Paduan Berinvestasi Saham Syariah Untuk Pemula


Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan paduan berinvestasi saham syariah untuk pemula. Jadi, simak artikel ini hingga selesai.

Umat ​​Islam kini bisa berinvestasi saham dengan lebih tenang. Karena sudah ada fatwa yang mengatur tentang investasi pasar modal dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah, hal itu dimungkinkan.

Infokekinian kali ini akan membahas cara berinvestasi saham syariah bagi pemula. Investasi saham syariah relatif mudah, apalagi sekarang ini sudah ada berbagai aplikasi digital yang memudahkan kamu untuk berinvestasi.

Advertisements

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh melalui smartphone kamu, dan ada pula yang diunduh melalui website.Cara Investasi Saham Syariah Bagi Pemula

Namun, jangan biarkan diri kamu tergoda. Pastikan platform investasi yang kamu pilih resmi dan diawasi oleh badan yang berwenang. Berikut kami paparkan cara berinvestasi saham syariah untuk pemula.

Cara Investasi Saham Syariah Bagi Pemula

Secara garis besar, ada tiga cara investasi saham syariah bagi pemula. Di antaranya sebagai berikut:

1. Pilih Sekuritas Yang Dilengkapi Syariah Online Trading System (SOTS)

Untuk dapat berinvestasi di pasar modal syariah, investasi harus dilakukan melalui perusahaan sekruitas yang telah memperoleh izin usaha, terdaftar dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Perusahaan sekuritas besar umumnya menyediakan aplikasi untuk transaksi saham syariah.

Aplikasi telah disesuaikan dengan prinsip-prinsip hukum syariah di pasar modal dan telah lulus uji sertifikasi MUI.

Artinya, hanya emiten berbasis syariah yang tersedia di aplikasi SOTS. Dengan cara ini kamu tidak akan melakukan kesalahan dalam berinvestasi.

2. Buka Rekening Efek Syariah

Advertisements

Setelah memilih perusahaan efek untuk bergabung, langkah selanjutnya adalah membuka rekening efek syariah.

Persyaratan dokumen pembukaan rekening efek syariah sama dengan konvensional, yakni sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi buku tabungan
  3. Fotokopi NPWP

Dalam praktiknya, kamu mungkin diminta untuk mengisi dokumen lain sesuai dengan peraturan sekuritas terkait.

Tanda bahwa kamu telah berhasil membuka rekening efek syariah adalah mendapatkan Rekening Dana Nasabah (RDN), serta username dan password untuk login ke aplikasi SOTS.

3. Install SOTS dan Lakukan Pembelian Saham Syariah

Kamu dapat membeli saham syariah setelah menerima RDN. RDN digunakan sebagai platform khusus untuk jual beli saham.

Pada tahap ini, nominal rupiah yang digunakan untuk membeli emiten saham syariah bervariasi sesuai dengan kemampuan finansial kamu dan kebijakan perusahaan sekuritas.

Kesimpulan

Itulah 3 hal yang perlu kalian perhatikan ketika ingin berinvestasi syariah.

Demikianlah artikel mengenai Paduan Berinvestasi Saham Syariah Untuk Pemula dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */