Mengenal Macam-Macam Alat Musik, Paling Lengkap!

InfoKekinian.com – Setelah kamu mengenal alat musik tradisional, saat ini kami juga akan mengajak kamu untuk mengenal macam-macam alat musik berdasarkan fungsi, sumber bunyi, dan juga cara memainkannya.

Alat musik adalah instrumen yang dibuat atau diubah dengan tujuan menghasilkan suara dan musik.

Macam-Macam Alat Musik (2)

Namun, alat musik pada dasarnya adalah benda apa pun yang dapat mengeluarkan suara dan dimanipulasi serta diatur oleh pemainnya.

Instrumen ini ditujukan untuk instrumen yang mengeluarkan suara dengan sengaja untuk menciptakan musik.

Kini di Indonesia, berbagai macam alat musik dapat ditemukan di seluruh penjuru tanah air. Di Indonesia, alat musik tradisional hidup berdampingan dengan alat musik modern.

Jenis alat musik ini biasanya dikategorikan ke dalam berbagai pengelompokan. Sumber suara, cara memainkannya, dan fungsinya adalah di antaranya.

Ada begitu banyak alat musik yang namanya sangat beragam karena disesuaikan dengan geografi dan budaya masing-masing, maka hal ini terjadi.

Ada banyak cara untuk memainkan alat musik agar menghasilkan bunyi atau bunyi yang indah dan hal ini terdiri dari alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan, digesek, dipetik, dll.

Untuk mengenal macam-macam alat musik lebih lanjut, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Macam-Macam Alat Musik

Indonesia memiliki budaya yang beragam dan cukup khas, sehingga akan sangat disayangkan jika kamu tidak mengenalnya.

Peradaban yang ada menghasilkan seni yang dapat diapresiasi oleh masyarakat. Salah satunya adalah musik sebagai bentuk seni.

Musik yang begitu indah dan enak didengar dihasilkan oleh alat musik yang dirancang untuk menghasilkan musik. Secara umum, alat musik dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik ini dibagi menjadi lima jenis antara lain sebagai berikut:

Alat Musik Sentuh atau Tekan

Alat musik sentuh atau tekan adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan atau disentuh. Menyentuh atau menekan instrumen ini akan menghasilkan suara yang berirama.

Secara umum, bentuk alat musik ini dapat dibagi menjadi dua kategori seperti instrumen sentuh atau tekan manusia, dan instrumen elektronik.

Salah satu perbedaan antara keduanya adalah alat yang disentuh atau ditekan dan banyaknya efek suara yang dimainkan.

Biasanya, instrumen ini dilakukan selama acara besar atau pertunjukan. Instrumen sentuh atau tekan semacam ini antara lain organ, keyboard, dan piano.

Alat Musik Pukul

Alat musik perkusi adalah sejenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya, bentuk alat musik ini dimainkan dengan tangan atau benda pengganti lainnya, seperti stik atau tongkat.

Jenis alat musik ini biasanya tidak memiliki tangga nada dan kunci individu, karena nada yang dipakai hanya bersifat sebagai pelengkap saja.

Alat musik ini biasanya dimainkan pada awal pertunjukan, setelah iringan alat musik lain mencapai nada yang tepat. Agar seluruh iringan dapat terdengar selaras, hal ini dilakukan.

Kategori alat musik perkusi ini terdiri dari dua subkategori, yaitu alat musik perkusi dengan nada dan tanpa nada.

Instrumen gamelan, arumba, kulintang, calung, bellira, vibraphone, gambang, dan glockenspiel adalah contoh instrumen perkusi yang memanfaatkan nada.

Sedangkan alat musik perkusi yang tidak menggunakan nada antara lain rebana, gendang, rebana, ketipung, segitiga, simbal, kastanyet, timpani, gong, gendang, dan pauken.

Alat Musik Tiup

Alat musik tiup adalah sejenis alat musik yang dimainkan melalui penggunaan tekanan udara. Alat musik semacam ini memiliki lubang penghasil suara di setiap nada. Agar instrumen mengeluarkan suara yang berbeda.

Cara meniup alat musik ini tidak boleh dilakukan sembarangan, karena ada hukum dan strategi khusus untuk menghasilkan suara yang enak didengar.

Tekniknya adalah meniup tipis, sedang, dan sekeras mungkin. Ada banyak jenis alat musik tiup, antara lain tuba, harmonika, basson, flute, recorder, flute, horn, pianika, klarinet, terompet, dan saksofon.

Alat Musik Gesek

Alat musik gesek adalah salah satu bentuk alat musik yang dawainya digesek untuk menghasilkan instrumen.

Gaya alat musik gesek ini biasanya digunakan di teater, opera, Broadway, dll. Mirip dengan jenis alat musik perkusi, bentuk alat musik gesek ini berfungsi sebagai pengiring.

Cara memainkan alat musik ini tidak boleh dianggap enteng, karena ada berbagai keterampilan khusus yang terlibat, serta kebutuhan untuk memasukkan emosi seseorang.

Contoh alat musik gesek antara lain cello, biola, viola, biola, biola, dan contrabass.

Alat Musik Petik

Alat musik petik adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Jenis alat musik ini biasanya merupakan instrumen utama dalam sebuah karya musik atau lagu. Penggemar alat musik gesek cukup banyak.

Meskipun alat musik ini cukup sulit untuk dimainkan dan dipahami, banyak orang yang mengapresiasi gaya alat musik ini.

Kesulitan alat musik gesek ditentukan oleh kunci nada. Bass, klarinet, banjo, gitar, kecapi, ukulele, sasando, sitar, mandolin, harpa, antara lain adalah contoh alat musik gesek.

2. Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya
Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik ini dikategorikan ke dalam lima jenis sebagai berikut:

Alat Musik Electrophone

Alat musik elektrofon adalah salah satu bentuk alat musik yang sumber bunyinya berasal dari rangkaian listrik yang sudah ada di dalam alat musik tersebut.

Gitar elektrik, keyboard, bas elektrik, dan organ elektrik adalah contoh alat musik elektrofon.

Alat Musik Aerophone

Aerophone adalah sejenis alat musik yang sumber bunyinya adalah udara yang digetarkan akibat ditiup atau dipompa.

Jenis alat musik ini antara lain seruling, melodeon, seruling, perekam, klarinet, tuba, saksofon, dan klakson.

Horn adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Sebaliknya, akordeon adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipompa.

Alat Musik Membranophone

Membranophones adalah bentuk alat musik yang suaranya dihasilkan oleh getaran membran tipis yang terbuat dari plastik atau kulit.

Kategori alat musik ini meliputi gendang, rebana, bongon, rebana, gendang, konga, ketipung, dan timpani.

Alat Musik Idiophone

Idiophone adalah sejenis alat musik yang suaranya berasal dari batangan logam atau kayu.

Alat musik ini jika dipukul akan mengeluarkan bunyi yang sebanding dengan suara calung, kulintang, bellyra, angklung, dan ensambel gamelan.

Alat Musik Chordophone

Chordophone adalah alat musik gesek yang suaranya dihasilkan dengan memetik, menekan, dan menggesekkan urutan string.

Jenis instrumen ini sebanding dengan mandolin, gitar, sitar, ukulele, harpa, banjo, biola, kecapi, biola, bas, cello, biola, bas ganda, dan akustik piano.

3. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
Alat musik ini dikategorikan menjadi tiga jenis menurut sumber bunyinya, antara lain:

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah sejenis alat musik yang apabila dimainkan akan menghasilkan irama atau ritme. Alat musik tersebut antara lain bongo, ketipung, gendang, konga, drum, dll.

Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah salah satu jenis alat musik yang jika dimainkan akan menghasilkan nada akord. Piano, organ, gitar, dan keyboard adalah contoh alat musik semacam ini.

Alat Musik Melodis

Alat musik harmonik adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki fungsi menghasilkan melodi atau nada lagu. Contoh alat musik melodi antara lain pianika, seruling, terompet, saksofon, seruling, dan perekam.

Contoh Alat Musik dan Cara Memainkannya

Berikut adalah contoh alat musik dan teknik memainkannya masing-masing:

1. Alat Musik Angklung

Angklung adalah alat musik dari Indonesia yang terbuat dari bambu. Masyarakat mengenal angklung sebagai alat musik yang berasal dari daerah sunda atau lebih tepatnya di jawa barat.

Alat musik ini terdiri dari dua, tiga, atau empat bambu yang tersusun dalam dua, tiga, dan empat nada. Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan atau menggetarkan alat musik tersebut.

2. Alat Musik Kolintang

Kolintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara. Orang Minahasa adalah yang pertama menggunakan alat musik Kolintang.

Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat, nyanyian, pertunjukan tari, dan pertunjukan musik. Kolintang dibuat dari kayu langka yang kemudian ditata. Alat musik Kolintang dimainkan dengan cara dipukul.

3. Alat Musik Gamelan

Gamelan
Gamelan adalah alat musik yang banyak ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Mulai di Bali, Lombok, Jawa, Madura, dan lokasi lainnya.

Gamelan adalah kumpulan alat musik yang dapat menirukan bunyi alat musik lainnya. Berisi alat-alat musik seperti kendang, gambang, gong, dll.

Jika dimainkan secara harmonis, perpaduan alat musik tersebut memiliki sistem nada non diatonis atau dapat menghasilkan suara yang merdu, dan merdu.

Cara memainkan gamelan harus disesuaikan dengan setiap bagian. Dan contoh dari alat musik ini adalah gong, bonang, saron dan kenong yang dimainkan dengan cara di pukul.

Sementara sitar dimainkan dengan cara dipetik, sedangkan gendang dimainkan dengan cara ditepuk tangan.

4. Alat Musik Sasando

Sasando merupakan alat musik yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya di Pulau Rote. Dibandingkan dengan alat musik lainnya, sasando memiliki bentuk yang sangat khas. Alat musik ini berbentuk silinder.

Sasando dibangun menggunakan kayu, bambu, tali, paku, dan daun lontar. Cara memainkan alat musik ini dengan memetik senar dengan kedua tangan.

5. Alat Musik Biola

Biola adalah salah satu alat musik kontemporer pertama yang berasal dari Asia Tengah. Alat musik gesek ini bentuknya menyerupai gitar, namun dimainkan dengan cara menggesekkan sebatang kayu yang diberikan senar.

6. Alat Musik Gitar Listrik

Gitar elektrik, seperti halnya biola, adalah alat musik kontemporer. Alat musik ini mirip dengan gitar namun suara yang dihasilkan oleh alat ini dapat terdengar lebih jelas karena adanya arus listrik. Cara memainkan gitar elektrik menggunakan teknik petik yang sama dengan gitar pada umumnya.

7. Alat Musik Drum

Drum
Drum adalah alat musik terkenal yang terkait dengan genre rock. Alat musik drum ini berasal dari China.

Instrumen drum terdiri dari beberapa kombinasi instrumen perkusi yang dipukul hingga menghasilkan suara yang bervariasi atau terdengar keras. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul dengan tongkat.

8. Alat Musik Harpa

Harpa adalah alat musik gesek dengan nada yang sangat indah. Alat musik harpa berasal dari Mesir.

Karena ukuran dan tingginya yang besar, kecapi dimainkan dengan cara memetik senarnya secara hati-hati. Oleh karena itu, para pemain alat musik ini cepat lelah.

9. Alat Musik Harmonika

Harmonika merupakan alat musik kontemporer dengan bentuk panjang dan beberapa lubang. Lubang-lubang tersebut dimanfaatkan untuk menciptakan nada yang merdu dan merdu.

Cina adalah asal alat musik aerofon yang dikenal sebagai harmonika. Cara meniup ke dalam lubang yang ada untuk memainkan alat musik ini.

10. Alat Musik Keyboard

Keyboard merupakan salah satu bentuk alat musik kontemporer dengan suara dan nada yang sangat khas.

Serta menenangkan dan merilekskan organ tubuh, khususnya otak. Instrumen pada keyboard dimainkan dengan cara menekannya.

11. Alat Musik Piano

Piano adalah alat musik yang hampir identik dengan keyboard, hanya saja tidak dapat menghasilkan suara yang berbeda, seperti gitar, drum, terompet, dan lain-lain.

Sementara keyboard mampu menghasilkan suara tersebut. Mirip dengan keyboard, alat musik piano ini dimainkan dengan menekan tutsnya untuk menghasilkan musik yang damai.

12. Alat Musik Terompet

Terompet adalah alat musik berjenis aerophone yang dimainkan dengan cara ditiup. Selain itu, instrumen terompet berisi sejumlah tombol yang masing-masing mengeluarkan nada berbeda.

13. Alat musik Saxophone

Saksofon adalah alat musik yang hampir identik dengan terompet, hanya saja memiliki lekukan yang mengarahkan suara ke atas.

Alat musik dibuat dari logam, sehingga tidak mengherankan jika alat musik ini sangat berat. Alat musik saksofon ini dimainkan dengan cara ditiup.

Itulah beberapa instrumen kategori alat musik, contoh alat musik, dan cara memainkan alat musik. Semoga penjelasan di atas dapat membantu pembaca untuk lebih memahami alat musik.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Saja Alat Musik Sederhana?

Berikut adalah beberapa alat musik sederhana:

  1. Angklung
  2. Seruling Bambu
  3. Sasando
  4. Calung
  5. Kolintang.

Apa itu Alat Musik Sejenis?

Alamat musik sejenis merupakan alat musik yang memiliki kesamaan dalam fungsi serta cara memainkannya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal macam-macam alat musik yang perlu kamu ketahui karna alat musik ini memiliki banyak macam, seperi ritmis, harmonis, dsb.

Dan bisa kita simpulkan jika alat musik merupakan sebuah alat yang dibuat dan dimodifikasi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu bunyi serta musik.

/* */