Mengenal Olahraga Polo Air, Ini Teknik Bermainnya Yang Lengkap!

InfoKekinian.com – Kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal olahraga polo air, yang merupakan olahraga seperti bola tangan tetapi yang beda adalah bermainnya di kolam renang. Penasaran? Yuk, kita simak.

Tentunya setiap orang memiliki hobi masing-masing dalam olahraga, maka itu kamu bisa mengikuti berbagai macam olahraga, mulai dari yang paling mudah hingga yang paling ekstrim.

Pengertian Polo Air
Pada artikel hari ini, kami akan membahas materi dalam mengenal olahraga polo air. Polo air merupakan olahraga yang sering dipertandingkan, termasuk di ASEAN Games.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Polo Air

Sesuai dengan namanya, polo air ini tentu dimainkan di air dan setiap tim berusaha untuk mencetak gol dengan melemparkan bola ke gawang tim lawan selama permainan polo air.

Tim dengan gol terbanyak di akhir pertandingan akan keluar sebagai pemenang. Dan ada enam pemain dan satu penjaga gawang dalam satu tim.

Mirip dengan sepak bola, tujuan permainan ini adalah untuk mencetak gol sebanyak mungkin, dengan setiap gol bernilai satu poin.

Sejarah Olahraga Polo Air

Olahraga polo air ini sudah ada sejak tahun 1908 dan terus berkembang selama tahun 1950-an dan 1960-an. Polo air merupakan olahraga yang sudah lama dimainkan di Indonesia.

Di Skotlandia, kompetisi olahraga ini dimulai pada Pekan Olahraga Nasional pertama tahun 1984. William Wilson adalah penemu peraturan polo air pertama dan pelopor olahraga air Skotlandia.

Pada akhir 1800-an, permainan polo air pertama atau yang kadang-kadang dikenal sebagai sepak bola air, dimainkan di Arlington dengan bahan bola karet India.

Perkembangan Polo Air di Indonesia

Perkembangan Polo Air di Indonesia
Perkembangan olahraga polo air di Indonesia sangat pesat, dimana polo air ini telah dimainkan sejak 1908 dan dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an.

Saat ini perkembangan olahraga polo air Indonesia begitu sukses hingga diakui di tingkat Asia dan Internasional.

Skuad polo air Indonesia berlaga di berbagai kompetisi internasional, antara lain GANEFO, Asian Championship & Asian Games 1954, 1958, 1962, 1966, dan 1970. Bahkan eksploitasi prestasi dari skuad polo air Indonesia dinilai sangat patut diacungi jempol.

Namun, olahraga ini tidak lagi diperhatikan dari tahun 1980 hingga 1999, sehingga tidak dapat berkembang dengan baik. Indonesia hanya mengikuti Sea Games dengan tim polo air.

Ada sepuluh provinsi yang mengembangkan olahraga polo air pada tahun 2000. Olahraga ini telah mengalami banyak revisi peraturan dan berkembang pesat di seluruh dunia.

Skuad polo air Indonesia yang dulunya sangat disegani di negara-negara Asia hanya diperbolehkan bertanding di tingkat Asia Tenggara atau Sea Games.

Pembinaan PRSI terus berupaya memajukan olahraga ini dengan menyelenggarakan pertandingan Pra Liga Polo Air tahun 2005, Liga Polo Air I pada tahun 2006, dan Liga Polo Air Indonesia tahun 2014.

Pemerintah induk organisasi, pemerhati olahraga akuatik Indonesia, dan komunitas polo air di Indonesia terus bersinergi untuk mengembalikan olahraga ini pada kejayaannya.

Liga polo air Indonesia dinilai sangat sukses, sehingga liga ini juga mengizinkan pemain internasional untuk berpartisipasi.

Teknik Polo Air

Berikut ini adalah teknik dari olahraga polo air:

1. Teknik Latihan Renang Polo Air

Semua pemain polo air harus menguasai berbagai gaya renang, antara lain gaya bebas, gaya samping, gaya dada, gaya punggung, injak di atas air, dan lompat di dalam air.

2. Teknik Latihan dengan Bola

Ada beberapa kemampuan dasar yang berhubungan dengan penanganan bola, antara lain:

Picking up the Ball (Mengambil Bola)

Jari-jari dan ibu jari harus didistribusikan secara merata di seluruh massa bola untuk mendapatkan pegangan yang kuat saat mengambilnya. Bola dapat dimainkan di bawah air atau di atas air.

Moving the Ball (Memindahkan Ball)

Memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain diperbolehkan, namun mendorong bola ke bawah air tidak diperbolehkan, karena dapat mengakibatkan pergantian pemain.

Pemain harus mengirimkan bola ke tim lain dalam hal ini.

Passing the Ball (Mengumpan bola)

Dalam polo air, ada dua cara mengoper bola, yaitu umpan kering dan passing basah. Dikatakan sebagai umpan kering adalah ketika seorang pemain mengoper bola tanpa terkena atau menyentuh air.

Tujuan dari kecepatan optimal adalah untuk mengoper bola dari satu tangan ke tangan lainnya tanpa menyentuh air.

Pemain memudahkan rekan satu timnya untuk menangkap bola dengan menggunakan back spin.

Sementara teknik umpan basah digunakan untuk mendaratkan bola dengan sengaja di dalam air. Hal ini adalah strategi ofensif yang sangat efektif untuk tim dengan hole set yang solid.

Shooting the Ball (Menembak Bola)

Shooting the Ball
Kecuali kepalan tangan, setiap bagian tubuh dapat digunakan untuk mencetak gol.

Untuk mencetak gol, para pemain selalu berusaha untuk melakukan tembakan jarak dekat sebagai pukulan ringan pada bola ke arah yang benar.

Hal ini dikarenakan akan angat sulit untuk mengalahkan kiper dari jauh.

Pemain target-shooting dapat memilih strategi power-shooting yang mengharuskan mereka mengembangkan kekuatan bola dengan mendorongnya dengan kecepatan antara 60-90km/jam sebelum mengarahkannya ke gawang.

Beberapa pemain memanfaatkan tembakan bouncing, di mana bola awalnya ditembak ke satu arah, tetapi bouncing berikutnya memindahkannya ke arah gawang.

Para pemain juga dapat menggunakan teknik tembakan lob, di mana bola dilemparkan dalam kurva panjang melengkung ke arah tiang gawang.

Manfaat Polo Air

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bermain polo air:

Baik Bagi Kesehatan Jantung

Olahraga polo air sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena semua gerakannya membuat jantung tetap terpompa secara optimal.

Olahraga polo air ini, jika dimasukkan ke dalam gaya hidup sehat sebagai rutinitas, karena dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Membakar Jumlah Kalori yang Sesuai

Membakar Jumlah Kalori yang Sesuai
Karena pemain tidak bisa menyentuh dasar kolam saat bermain polo air, maka kita akan mencurahkan seluruh energi kami untuk bertanding. Oleh karena itu, kaki pemain harus tetap bergerak sepanjang permainan.

Aktivitas yang stabil ini dapat membakar kalori secara maksimal, sehingga dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Latihan ini dapat membakar sekitar 10 kalori setiap menitnya. Namun demikian, hal itu berbeda-beda untuk setiap individu berdasarkan kondisi fisiknya.

Membangun Daya Tahan Tubuh

Polo air dapat membangun stamina dan daya tahan tubuh yang memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas yang berat tanpa menjadi lelah atau kehilangan energi.

Menurut Health Fitness Revolution, sebuah studi tahun 2001 menunjukkan bahwa latihan peningkatan daya tahan sangat baik untuk menurunkan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa polo air tidak hanya sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh, tetapi juga berkontribusi pada budaya hidup sehat secara keseluruhan.

Membentuk Otot

Saat bermain polo air, tentunya seluruh tubuh para pemain bergerak. Selain itu, mereka harus menjaga tubuh mereka di permukaan.

Hal ini menyebabkan area otot yang jarang digunakan untuk dilatih menggunakan tindakan seperti memutar, mengangkat tangan, dan menendang.

Tidak Bikin Tubuh Cepat Lelah

Pilihan terbaik adalah berolahraga di air karena suhu tubuh tidak akan naik secara signifikan. Air dapat memiliki dampak pendinginan yang mencegah kita menjadi cepat lelah.

Oleh karena itu, polo air dan olahraga air lainnya dapat membantu melatih tubuh untuk berolahraga dalam waktu yang lama tanpa menjadi lelah.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan dalam mengenal olahraga polo air:

Berapa Panjang Lapangan Polo Air?

Polo air ini tentunya dilakukan di dalam kolam renang dengan lebar 20 dan panjang 30m, serta kedalaman dengan minimal 1,8m.

Berapa Lebar Gawang Polo Air?

Pada permainan polo air, memiliki ukuran serta tinggi gawang sekitar 90cm yang diikur dari atas air.

Olahraga Apa yang Ada di Dalam Air?

Berikut adalah olahraga atau permaianan yang dilakukan di dalam air:

  1. Renang
  2. Renang indah
  3. Selancar atau surfing
  4. Polo air
  5. Kano
  6. Arung jeram
  7. Diving atau menyelam
  8. Snorkeling.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal olahraga polo air yang perlu kamu ketahui. Dan bisa kita simpulkan jika polo air ini merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gulat, sepak bola, basket dan renang.

Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang setiap timnya berisi 7 pemain yang terdiri dari 6 pemain dan 1 kiper.

Dan permainan ini memiliki peraturan yang mirip dengan sepak bola seperti, mencetak gol sebanyak mungkin.

Meskipun olahraga yang satu ini masih cukup asing di dengar, apakah kamu tetap tertarik untuk mencobanya?

/* */