Pengertian Ekologi Menurut Ahli


Infokekinian.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai pengertian ekologi menurut para ahli, simak penjelasan detailnya dibawah ini ya!

Ekologi umumnya dianggap sebagai ilmu yang menyelidiki interaksi antara organisme dan lingkungannya. Ada juga yang mendeskripsikan ekologi, bidang studi yang mengkaji bagaimana individu atau kelompok makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya.

Dalam istilah lain, ekologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari ekosistem tempat makhluk hidup berada. Menurut teori linguistik, kata “ekologi” dan “logos”, keduanya dari bahasa Yunani, masing-masing berarti “sains” dan “lingkungan”.

Dengan demikian, studi tentang interaksi antara organisme dan antara organisme dan lingkungannya merupakan ekologi seperti yang dipahami secara linguistik.

Ruang Lingkup Ekologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Untuk membantu kamu lebih memahami pengertian ekologi, para profesional yang tercantum di bawah ini menawarkan perspektif mereka tentang apa arti ekologi.

C.J. Krebs – Pengertian Ekologi

 Ekologi adalah disiplin ilmu yang menyelidiki interaksi yang mempengaruhi distribusi dan kelimpahan organisme, menurut C. J. Krebs (1972).

Ernst Haeckel

Konsep ekologi, menurut Ernst Haeckel (1866), adalah ilmu yang menyeluruh tentang bagaimana organisme berinteraksi dengan lingkungannya.

E. P. Odum – Pengertian Ekologi

Konsep ekologi, seperti yang didefinisikan oleh E. P. Odum (1963), adalah penyelidikan komposisi dan operasi alam.

C. Elton

Ekologi, atau yang kadang-kadang disebut sebagai ilmu sejarah alam, didefinisikan oleh C. Elton sebagai studi ilmiah tentang kehidupan alam.

G. Tyler Miller –  Pengertian Ekologi

Menurut G. Tyler Miller (1975), ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan organisme lain itulah yang dimaksud dengan ekologi.

Charles Elton

Ekologi, dalam kata-kata Charles Elton (1927), adalah komponen “Sejarah Alam Ilmiah” dari sejarah alam.

Aspek ekologi dan prinsip panduan

Ruang Lingkup Ekologi

Ekologi adalah lingkungan organisme hidup dan studinya. Sedangkan yang termasuk dalam mata kuliah atau bidang ekologi adalah sebagai berikut:

Individu

Individu adalah unit dari jenis tertentu atau spesies organisme. Manusia, burung, gajah, harimau, ikan, katak, dan sebagainya adalah beberapa contohnya.

Populasi

Populasi adalah kumpulan anggota spesies yang sama yang ada pada lokasi dan waktu tertentu. seperti populasi manusia, burung, pohon jati, rerumputan, dan berbagai jenis lainnya.

Komunitas

Komunitas adalah kumpulan makhluk hidup yang terdiri dari populasi berbeda yang berkumpul di lokasi dan waktu tertentu untuk berinteraksi. Dalam komunitas padang rumput, misalnya, mungkin ada populasi belalang, rumput, rumput, ular, dan sebagainya.

Biosfer

Semua kehidupan di bumi berada di biosfer, tingkat tertinggi organisasi biologis, bersama dengan interaksi dengan seluruh lingkungan.

Manfaat Ekologi Untuk Manusia

Aspek ekologi dan prinsip panduan

Ada sejumlah faktor dan pedoman yang perlu dipertimbangkan ketika meneliti interaksi antara organisme hidup dan lingkungannya. Fitur dan prinsip ekologi tercantum di bawah ini, dengan mengacu pada konsep ekologi yang diberikan di atas.

Aspek Utama pada Ekologi

Di antara elemen penting dalam mempelajari ekologi adalah:

  1. Studi tentang bagaimana organisme atau kelompok organisme berinteraksi dengan lingkungannya
  2. penyelidikan komposisi dan operasi alam.

Prinsip Utama pada Ekologi

Berikut ini adalah prinsip utama ekologi:

  1. Adanya komunikasi (interaksi)
  2. Saling ketergantungan ada.
  3. Ada berbagai
  4. Ada kedamaian.
  5. Ada kapasitas untuk keberlanjutan (sustainability).

Manfaat Ekologi Untuk Manusia

Baik manusia maupun lingkungannya dapat memperoleh keuntungan dari berbagai keuntungan ekologis. Manfaat ekologi bagi manusia adalah sebagai berikut, sesuai dengan definisi ekologi yang diberikan di atas.

Mengenal Keragaman Hayati – Pengertian Ekologi

Ekologi membantu orang memahami berbagai jenis organisme hidup dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Misalnya, pertimbangkan bagaimana unta dapat bertahan di iklim yang sangat panas sedangkan penguin dapat bertahan di iklim yang sangat dingin. Selain itu, ada ikan lele yang bisa bertahan di air yang kotor.

Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Ekologi penting untuk meningkatkan pemahaman manusia tentang bagaimana organisme hidup lain berperilaku dengan cara yang menguntungkan mereka. Misalnya, ternyata sistem sonar di kapal selam, yang berasal dari kelelawar dan lumba-lumba, berguna bagi manusia untuk menentukan lokasi mereka.

Mengetahui Peran Manusia Untuk Lingkungan

Ekologi dapat membantu manusia dalam mengurangi efek negatif barang-barang buatan manusia terhadap lingkungan. Misalnya, solusi pengendalian hama yang dibuat dengan DDT juga dapat mencemari lingkungan di sekitar organisme dan makhluk hidup lainnya.

Ilustrasi lainnya adalah penggunaan batu bara secara berlebihan, yang dilakukan terutama untuk menghasilkan energi listrik dalam jumlah besar, yang berpotensi mengganggu ekosistem dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang luas.

Memetakan Konsumsi Pangan – Pengertian Ekologi

Ekologi memungkinkan kita untuk memahami komposisi dan ukuran makanan setiap makhluk hidup. Sebagai gambaran, jika tumbuhan sebagai produsen.

Hewan sebagai herbivora atau konsumen tingkat pertama, karnivora sebagai konsumen tingkat kedua, dan manusia sebagai konsumen tingkat ketiga.  Pengurai dan hasil penguraian manusia akan dimakan oleh produsen sebagai sebuah sumber energi.

Memecahkan Masalah Pertanian

Ekologi juga sangat berguna bagi manusia dalam memecahkan kesulitan yang sering ditemui di bidang pertanian. Misalnya, mikroorganisme tertentu yang dapat membuat nitrat dan amonium diperlukan untuk menjaga kesuburan tanah.

Ilustrasi lain adalah menghindari pestisida atau pupuk anorganik yang dapat menguras tingkat nutrisi tanah demi pupuk organik.

Memecahkan Masalah Energi

Manusia dapat memperoleh manfaat dari ekologi dengan memastikan bahwa ada cukup energi untuk menopang kehidupan. Misalnya pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif yang dapat menyediakan energi listrik

Memecahkan Masalah Kesehatan

Akhirnya, ekologi adalah alat yang hebat untuk membantu orang dalam menemukan solusi untuk masalah kesehatan umum mereka.

Mengetahui nyamuk Aedes Aegypti sebagai sumber penyakit demam berdarah, yang dapat ditangani dengan baik jika ditangkap sejak dini, misalnya dengan rutin menguras bak mandi yang berpotensi dijadikan tempat berkembang biaknya telur nyamuk, adalah salah satu contohnya.

Demikian pula, akan lebih baik untuk menjauh dari populasi karena bisa ular kobra bisa berakibat fatal.

Prinsip Utama pada Ekologi

Jenis-Jenis Ekologi

Awalnya, hanya beberapa aspek kehidupan manusia yang menggunakan nama ekologi. Namun, dengan pemahaman ekologi yang lebih dalam, ada kategori lain yang dapat diidentifikasi, termasuk:

Ekologi Manusia – Pengertian Ekologi

Bidang ekologi yang disebut “ekologi manusia” menyelidiki bagaimana lingkungan mempengaruhi manusia.

Ekologi Tumbuhan

Dengan pengecualian organisme dan hewan, ekologi tumbuhan adalah bidang ekologi yang mempelajari tumbuhan sebagai makhluk hidup.

EKologi Hewan – Pengertian Ekologi

Ekologi hewan adalah bidang ekologi yang hanya mengkaji hewan sebagai makhluk hidup, tidak termasuk manusia dan tumbuhan lainnya.

Ekologi Habitat

Sebuah subbidang ekologi yang dikenal sebagai “ekologi habitat” semata-mata berkaitan dengan pemahaman dan analisis habitat.

Ekologi Populasi – Pengertian Ekologi

Hanya interaksi antara kelompok organisme, jumlah individu, dan faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran dan distribusi populasi yang merupakan subjek dari subbidang ekologi yang dikenal sebagai ekologi populasi.

Ekologi Bahasa

Area ekologi yang disebut “ekologi bahasa” melihat bagaimana bahasa dan lingkungan studi berinteraksi.

Ekologi Sosial – Pengertian Ekologi

Bidang ekologi yang dikenal sebagai ekologi sosial mengkaji bagaimana manusia berinteraksi dengan teknologi dan alam.

Ekologi Antariksa

Studi tentang ekosistem yang dapat menopang keberadaan manusia selama berada di luar angkasa dikenal sebagai ekologi ruang.

Kesimpulan

Ekologi adalah ilmu yang mengkaji bagaimana individu atau kelompok makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya.

Menurut teori linguistik, studi tentang interaksi antara organisme dan lingkungannya merupakan ekologi seperti yang dipahami secara linguistik

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian ekologi menurut para ahli. Semoga bermanfaat ya sobat!

/* */