Manfaat dari Buah Bit dan Daunnya

Infokekinian.com – Siapa sih yang tidak mengenal buah bit si merah dengan segudang nutrisi? Ya, buah satu ini sudah banyak dikonsumsi orang karena memiliki banyak manfaat dari buah bit dan daunnya.

Buah-buahan adalah salah satu dari empat makanan sehat lima sempurna yang harus dikonsumsi setiap hari.

Hal ini dikarenakan buah tersebut mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin, mineral, zat besi, dan karbohidrat hanyalah beberapa contoh.

Nilai Gizi Buah Bit

Kamu yang rutin mengonsumsi buah-buahan setiap hari pasti akan memasukkan pisang, kiwi, stroberi, pepaya, dan buah-buahan lainnya dalam menu camilan harian kamu. Tapi apakah kamu pernah mencoba bit?

Buah yang satu ini memang tidak asing lagi bagi orang-orang. Buah yang satu ini sudah banyak dikonsumsi oleh banyak orang setiap harinya. Nilai gizi bit sebanding dengan beberapa jenis buah lainnya.

Buah berwarna ungu kemerahan ini banyak terdapat di Inggris dan Amerika. Namun, bagi kamu yang ingin membelinya, buah bit kini sudah banyak tersedia di supermarket.

Bagi kamu yang sedang diet, buah yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu konsumsi.

Sebelum kita masuk ke berbagai manfaatnya, ada baiknya kita memahami kandungan nutrisi buah bit.

Nilai Gizi Buah Bit

Berikut adalah gizi yang terkandung pada buah bit:

  1. Betasianin
  2. Caumarin
  3. triptofan
  4. Fosfor
  5. Zat besi
  6. Magnesium
  7. vitamin C
  8. Serat
  9. Kaliumen
  10. Asam Folat.

Bukankah buah dikemas dengan nutrisi? Dengan kandungan yang dikandungnya, kamu bisa dengan mudah memperoleh berbagai manfaat jika rutin mengonsumsi buah tersebut.

Apa sebenarnya manfaat buah bit? Mari simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Manfaat Buah Bit

Berikut ini beberapa manfaat buah bit:

Mencegah Anemia (Kekurangan Darah)

Mencegah Anemia (Kekurangan Darah)

Tahukah kamu bahwa bit dapat membantu kamu mencegah anemia? (kurang darah). Warna merahnya terkait erat dengan warna darah.

Namun, ini bukan alasan yang sah. Warna merah bit ini tidak cukup untuk menyembuhkan anemia.

Ini karena kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi sangat bermanfaat untuk mengaktifkan dan meregenerasi sel darah merah.

Selanjutnya, zat besi akan membantu suplai oksigen ke sel darah merah. Sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita anemia untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur.

Membantu Meningkatkan Stamina

Bit adalah salah satu buah paling populer di kalangan atlet. Hal ini karena buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter di Inggris, atlet dapat meningkatkan kekuatan dan stamina hingga 16% dengan meminum jus bit.

Ini karena buahnya mengandung nitrat. Nitrat memiliki keuntungan menurunkan konsumsi oksigen selama latihan, yang mengurangi kelelahan.

Tidak hanya itu, sebuah studi eksperimental 2011 menemukan bahwa minum jus bit secara teratur dapat meningkatkan energi dan stamina seseorang hingga 2,8 persen.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi yang berbahaya. Mengapa demikian?

Hipertensi dapat menyebabkan berbagai penyakit lain, termasuk stroke dan serangan jantung, penyebab utama kematian di dunia.

Ada banyak cara untuk mencegah hipertensi, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi (2)

Bit, di sisi lain, adalah salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk mencegah hipertensi. Tak hanya itu, buah tunggal ini juga bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Barts dan London School of Medicine and Peninsula Medical School menjelaskan cara menurunkan tekanan darah.

Prof Amrita Ahluwalia dari Barts and London School of Medicine menjelaskan bahwa minum jus bit dan sayuran lain yang tinggi nitrat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Sebagai Detoksifikasi Alami

Keunggulan buah merah selanjutnya adalah sebagai detoksifikasi alami. Tentu saja, tubuh membutuhkan proses detoks alami untuk membersihkan diri dari racun dan zat lain yang tidak diinginkan.

Meskipun tubuh dapat melakukan detoksifikasi sendiri, menggunakan bit dapat membantu. Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berperan penting dalam detoksifikasi.

Ginjal menyaring darah dan mengeluarkan urin. Ada juga paru-paru, yang mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh.

Selanjutnya, kulit manusia memainkan peran penting dalam proses detoksifikasi. Melalui pori-pori kulit, kulit mendorong dan membuang berbagai macam partikel racun dari dalam tubuh.

Ada juga hati yang berfungsi membuang racun dan zat berbahaya dari dalam darah. Menurut penelitian yang dilakukan di Polandia, bit sangat bermanfaat dalam detoksifikasi tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, bit diuji pada tikus dengan berbagai sel tubuh yang rusak.

Setelah itu, tikus diberi makan bit secara teratur. Hasilnya, kesehatan tikus percobaan meningkat. Hasil enzim yang dimiliki tikus meningkat.

Selanjutnya, berbagai organ dalam yang melakukan proses detoksifikasi dapat berfungsi secara optimal.

Kamu yang ingin membersihkan ginjal bisa mencoba jus buah bit yang dicampur dengan mentimun dan wortel.

Kombinasi buah dan sayuran bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari ginjal.

Antioksidan Berlimpah

Antioksidan merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh. Mengapa? Karena senyawa tunggal ini sangat efektif menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Radikal bebas adalah zat yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit jika terpapar secara teratur.

Selain melawan radikal bebas, antioksidan melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis yang mematikan seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Bit mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Buah ini kaya akan fitonutrien dan dapat membantu melawan berbagai penyakit. Memang, banyak penelitian menunjukkan bahwa buah tunggal ini mengandung salah satu fitonutrien, yaitu betalain.

Manfaat betalain antara lain membuat kulit tampak lebih cerah. Tidak hanya itu, betalain dapat membantu mencegah berkembangnya beberapa jenis kanker dan penyakit kronis lainnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang dinyatakan sebelumnya dalam penjelasan, bit memiliki manfaat penurunan berat badan yang sangat baik.

Buah padat nutrisi ini juga tinggi serat. Namun buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Alhasil, buah ini cocok untuk dikonsumsi, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bit memiliki 3,8 gram serat dan 59 kalori per cangkir. Itu adalah 15% dari jumlah dan apa yang kamu butuhkan setiap hari.

Jika kamu mengonsumsi cukup serat, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Boston, mengonsumsi hingga 14 gram serat per hari dapat mengurangi asupan kalori hingga 10%.

Akibatnya, kamu akan kehilangan empat pon dalam empat bulan. Namun, kamu harus mengonsumsi bit setiap hari dan menjaga gaya hidup sehat.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jenis pencernaan, seperti sulit buang air besar (BAB), membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Daripada mengonsumsi obat-obatan yang diduga menyebabkan buang air besar, lebih baik mengonsumsi buah bit.

Satu cangkir bit mengandung serat sebanyak 3,8 gram. Kandungan seratnya cukup untuk membantu pencernaan. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah bit juga memiliki manfaat tambahan.

Khasiat lainnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengatasi wasir dan asam lambung atau GERD.

Buah ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita Magh. kamu bisa membuat ramuan bit jika kamu memiliki masalah pencernaan seperti diare, mual, atau nyeri.

Cukup gabungkan bit, wortel, dan satu sendok makan air jeruk nipis atau lemon dalam blender. Sedangkan jus bit yang dicampur dengan sesendok madu dan dikonsumsi sebelum sarapan dapat membantu mengurangi perut kembung.

Bagaimana? Bukankah buah merah yang satu ini sangat bermanfaat?

Pewarna Alami untuk Makanan

Buah bit, selain sangat bermanfaat bagi tubuh, juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Hal ini dikarenakan warna merahnya cukup kental untuk digunakan sebagai pewarna makanan.

Makanan ini bisa memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam selain menghasilkan warna merah yang lebih indah dan alami. Kehadiran betanin menyebabkan warna merah bit.

Konten ini pada akhirnya akan menghasilkan warna merah menyala yang menakjubkan. kamu dapat menggunakan warna buah dalam berbagai makanan, termasuk kue kering, kue, jeli, puding, es krim, dan sebagainya.

Pewarna Rambut Alami

kamu mungkin akan terkejut dengan kelebihan yang satu ini. Ya, selain bermanfaat untuk pewarna makanan alami, buah bit juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami.

Pewarna Rambut Alami

Tentu saja cara ini jauh lebih aman daripada Ana harus menggunakan pewarna rambut kimia, yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada rambutnya.

Untuk membuat warna rambut yang indah, cukup campurkan bubuk henna hitam dan jus bit merah.

Biarkan selama beberapa menit di rambut kamu. Rambut kamu akan menjadi hitam alami dengan gradasi burgundy yang memukau. Tidak hanya itu, rambut kamu pun akan menjadi lebih sehat dan indah secara alami.

Mengatasi Masalah Ketombe

Kebanyakan orang merasa minder karena masalah rambut seperti ketombe. Selanjutnya, gatal-gatal dari masalah rambut menyebabkan perasaan tidak enak di kepala. Ternyata bit dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Caranya adalah dengan merebus buah hingga mendidih. Biarkan air rebusan bit menjadi dingin. Kemudian, pijat dengan lembut ke kulit kepala kamu dan biarkan semalaman.

Kamu dapat membilas rambut kamu secara menyeluruh di pagi hari. Bagaimana? Bukankah ini ‘merah’ sarat dengan keuntungan?

Banyak sekali manfaatnya tidak hanya bermanfaat bagi tubuh kamu, tetapi juga dapat membuat kamu lebih menarik.

Jadi, jika kamu ingin memiliki kulit cerah alami, kamu hanya perlu mengonsumsinya setiap hari. Berbagai keuntungan lainnya juga bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki sejuta manfaat. Daun bit khusus ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ternyata daun buah dengan warna ungu kemerahan ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting.

Fosfor, seng, protein, serat, magnesium, vitamin B6, tembaga, dan kalium hanyalah beberapa contohnya. Selanjutnya, daun bit ini mengandung sebagian besar vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalsium.

Jika dibandingkan dengan bayam, kandungan zat besi pada daun bit jauh lebih tinggi. Padahal, kandungan nutrisi daunnya jauh lebih besar dibandingkan dengan akar atau bit itu sendiri. Jadi, apa keuntungan menggunakan satu daun bit saja?

Khasiat Daun Buah Bit

Khasiat Daun Buah Bit

Berikut beberapa manfaat daun bit:

  1. Daun bit sangat bermanfaat dalam memerangi penyakit.
  2. Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, bit dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko osteoporosis dengan meningkatkan kepadatan tulang.
  3. Daun bit bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi antibodi dan sel darah putih.

Sungguh menakjubkan betapa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun buah yang satu ini?

Alhasil, kamu tidak hanya akan mendapat manfaat dari buahnya saja. Namun, daun bit sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan.

Beberapa orang tidak menyukai rasa bit. Jika kamu tidak menyukai rasanya, kamu bisa membuat jus dari buah yang kaya nutrisi ini dan mencampurnya dengan beberapa sayuran.

Bit juga dapat dicampur menjadi kue, puding, atau es krim. Tentunya, anak-anak akan lebih menyukai pilihan makanan khusus ini. Orang-orang akan tertarik padanya karena warnanya yang menarik.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat dari buah bit dan daunnya, kamu bisa menggunakan buah bit ini untuk membantu mendetoks tubuh walaupun tubuh dapat melakukan detoks sendiri.

Karena satu cangkir buah bit mengandung sebanyak 3,8 gram serat dan 59 kalori percangkirnya.

Selain itu, buah ini kaya akan fitonutrien dan dapat membantu melawan berbagai penyakit sebab buah buit mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Buah bit, selain sangat bermanfaat bagi tubuh, juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Kehadiran betanin menyebabkan warna merah bit.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat dari Buah Bit dan Daunnya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */