk visa dan paspor. Dimensinya adalah 12,5 cm x 8,8 cm. Namun, ukuran ini sering dianggap terlalu besar untuk penyimpanan dompet, sehingga tidak praktis.

Ukuran ID Card Standar Berbagai Negara

Ukuran ID default bervariasi dari satu negara ke negara lain. Selain itu, karakteristiknya berbeda. Karena kartu identitas menunjukkan profesionalisme dan hubungan komunikasi, mereka mematuhi standar ISO.

Termasuk desain dan bahan yang digunakan untuk membuat KTP. Penting untuk memperhatikan ukuran kartu nama berdasarkan ukuran kartu.

Meski demikian, setiap negara memiliki pedoman tersendiri dalam pembuatan KTP. Seperti di Indonesia dan negara-negara Eropa. Ada perbedaan dalam ukuran kartu kartu standar.

Dimensi ID Card yang diterbitkan di Asia, termasuk Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan China, adalah 90 mm x 54 mm.

Sebaliknya, panjang di negara-negara Eropa adalah 85 mm dan lebarnya adalah 55 mm. Sementara ukuran standar kartu nama di India, Kolombia, Taiwan, Norwegia, Selandia Baru, Vietnam, dll adalah 90 mm x 55 mm, hal ini juga berlaku untuk negara lain.

Dimensinya berbeda dari ID Card Jepang standar, berukuran 91 mm kali 55 mm. Dimensi untuk negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Belanda adalah 89 mm kali 51 mm.

Ukuran KTP di Republik Ceko dan Hongaria juga berbeda, dengan dimensi 90 mm kali 50 mm. Di Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol, dimensi kartu nama adalah 85 mm kali 55 mm.

Komponen dalam ID Card

Komponen dalam ID CardKomponen dalam ID Card

Selain ukuran ID Card, ada elemen tambahan yang perlu diperhatikan. Nah, informasi yang harus dicantumkan pada KTP adalah nama pemilik, alamat, informasi kontak, dan judul kartu.

kamu dapat mempercayakan masalah desain kepada pembuat ID Card profesional. Sementara ukuran standar di Indonesia adalah panjang 90 mm dan lebar 55 mm, dimensi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus.

Dimensi standar untuk versi cetak Indonesia adalah 88 mm kali 53 mm. Namun, kamu juga dapat menentukan standar yang berlaku. Kamu dapat menyesuaikan versi cetak atau SNI sesuai dengan kebutuhan kamu.

Membuat ID Card Menggunakan Photoshop

Silakan gunakan PhotoShop jika kamu ingin membuat kartu nama atau kartu identitas kamu sendiri. Melalui aplikasi desain grafis, ukuran ID Card juga dapat diubah. Menguasai aplikasi atau software diperlukan untuk hasil yang optimal. Memanfaatkan ukuran ID Card yang diterima secara internasional (ISO).

Jadi, bagaimana kamu menyesuaikan ukuran kartu ID di Photoshop? Mari kita bahas lebih lanjut:

  1. Luncurkan aplikasi Photoshop yang awalnya diinstal di komputer kamu.
  2. Buat lembar kerja baru berikutnya. Silakan gunakan shortcut CTRL + N untuk bergerak lebih cepat. Sebagai alternatif, kamu dapat memilih bilah menu dan klik “File” dan “New” di sudut kiri atas.
  3. Jika jendela baru muncul, sesuaikan pengaturan Lebar dan Tinggi dengan spesifikasi kamu. Sesuai dengan norma. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan panjang dan lebar KTP.
  4. Untuk membuat ID Card, silahkan drag foto yang dipilih ke lembar kerja kemudian print.

Peralatan Untuk Membuat ID Card

Untuk membuat ID Card, kamu memerlukan komputer, kamera, printer ID Card, mesin plong, mesin laminating, tali, pembuat Card Hold, dan fiber ID Card. Kamera merupakan komponen penting dalam proses pembuatan KTP.

Kamera saku atau DSLR dapat digunakan sebagai kamera. Dengan menggunakan kamera, gambar ID Card akan terlihat lebih jelas.

Tambahkan tripod, latar belakang, dan lampu kilat untuk meningkatkan kinerja kamera kamu. Selain itu, kamu dapat mengedit menggunakan komputer atau laptop.

Silakan gunakan Adobe Photoshop untuk memproses tata letak ID Card. Selama proses pencetakan, printer ID Card dapat digunakan.

Berbeda dengan printer pada umumnya, printer yang digunakan haruslah yang berspesialisasi dalam mencetak format digital.

Meskipun printer inkjet dapat digunakan, kualitas dan ketajaman gambarnya terbatas. Tambahkan ID card plastik PVC yang telah dilaminasi untuk tingkat kesempurnaan yang lebih tinggi.

Ada tiga jenis mesin laminasi. Awalnya, kartu ID dan kartu ID laminasi, kertas 450 mm, dan kartu A3. Sistem pemanas dari sistem laminasi memiliki dua tombol dan laju pemanasan yang cepat.

Sedangkan Mica Heating lebih konsisten dalam hal pemanasan. Setelah ID Card diproses oleh mesin laminating, mesin punch atau alat plong dapat digunakan.

Alat ini beroperasi secara manual tanpa menggunakan generator listrik. Perangkat ini dapat memotong ID card berukuran 54 mm kali 86 mm.

Silakan gunakan pembuat lubang jika ID Card membutuhkan lubang. Alat musik ini dijual dengan dua lubang, baik oval maupun bulat.

Ya, bahan PVC yang digunakan untuk membuat ID Card tersedia dalam tiga warna: emas, perak, dan putih polos.

Bahan PVC ID Card terdiri dari tiga lapis berupa wadah untuk menempel antar lapis, dua lapis plastik transparan untuk media cetak.

Untuk mempercantik tampilannya, gunakan dudukan ID Card agar tidak mudah lepas. Tambahkan tali gantung untuk kenyamanan.

Manfaat ID Card

Manfaat ID Card

KTP tidak hanya menjadi kebutuhan perusahaan, tetapi juga memberikan banyak keuntungan. Termasuk di antaranya:

  1. Terkesan rapi dan formal mereka yang menggunakan identitas itu.
  2. Membedakan antara karyawan dan non karyawan untuk menjaga keamanan dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan.
  3. Dapat membantu karyawan dan direktur serta menentukan dengan pasti divisi dan nama mana yang terkait. Akan lebih mudah jika kartu ID masing-masing divisi berwarna berbeda.
  4. Saat karyawan mengunjungi perusahaan lain, ID Card juga dapat berfungsi sebagai alat promosi atau branding. Dengan menggunakan ID, mudah bagi seseorang atau perusahaan lain untuk mengidentifikasi bisnis kamu.
  5. Kartu ID juga merupakan aplikasi untuk kontrol akses. Dimana hanya karyawan yang memiliki akses ke kantor.
  6. Biasanya, direktur eksekutif dan manajer perusahaan adalah satu-satunya individu penting yang menggunakan ID Card. Awak kapal dan staf juga boleh mengenakan seragam.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi dan ukuran id card dari standar Internasional yang bisa kamu ketahui juga manfaatnya, sehingga akan mempermudah jika kamu ingin membuat id card.

Karena dengan adanya ID Card, maka akan terciptanya kesan profesional disetiap pertemuan-pertemuan dengan perusahaan lain.

Demikianlah artikel mengenai Fungsi dan Ukuran ID Card Dari Standar Internasional dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */