12 Manfaat Dari Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Infokekinian.com – Tomat merupakan buah yang sangat familiar bagi masyarakat, selain rasanya yang enak namun juga memiliki 12 manfaat dari buah tomat untuk kesehatan tubuh.

Tomat merupakan jenis buah yang memiliki rasa sedikit asam dan nilai gizi total bagi tubuh. Salah satu kandungannya adalah sejenis antioksidan kuat yang disebut likopen.

Apa Itu Tomat
Di mana likopen adalah zat yang memberi warna merah pada tomat dan kandungan likopen dalam tomat juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pankreas pada pria sebesar 31%.

Apa Itu Tomat?

Tomat adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tumbuhan dengan nama latin Solanum Lycopersicum syn ini memiliki siklus hidup yang pendek dan juga dapat tumbuh setinggi satu hingga tiga meter.

Kamu dapat dengan mudah menemukan tanaman dengan dua akar, yaitu keran dan serat, di seluruh dunia.

Akar tunggang tomat dapat menembus jauh ke dalam tanah, sedangkan akar serabut tumbuh menyamping tetapi dangkal. Oleh karena itu, menanam tomat harus memiliki kondisi tanah yang gembur dan unsur hara.

Struktur Buah Tomat

Struktur buah tomat meliputi eksokarp, mesokarp, dan endokarp. Dimana exocarp merupakan lapisan atau bagian terluar dari buah tomat. Yang mengandung zat warna dan terdiri dari dinding pericarp dan kulit buah.

Lapisan terdalam berupa membran merupakan bagian dari mesokarp yang terdiri dari parenkim dengan pembuluh jaringan ikat tertutup dan lapisan bersel tunggal yaitu lokula.

Dan pada bagian endokarp, yaitu lapisan terdalam berupa biji, plasenta, dan columella.

Kandungan Pada Tomat

Kandungan Pada Tomat
Tomat merupakan tanaman yang mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Mineral yang terkandung dalam tomat antara lain kalsium, magnesium, potasium, natrium, forum, belerang, dan klorin.

Dan vitamin yang terdapat pada tomat adalah vitamin A, vitamin B2, B6, C, K, E, dan niasin. Ini juga mengandung alkaloid, saponin, asam folat, asam malat, asam coumaric, dan asam klorogenat, sebuah bioflavonoid.

Selain likopen, amin, biotin, trigomelin, histamin, protein, lemak, gula dan serat adalah pigmen merah. Dan buah merah ini memiliki Vitamin A dan C lima kali lebih banyak daripada buah hijau.

Dan kamu bisa mendapatkan lebih banyak vitamin C jika tingkat kematangan tanaman tomat ini. Dan juga kamu bisa mendapatkan vitamin B dari kulit yang tipis, meski jumlahnya sedikit.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dibalik tampilannya yang sederhana, tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, oleh karena itu kami telah merangkum manfaat dari buah  tomat yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

Mengurangi Gejala Kanker

Temuan penelitian menunjukkan bahwa tomat dan brokoli bekerja sama secara sinergis untuk mengurangi gejala kanker.

Selain itu, dalam penelitian tersebut, pertumbuhannya lebih lambat bila diberikan brokoli dan bubuk tomat pada tikus dengan kanker prostat.

Hasil studi University of Montreal mendukung gagasan bahwa diet kaya tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas.

Selain itu, kandungan likopen dalam tomat dapat menurunkan risiko kanker pankreas hingga 31% pada pria.

Menjaga dan Meningkatkan Kemampuan Mata

Tomat mengandung beta-karoten, bentuk lain dari antioksidan yang sama pentingnya bagi tubuh seperti likopen.

Kandungan komponen alami inilah yang membuat vitamin A bekerja di dalam tubuh. Tomat mengandung vitamin A, yang dapat meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko rabun senja.

Selain itu, makan tomat dapat mengurangi risiko kamu terkena degenerasi makula. Dimana makula merupakan masalah mata yang cukup berbahaya. Bahkan, hingga kini obatnya belum ditemukan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lycopene yang terdapat pada tomat dapat memperkuat sel kekebalan tubuh dan dapat menjadi antioksidan alami yang biasanya dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas.

Meningkatkan Produksi ASI

Meningkatkan Produksi ASI
Tomat sangat cocok untuk meningkatkan produksi ASI dan juga sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang menyusui.

Selain itu, tomat adalah pilihan berbeda untuk meningkatkan kadar likopen dalam ASI. Hasil terbaik datang dari penggunaan tomat matang.

Padahal, produk tomat seperti saus tomat, apalagi jika dibuat dari tomat segar, bisa meningkatkan jumlah likopen dalam ASI.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dalam tomat dapat mendukung kemampuan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi tomat mengandung nutrisi tambahan termasuk potasium, serat, vitamin C, dan kolin, yang sangat penting bagi jiwa.

Mencegah Hipertensi

Mengurangi asupan natrium adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi hipertensi.

Namun, meningkatkan konsumsi kalium sangat penting bagi tubuh karena dapat menurunkan tekanan darah.

Mengurangi Nyeri Arthritis

Apakah kamu memiliki rasa sakit, seperti sakit punggung atau radang sendi? Coba gunakan tomat untuk menguranginya sebagai solusi untuk ini. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi bioflavonoid dan karotenoid yang ditemukan dalam tomat.

Baik Untuk Diet

Manfaat Dari Buah Tomat Baik Untuk Diet
Selain itu, manfaat memasukkan tomat ke dalam makanan kamu tidak bisa dianggap remeh. Karena tomat dikenal memiliki kandungan air dan serat yang tinggi.

Oleh karena itu, tomat bisa menjadi salah satu makanan yang cepat mengenyangkan perut tanpa meningkatkan bahaya penyerapan lemak.

Namun, jika kamu menginginkan diet yang mengandung tomat, pastikan kamu melakukan aktivitas yang cukup.

Kamu bisa memasukkan tomat dalam menu camilan harian kamu selain minum jus, seperti pada salad, casserole, sandwich, dan hidangan lainnya.

Baik Untuk Ibu Hamil

Ternyata makan tomat sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Bagaimana bisa? Karena diketahui bahwa tomat membantu perkembangan gen DNA pada janin yang sedang berkembang.

Ibu hamil tidak bisa memisahkan manfaat kandungan zinc pada tomat dari manfaat tomat itu sendiri.

Meningkatkan Kesuburan

Tomat memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita, yang merupakan manfaat unik lainnya. Ini karena kekuatan tomat untuk mempromosikan spermatogenesis.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin D yang sangat tinggi dalam tomat dapat membantu tulang kamu menjadi lebih sehat kembali.

Selain itu, konsentrasi vitamin D dalam tomat diketahui membantu regenerasi sistem jaringan tubuh. Oleh karena itu tulang akan berkembang dengan sempurna.

Mencegah Stroke

Manfaat Dari Buah Tomat Mencegah Stroke
Manfaat dari buah tomat yang terakhir adalah dapat mengurangi risiko terkena stroke, hal itu dikarenkan tomat memiliki efek positif lain bagi kesehatan.

Karena tomat mengandung vitamin K yang dapat mencegah penggumpalan darah. Jadi, saat kamu makan tomat, darah akan mengalir lebih lancar.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar buah tomat:

Berapa Butir Tomat Yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?

Jika kamu ingin mengonsmusi tomat setiap hari, maka disarankan untuk konsumsi tomat 1-2 buah saja setiap harinya, karena jika terlalu banyak makan tomat bisa menjadikan perut kembung ataupun diare.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi tomat, karena untuk menjadi sehat dan cantik tidak perlu mahal, cukup konsumsi tomat secara rutin.

Karena selain itu banyak juga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tomat, seperti mengatasi diabetes, lambung, varises, mempercepat penyembuhan luka dan berbagai gangguan prostat.

Dan tomat juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti tabir surya alami, mengatasi masalah jerawat, kulit berminyak, komedo dan rambut rontok.

Demikianlah artikel mengenai manfaat dari buah tomat untuk kesehatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */