Cara Menghilangkan Ketiak Basah Dan Bau Badan

Infokekinian.com – Bagi seorang aktivis, ketiak basah merupakan hal yang mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Tapi kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kami akan membagikan cara menghilangkan ketiak basah dan juga bau.

Sebenarnya, memiliki ketiak yang basah bukanlah masalah yang harus dianggap serius. Namun, itu bisa menarik perhatian karena dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan menghasilkan bau ketiak yang tidak menyenangkan, yang dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dalam situasi sosial.

Kenapa Ketiak Bisa Basah

Tapi kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti cara alami atau pun dengan bantuan medis, sebelum itu yuk kita simak penyebab ketiak bisa basah.

Kenapa Ketiak Bisa Basah?

Ketahuilah bahwa produksi keringat berlebihan di tempat lembab seperti ketiak dapat menyebabkan ketiak basah. Walaupun, tubuh secara alami mengatur suhu tubuh dengan berkeringat.

Dengan menguap ke permukaan kulit, keringat dapat membantu mendinginkan tubuh yang panas. Lalu mengapa keringat lebih sering ditemukan di daerah ketiak?

Ini karena kelenjar apokrin di ketiak sangat baik dalam menghasilkan keringat. Keringat di area ketiak berwarna kekuningan karena mengandung protein dan asam lemak.

Bau tak sedap mulai keluar sebagai hasil metabolisme bakteri terhadap protein dan asam lemak tersebut.

Penyebab Ketiak Basah

Penyebab Ketiak Basah

Berikut adalah beberapa penyebab dari ketiak basah:

Mengenakan Pakaian yang Tidak Menyerap Keringat

Mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap keringat dapat menyebabkan ketiak basah dan tidak nyaman.

Misalnya, pakaian yang terbuat dari akrilik atau poliester yang membuat keringat tidak menguap.

Terlalu Banyak Beraktivitas

Banyak aktivitas fisik yang dapat menyebabkan keringat berlebih. Nah, karena keringat bercampur dengan terlalu banyak bakteri dan tidak segera ditangani, inilah penyebab ketiak bau dan basah.

Cuaca di daerah kamu memiliki pengaruh juga, selain dari bahan pakaian dan aktivitas yang berlebihan!

Kamu akan lebih rentan memiliki ketiak yang basah dan berbau jika kamu tinggal di lingkungan yang hangat, seperti dekat laut atau di lingkungan perkotaan.

Mengonsumsi yang Masih Panas

Penyebab ketiak bau dan basah juga bisa dipengaruhi oleh masalah makanan, lho Sobat Kekinian. Karena produksi keringat kamu meningkat saat kamu makan makanan yang masih panas.

Makanan Berminyak dan Berlemak

Hayo, siapa yang suka makan makanan berlemak dan berminyak? Meskipun rasanya yang enak, mereka secara signifikan berperan pada bau yang berasal dari tubuh kita!

Makanan yang Pedas

Makanan yang Pedas

Makan makanan pedas dapat meningkatkan produksi keringat, karena komponen pada zat capsaicin dalam cabai mempengaruhi otak. Sehingga zat kimia ini memicu keringat menjadi lebih banyak.

Mengkonsumsi Alkohol

Penggunaan alkohol tidak hanya merugikan organ dalam kita, tetapi juga membuat ketiak kita bau dan basah.

Karena minum alkohol menyebabkan pembuluh darah tubuh melebar dan suhunya naik. Akibatnya, otak akan memberi sinyal keringat berlebih untuk mendinginkan tubuh.

Merokok

Merokok juga berperan penting yang dapat menyebabkan bau ketiak dan basah. Soalnya, merokok dapat meningkatkan suhu tubuh, tekanan darah, dan detak jantung, yang juga menyebabkan lebih banyak keringat yang dihasilkan.

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Alasan utama ketiak basah biasanya adalah keringat yang terlalu aktif. Deodoran biasanya digunakan untuk mencegah ketiak basah, meskipun bagi orang-orang tertentu cara ini tidak selalu efektif.

Tapi kamu bisa melakukan 8 cara untuk mengatasi ketiak basah, antara lain:

1. Gunakan Deodoran dengan Kandungan Antiperspirant

Memanfaatkan deodoran dengan antiperspirant adalah langkah awal dalam merawat ketiak basah.

Deodoran dan antiperspiran memiliki tujuan yang berbeda, meskipun awalnya ada kesalahpahaman diantara banyak orang yang mengira deodoran dan antiperspirant adalah sama.

Deodoran tidak berhenti berkeringat; itu hanya dapat menghentikan mikroorganisme yang dapat menghasilkan bau keringat agar tidak tumbuh.

Deodoran ini hanya bekerja sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan bau badan, tapi tidak bisa mencegah produksi keringat yang berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk deodoran dengan zat antiperspirant untuk menghindari ketiak basah dan bau.

2. Kenakan Pakaian Saat Tubuh Kering

Pakaian yang tidak tepat dan penggunaan antiperspiran yang tidak tepat dapat menyebabkan keringat berlebih di bawah lengan.

Memastikan tubuh kamu benar-benar kering sebelum menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian adalah salah satu pendekatan untuk menghilangkan ketiak basah.

Antiperspiran tidak akan berfungsi dengan baik jika diterapkan pada ketiak yang basah atau tidak bersih.

3. Pilih Pakaian yang Tepat

Pilih Pakaian yang Tepat

Jenis pakaian yang kamu kenakan tentu akan berdampak pada seberapa banyak keringat yang dihasilkan di ketiak kamu.

Pakaian yang terlalu ketat, terutama di sekitar area ketiak, dapat menyebabkan keringat berlebih.

Mengenakan pakaian yang lebih lembut dan longgar yang memungkinkan kulit kamu bernapas dan mengurangi produksi keringat adalah pendekatan terbaik untuk mencegah ketiak basah.

Harap diingat bahwa pakaian yang terlalu ketat di ketiak dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ketiak menjadi gelap. Jadi, pilihlah pakaian yang nyaman untuk ketiak kamu sebanyak mungkin.

4. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Keringat

Ternyata salah satu pemicu ketiak basah dan bau juga bisa dari makanan. Oleh karena itu, menghindari makanan yang dapat menyebabkan terciptanya keringat berlebih.

Makanan yang banyak mengandung lemak, sodium, dan serat adalah contoh makanan yang bisa membuat kamu berkeringat lebih banyak dari biasanya.

Lebih khusus lagi, makanan olahan, minuman beralkohol, bawang putih dan bawang merah, kafein, es krim, makanan panas, dan makanan pedas harus dihindari untuk mencegah ketiak basah.

5. Konsumsi Makanan yang Menurunkan Produksi Keringat

Ada jenis makanan tertentu yang dipercaya bisa menghambat produksi keringat. Konsumsi makanan seperti ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan ketiak yang basah.

Jenis makanan terbaik adalah yang tidak membebani sistem pencernaan secara berlebihan dan yang dapat menenangkan sistem saraf.

Pisang, makanan kaya kalsium, almond, air mineral, teh hijau, ubi jalar, serta buah dan sayuran kaya air adalah contoh makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi produksi keringat.

6. Cukur Bulu Ketiak Secara Rutin

Keringat berlebihan juga dapat disebabkan oleh adanya bulu ketiak yang terlalu tebal. Keberadaan bulu ketiak ini tidak hanya menyebabkan keringat yang keluar, tetapi juga menghambat efektivitas antiperspirant kamu.

Mencukur bulu ketiak secara teratur akan membantu kamu menghindari ketiak basah. Perhatikan baik-baik cara mencukur bulu ketiak dengan benar juga untuk mencegah iritasi.

Ketiak gelap juga bisa disebabkan oleh iritasi akibat mencukur ketiak, seperti halnya dengan pakaian ketat.

7. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Memastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik adalah cara lain untuk mencegah ketiak kamu menjadi basah.

Ketika tubuh cukup terhidrasi, ia dapat mengatur suhunya sendiri dan menjaga agar tidak terlalu panas.

Kelenjar keringat akan membuat lebih banyak keringat jika suhu tubuh dibiarkan naik dan menjadi hangat.

Seperti yang telah disebutkan, makanan yang dapat membantu menurunkan produksi keringat antara lain adalah air putih dan makanan dengan kadar air yang tinggi.

Hal ini dikarenakan salah satu teknik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan minum air putih yang cukup.

8. Jangan panik

Kamu mungkin merasa cemas dan stres jika memiliki masalah ketiak basah, tetapi kamu harus berusaha menghindari komdisi ini.

Tubuh kamu sebenarnya menghasilkan lebih banyak keringat saat kamu cemas, stres, atau panik. Jika kamu menemukan hal serupa, berusahalah untuk tetap tenang.

Pelajari cara bersantai dan mengelola ketegangan untuk membantu kamu mengendalikan situasi.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apakah Bau Ketiak bisa Menular?

Jawabannya adalah tidak. Bau ketiak atau bau badan dapat dipastikan tidak dapat menular.

Berapa Lama Penggunaan Tawas untuk Ketiak?

Biasanya penggunaan tawa pada ketiak dapat efektif selama 24 jam.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan ketiak basah yang bisa kamu coba di rumah dengan beberapa cara yang telah kami tuliskan di atas.

Tetapi yang perlu di ingat adalah jika ketiak badah yang terasa sangat mengganggu, maka sebaiknya periksa ke dokter supaya dapat penanganan yang tepat. Sehingga keluhan seperti ini tidak akan mengganggu aktivitasmu.

Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan ketiak basah dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */