Laptop Cepat Panas dan Berlebih: Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai Laptop cepat panas dan berlebih: berikut adalah penyebab dan cara mengatasinya. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Saat kami menggunakan laptop untuk bisnis, pengeditan video, atau game, terkadang laptop menghasilkan terlalu banyak panas atau terlalu panas.

Kemungkinan jika ini tidak segera diperbaiki, kinerja umum laptop akan menurun. Putaran kipas laptop menjadi kencang, menandakan laptop kepanasan.

Penyebab Laptop Cepat Panas

Selain itu, kebanyakan laptop memiliki sensor suhu yang akan mematikan komputer ketika mencapai suhu tertentu. Hal ini dilakukan untuk melindungi laptop dari kemungkinan kerusakan.

Untuk itu, kami mengumpulkan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang panas tersebut, diantaranya:

7 Penyebab Laptop Cepat Panas

Berikut adalah 7 penyebab laptop menjadi lebih cepat panas:

1. Lamanya Penggunaan Laptop

Penyebab laptop menjadi cepat panas yang pertama adalah lamanya penggunaan laptop. Laptop yang digunakan terus menerus otomatis akan cepat panas karena bekerja tanpa henti.

Apalagi laptop tersebut digunakan untuk bermain game atau rendering video, tentu laptop akan bekerja lebih ekstra dan suhu panas akan meningkat.

Cara mengatasinya adalah dengan memperhatikan penggunaan laptop. Istirahatkan laptop kamu jika memang tidak dibutuhkan.

Jika memang digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka gunakanlah cooling pad untuk meminimalisir panas yang dihasilkan oleh laptop.

2. Sirkulasi Laptop Terhambat

Sirkulasi udara pada bagian laptop yang terhambat juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop cepat panas. ubang-lubang yang menjadi tempat keluar-masuknya udara.

Sirkulasi ini berfungsi sebagai jalan keluarnya suhu panas yang dihasilkan oleh prosesor laptop lalu dikeluarkan oleh kipas yang terdapat di dalamnya.

Lama kelamaan sirkulasi ini akan tertutup oleh debu dan kotoran sehingga akan tersumbat dan suhu panas pada laptop tidak bisa dikeluarkan dengan baik.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan ventilasi pada laptop agar debu dan kotoran yang menempel tidak menumpuk dan menghalangi keluarnya udara panas.

3. Kipas Laptop Mati

Penyebab laptop cepat panas yang ketiga adalah kipas laptop yang mati. Perlu diketahui bahwa sistem pendinginan pada laptop merupakan salah satu hal yang penting.

Jika sistem pendingin tersebut bermasalah tentu menyebabkan laptop akan cepat panas bahkan laptop.

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada sistem pendingin laptop adalah kipas laptop yang mati. Hal tersebut bisa saja terjadi karena usianya yang sudah tua atau ada bagian komponen yang rusak atau putus seperti kabel atau kapasitor.

Untuk mengecek apakah kipas laptop hidup atau mati adalah dengan cara merasakan udara yang keluar melalui ventilasi laptop.

Jika tidak adanya udara yang keluar maka dapat dipastikan bahwa kipas laptop mati, namun kamu perlu memeriksanya lebih rinci lagi.

Ada cara lain untuk memastikannya yaitu dengan melakukan monitoring suhu dengan aplikasi tambahan.

Kamu bisa mengecek suhu kipas pada laptop kamu dengan aplikasi tersebut dan melihat apakah suhu laptop kamu masih dalam batas normal atau tidak.

Untuk mengatasi hal ini kamu perlu membongkar dan memperbaiki kipas internal laptop tersebut agar sistem pendinginan kembali berjalan normal dan laptop tidak cepat panas.

4. Kipas Laptop Berdebu

Kipas laptop lama-kelamaan akan berdebu, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dari kipas yang berfungsi sebagai pendingin yang akan membuang panas yang dihasilkan oleh laptop.

Apalagi jika laptop digunakan terus menerus maka akan semakin banyak debu yang menempel. Bisa juga karena laptop tidak pernah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

kamu perlu rutin membersihkan kipas laptop agar dapat bekerja maksimal. Serta jangan pernah membiarkan laptop mati dalam jangka waktu yang lama agar debu tidak mudah menempel pada kipas laptop.

5. Thermal Paste Laptop Sudah Mengering

Thermal paste merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan sebagai pasta penghubung antara heatsink dan processor atau bisa juga sumber panas lainnya seperti perangkat semikonduktor daya tinggi.

Thermal paste berfungsi sebagai penghilang ruang udara untuk memaksimalkan perpindahan atau pembuangan panas yang terjadi.

Seiring dengan lamanya penggunaan laptop, tentu thermal paste ini lama kelamaan akan mengering sehingga proses perpindahan panas yang terjadi akan terhambat.

Umumnya penggantian thermal paste ini berkisar 3-4 tahun. Untuk mengatasinya adalah kamu perlu mengganti thermal paste tersebut agar panas yang dihantarkan dapat maksimal.

6. Peletakan Laptop yang Salah

Banyak orang yang tidak tau bahwa meletakkan laptop yang salah dapat menjadi penyebab laptop cepat panas.

Peletakan laptop yang salah dapat menghambat ventilasi laptop apalagi diletakan di atas bahan atau kain tentu akan meningkatkan suhu pada laptop.

Hindari meletakkan laptop yang salah apalagi diatas bahan seperti kasur atau kursi. Gunakan cooling pad agar lebih maksimal dalam hal pembuangan panas.

Peletakan laptop yang salah, contohnya seperti tertindih dengan benda-benda lain, bisa juga menjadi penyebab engsel laptop rusak.

7. Memori Laptop Penuh

Memori laptop yang penuh juga memungkinkan laptop cepat panas. Apalagi hanya menggunakan satu penyimpanan dan berjenis hardisk. Tentu, hal tersebut akan membuat laptop lemot dan cepat panas.

Untuk mengatasinya kamu bisa menambah kapasitas memori baik memori RAM atau ROM. Biasanya terdapat slot untuk menambahkan memori ini.

kamu juga bisa menyimpan sebagian data kamu pada penyimpanan eksternal atau juga bisa disimpan pada cloud storage yang akan jauh lebih aman seperti Google Drive misalnya.

Lamanya Penggunaan Laptop

7 Cara Mudah Mengatasi Panas Berlebih Pada Laptop

Berikut adalah cara mudah mengatasi panas berlebihan:

1. Menambah Kipas Pendingin Tambahan

Ini merupakan langkah yang paling mudah untuk kita lakukan untuk mengurangi suhu laptop yang panas.

Kita bisa membeli kipas pendingin tambahan di toko komputer terdekat, namun bila cukup kreatif, kita bahkan bisa membuatnya sendiri.

2. Memperbaiki Sirkulasi Udara Laptop

Pada umumnya, sirkulasi udara pada laptop mengambil udara dari bawah lalu membuangnya ke samping atau ke belakang laptop.

Untuk itu, setidaknya beri jarak setidaknya 2-3cm agar sirkulasi udara pada laptop mengalir dengan optimal dan tidak panas. Langkah ini memang terkesan remeh, namun memiliki hasil yang lumayan loh.

3. Cek Pengaturan Kipas Pada Laptop

Pengaturan kipas pada laptop ini terletak di dalam BIOS, dan hanya bisa diakses ketika kita menyalakan laptop pertama kali.

Beberapa tipe laptop menyediakan fitur Performance dan Silent, dan settingan tersebut tidak akan berubah secara otomatis.

Bila tidak ada pengaturan tersebut, pastikan bahwa Fan Always On selalu dalam kondisi Enabled yah, biar laptop-mu tidak panas.

4. Mengganti Kipas Laptop Yang Lemah Atau Rusak

Masalah lain seperti kipas yang memang sudah lemah atau bahkan rusak juga mungkin saja terjadi. Namun, bila sudah mencoba cara sebelumnya namun suhu laptop tidak kunjung turun, berarti memang ada permasalahan di bagian kipas laptop. Solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti kipas laptop tersebut.

5. Mengganti Thermal Paste

Thermal Paste berfungsi untuk mengantarkan panas dari processor ke heatsink yang kemudian akan didinginkan oleh kipas laptop.

Bila Thermal Paste sudah lama tidak diganti, hal ini langsung berefek pada pengantaran panas sehingga pendinginan tidak akan efisien.

Untuk mengganti Thermal Paste, sangat disarankan untuk membawanya ke toko komputer terdekat.

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Percaya atau tidak, banyaknya aplikasi yang kita gunakan secara bersamaan juga mempengaruhi suhu laptop. Terlebih bila menggunakan aplikasi yang berat.

Dalam keadaan seperti ini, prosesor laptop akan bekerja keras sehingga pendinginan sangat mungkin akan berkurang keefektifannya.

7. Pantau Suhu Laptop Dengan Bantuan Aplikasi

Aplikasi seperti HwInfo, SpeedFan, Speecy, dan sejenisnya mampu menampilkan suhu laptop secara real-time. Dengan aplikasi tersebut, kita dapat memantau dan memperhatikan kapan suhu prosesor naik.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi Laptop yang cepat panas dan bahkan berlebihan.

Jika laptop cepat panas dan berlebih, kamu bisa mengikuti cara mengatasi yang telah kami berikan.

Demikianlah artikel mengenai Laptop Cepat Panas dan Berlebih: Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengatasinya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.