Manfaat Istiqomah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Infokekinian.com – Kata istiqomah merupakan kata yang tidak asing didengar oleh manusia. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui arti serta manfaat istiqomah dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal kata tersebut sering terdengar karena sering digunakan dalam berbagai agenda dan kegiatan, terutama dalam hal ibadah dan pekerjaan.

Misalnya, seorang mualaf atau seseorang yang baru saja masuk Islam mungkin mulai shalat lima waktu sehari. Kemudian salah seorang temannya berkata, “Semoga ibadahmu istiqomah ya.”

Arti Istiqomah Menurut Para Ulama

Atau ketika seseorang memulai pekerjaan baru dan teman-temannya menyuruhnya untuk tetap istiqomah dalam berusaha. Selanjutnya, kata istiqomah sering muncul di seluruh teks.

Lantas, apa sebenarnya makna istiqomah menurut Islam? Pada kesempatan kali ini akan kami ulas lebih dalam tentang pengertian istiqomah, yang dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi kamu.

Dalam bahasa Arab baku, Istiqomah berarti lurus, tegak, atau konsisten. Lalu ada pertanyaan tentang makna istiqoma para ulama.

Arti Istiqomah Menurut Para Ulama

Para ulama memiliki penafsiran yang berbeda mengenai arti kata istiqomah. Mereka adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Abu Bakar Ash Shidiq, istiqomah adalah tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun.
  2. Umat ​​Bin Khattab memaknai istiqomah sebagai anjuran dan larangan untuk dapat bertahan dalam suatu perintah dan tidak berpaling dari orang lain seperti musang.
  3. Utsman Bin Affan menerjemahkan istiqomah sebagai ikhlas.
  4. Istiqomah menurut Ali Bin Abi Thalib adalah perbuatan memenuhi suatu kewajiban.
  5. Ibnu Abbas memaknai istiqomah dalam tiga cara. Yang pertama adalah menggunakan istiqomah secara defensif dengan membaca akidah. Kedua, istiqomah dengan hati, artinya melakukan segala sesuatu dengan niat baik. Terakhir adalah istiqomah dengan jiwa, di mana seseorang terus menerus beribadah dan menaati Allah.
  6. Istiqomah menurut Ar-Raghiib berarti tetap berada di jalan yang lurus dan sempit.
  7. An-Nawani menerjemahkan istiqomah sebagai tetap dalam ketaatan. Jadi istiqomah sendiri memiliki pengertian bahwa seseorang selalu dalam ketaatan kepada Allah SWT dan berada di jalan yang lurus dalam beribadah kepada-Nya.
  8. Mujahid mengartikan istiqomah sebagai ikrar terhadap akidah dan tauhid hingga bertemu dengan Allah SWT.
  9. Ibnu Taimiyah mendefinisikan istiqomah sebagai tekad untuk mencintai dan beribadah kepada Allah tanpa menoleh ke kanan atau ke kiri.

Allah berfirman dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Tuhan kami adalah Allah,” dan kemudian bertahan dalam pendirian mereka, para malaikat akan turun kepada mereka, sambil berkata, “Jangan takut, jangan sedih, dan berbahagialah, karena Allah telah berjanji kamu surga.” 30 (Surat Fushilat).

Menurut Tafsir ‘Aisar, pengertian istiqomah adalah “orang yang benar-benar meyakini kebenaran Islam itu sendiri dengan tidak pernah menukar keyakinan lain”.

Jika dia mempertahankan sikap yang konsisten terhadap ibadah dan menghindari kejahatan, Malaikat akan turun kepadanya dua kali.

Ayat sebelumnya kemudian didukung oleh hadits bahwa seseorang bertanya kepada Rasul “Tolong, ya Rasul, ajari dia sesuatu yang penting tentang Islam, dan saya tidak akan pernah bertanya kepada orang lain lagi.” Katakan bahwa saya beriman kepada Allah, kemudian istiqomah, atau konsistensi dalam menjalankan perintah-Nya, dan juga menjauhi larangan-Nya,” jawab Nabi.

Seseorang yang berpegang teguh pada sifat istiqomah dalam dirinya akan selalu kuat dalam menegakkan aqidahnya. Dan juga akan menjaga keimanan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Sehingga terlepas dari apakah kantong seseorang kosong atau penuh, dan apakah mereka dihina atau dipuji, mereka akan selalu konsisten dan tidak akan meninggalkan imannya.

Intisari Kata Istiqomah

Intisari Kata Istiqomah

Sehingga jelas bahwa istiqomah berarti konsisten dalam berbuat baik. Sehingga, orang yang istiqomah akan lebih teguh pendiriannya dan tidak akan terombang-ambing oleh berbagai rintangan untuk memperoleh ridho Allah. Jadi jangan menggunakan kata istiqomah dengan cara yang negatif atau tidak tepat.

Manfaat Istiqomah dalam Kehidupan

Jika Istiqomah digunakan dengan benar, ia memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat istiqomah yang akan kamu peroleh jika menerapkan ajaran yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Mendorong Orang untuk Selalu Berbuat Baik

Manfaat istiqomah yang pertama adalah dapat menginspirasi orang untuk selalu berbuat baik. Jadi, dengan berpegang pada istiqomah itu, kamu akan selalu meningkat.

2. Mencegah Orang Melakukan Kejahatan

Istiqomah dapat mendorong dan mencegah orang melakukan hal-hal buruk. Agar kamu menjadi orang yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

3. Tahan Terhadap Godaan

Kelebihan istiqomah selanjutnya adalah menjadikan seseorang tahan terhadap godaan. Entah itu godaan untuk berbuat salah atau faktor lain yang bisa menghalangi seseorang mencapai tujuannya.

Tips Untuk Bisa Istiqomah

Tips Untuk Bisa Istiqomah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap istiqomah dalam hidup ini. Berikut adalah beberapa contoh:

Ikhlaskan Niat

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk tetap istiqomah adalah memperjelas niat kamu. Anggaplah bahwa segala sesuatu yang kamu lakukan semata-mata karena Allah.

Jangan pernah memikirkan apapun selain Allah. Dan berusahalah untuk melakukan segala sesuatu dengan keikhlasan agar kamu benar-benar dapat tumbuh sebagai pribadi.

Lakukan Amalan Secara Bertahap

Langkah selanjutnya adalah menerapkan latihan secara bertahap. Mulailah dengan melakukan ibadah kecil.

Namun, usahakan untuk melakukannya setiap hari. Karena sesuatu yang dilakukan secara rutin akan bermanfaat bagi kamu.

Bersabarlah dalam Menjalankan

kamu juga harus bersabar saat menjalankan semua ini. Karena istiqomah adalah konsep yang sulit untuk dipahami.

Untuk memulainya, sangat sulit sehingga kamu harus benar-benar memaksakan diri. Namun, jika kamu sudah terbiasa. Maka itu akan menjadi sederhana.

Istiqomah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan dan menyempurnakan keimanan seseorang. Hasilnya, segala sesuatu yang dilakukan bermanfaat dan mengarah ke surga.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat istiqomah dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa memotivasi kamu agara selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Istiqomah dalam Kehidupan Sehari-Hari dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */