Pengertian dan Manfaat Beriman terhadap Qada dan Qadar

Semua sendi dalam kehidupan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi diatur dan telah terinci di sampaikan di Kitab Al Qur’am AL-Hadist. Karena itu Agama Islam adalah agama yang paling mulia.

Begitu pula tentang peristiwa atau kejadian yang telah ditetapkan. Hal tersebut akan memberi pemahaman menegani pengertian qada dan qadar di dalam kehidupan.

Kenapa kita perlu memahami pengertian Qada dan qadar ? Pengetahuan ini akan menjadikan bekal kita mengaurungi kehidupan agar kita bisa bersyukur atas nikmat yang telah diperoleh.

Pengertian Qada Dan Qadar

Kata Qada dan Qadar memiliki keterkaitan erat satu sama lain. Masing masing sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Tetapi sebenarnya qada dan qadar memliki penegrtian yang berbeda.

Pengertian Qada

Kata qada sering ditemukan di dalam AL-Qur’an , qada secara bahsa memiliki ati ketetapan. Adalah sesuatu ketetpan yang telah di gariskan sebelum manusia lahir. Yaitu di jaman azali.

ALLAH SWT telah mengatur kehidupan umat umatnya begitu terinci jauh sebelum manusia lahir di dunia, ketetapan ini akan membawa manusia.

Pengertian Qadar

Istilah selanjutnya yaitu qadar, dapat diartikan bahwa qadar merupakan ukuran atau timbangan. Dapat diartikan pula qadar yaitu ketetapan yang telah ciptakan oleh ukuran ALLAH SWT dalam setiap jiwa manusia.

Arti qada adalah ketetapan sementara qadar adalah ukuran. Dan istilah tersebut dipakai secara bersamaan sebagai gamabarn sebuah kepastian mengenai takdir dari ALLAH SWT.

Qada dan Qadar identik dengan agama Islam tetapi hal ini berlaku unhtuk manusia secara keseluruhan. Aqada dan qadar pada kehidupan sehari hari sering disebut dengan takdir.

Takdir merupakn suatu ketetapan dan juga usaha manusia itu sendiri. Takdir akan berkesinambungan danh berhubunagn denag hukum sebab akibat.

Walaupun takdir sudah ditetapkan oleh ALLAH SWT, manusia wajib berusaha untuk mendapatkan takdir yang terbaik di kehidupannya.

Pembagian Takdir

Setelah sebelumnya kita sudah membahas penegrtian qada dan qadar selanjutnya kita akan memabahas pembagian takdir. Takdir menajdi dua buah jenis yaitu:

Takdir Muallaq

Bagian dari qada dan aqdar yang pertama dibahs yaitu mengenai takdir muallaq. Yaitu ketetapan yang telah dibuat sejak jaman azali. Tetapi dalam kenaytaan di kehiudpan bisa meneyesuaiakn bergantung perbuatan dan perilaku manusia di dunia.

Jika manusia berdoa dan berusaha secara sungguh sungguh akan menajdi takdir yang diterimanya menyesuaikan usahanya. Contohnya jika si miskin berusaha dan bersungguh dalam memperoleh rezeki maka dia kemungkian bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik. Contoh lainnya jika ada siswa ayng tidak pandai tapi tekun dan rajin belajar maka dia akan bisa menadaptkan nilai yang terbaik.

2. Takdir Mubram

Pembahasan takdir yang selanjutnya yaitu takdir Mubram, yaitu takdir yang sudah menjadi ketetapan mutlak dan tak bisa di tawar lagi. Banyak yang menyatakan yang teramsuk takdir mubram adalah kematian, kelahiran dan jodoh akan tetapi tidak hanya itu saja. Misalnya manusia tak dapat memilih akan dialhirkan diaman dan siapa orang tuanya.

Manfaat Beriman Kepada Qada Dan Qadar

Tidak sempurna keimanan sesorang jika tidak mengimani qada dan aqdar yang merupakan rukin iman ke 6. Manfaat qada dan qadar disetiap insan manusia diatarannya:

  • Menjadikan pribadi yang tenang dalam menghadapi masalah
  • Menjadikan manusia memiliki rendah hati tidak menjadikan manusia sombong
  • Menjadi pribadi yang mudah bersyukur ats nikmat yang diperoleh
  • Membuat jiwa menajdi optimis karena takdir juga bisa menyesuaikan denag usaha dan doa kita

Demikian pemabahsan kita kali ini yang bertema penegrtian qada dan qadar. Semoga kita menjadikan pembelajarn yang baik agar bisa mengambil hikmah di setiap peritiswa yang kita alamai.

Tinggalkan komentar