Pengertian, Fungsi dan Contoh Diksi serta Analisis Kesalahan Diksi

Diksi ( Pilihan Kata ) – halo sob, lagi mau belajar tentang diksi ya? kebetulan sekali, kali ini kita akan membahas bersama mengenai diksi. Mulai dari pengertian dan contoh diksi serta menganalisis dan memperbaiki diksi dari sebuah artikel.

 

Pengertian dan Contoh Diksi

Kita mulai dari pengertian diksi, menurut Wikipedia pengertian diksi merupakan pemilihan kata yang tepat dalam merangkai sebuah kalimat. Penggunaan diksi ini bertujuan untuk membuat karya tulis atau kalimat lebih menarik, mudah dipahami, dan lebih sesuai dengan apa yang penulis ingin sampaikan kepada pembacanya.

Contoh Diksi nya :

Kucing saya meninggal tadi pagi. ( kurang tepat, meninggal biasanya digunakan pada manusia )
Kucing saya mati tadi pagi. ( tepat )

Rini adalah wanita yang manis. ( kurang tepat, karena manis bisa diartikan menjadi sebuah rasa )
Rini adalah wanita yang cantik. ( tepat )

Fungsi Diksi

  1. Membuat orang yang membaca atau pun mendengar karya sastra menjadi lebih faham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.
  2. Mencegah salah pemahaman
  3. Membuat komunikasi menjadi lebih efektif.
  4. Melambangkan ekspresi yang ada dalam gagasan secara verbal (tertulis atau pun terucap).
  5. Membentuk ekspresi atau pun gagasan yang tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar atau pun pembacanya.

Contoh Analisis Kesalahan dan Perbaikan Diksi

BOGOR (Pos Kota) – Tarif angkutan kota (Angkot) di Kota Bogor naik Rp500. Ini dilakukan sopir pasca pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tanggal 28 Maret kemarin.

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor mulai Senin (30/3) menetapkan kenaikan tarif Angkot jarak dekat dan jauh sebesar Rp500. Dengan kenaikan baru ini, tarif bagi penumpang umum dan mahasiswa menjadi Rp3.500 dari sebelumnya Rp3.000. Sedangkan tarif angkot untuk pelajar menjadi Rp2.500 dari sebelumnya Rp 2.000.

“Hari ini (Senin 30/3/2015) resmi tarif angkot di Kota Bogor naik,” kata M Ischak, Ketua DPC Organda Kota Bogor.

Penetapan kenaikan tarif setelah ada kesepakatan antara Organda dengan DLLAJ Kota Bogor. Rapat untuk menyatukan pendapat terkait kenaikan tarif, berlangsung di rumah dinas Walikota Bogor.

Pihaknya kini masih menunggu pengesahan Surat Keputusan (SK) Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. “Di lapangan hari ini sudah berlaku. Tinggal menunggu SK di tanda tangan Walikota Bogor Bima Arya, saja,” ujar Ischak.

Naiknya tarif sebesar Rp500, dilakukan dengan beberapa pertimbangan formulasi, terkait kenaikan harga BBM yang diumumkan Pemerintah.

“Kami sudah membuat formulasi kemungkinan kenaikan BBM jika harga BBM berkisar antara Rp7.000- 8.500. Kami dapat harga yang pas adalah naik Rp500. Ini angka yang realistis,”paparnya.

Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto membenarkan, dirinya sudah memberi persetujuan dan menetapkan kenaikan tarif angkot di Kota Bogor sebesar Rp500. “SK kenaikan harga kenaikan tarif angkot sudah saya tandatangan,” kata Bima kepada wartawan.

Gunawan, Ketua Organda Kabupaten Bogor mengaku, tarif angkutan umum di Kabupaten Bogor pasca kenaikan harga BBM naik sebesar 20 persen.

“Untuk tarif angkutan dari Cisarua tujuan akhir Sukasari yang semula Rp 6.000, naik menjadi Rp 8.000.Kenaikan harga tarif sudah dilakukan sosialisasi dan pemberitahuan melalui stiker di pintu angkot,” katanya.

Sumber : http://poskotanews.com/2015/03/30/tarif-angkot-di-kota-bogor-naik/

NoKesalahanPerbaikanKeterangan
1Ini dilakukan sopir pascaIni dilakukan supir pascaKesalahan dalam ejaan. Kata “sopir” tidak baku, seharusnya diganti menjadi “supir”
2… dari sebelumnya Rp 2.000.

… yang semula Rp 6.000, naik menjadi Rp 8.000.

… dari sebelumnya Rp2.000.

… yang semula Rp6.000, naik menjadi Rp8.000.

Kesalahan dalam ejaan. Penulisan tada mata uang Rupiah yang benar harusnya disambung.
3Naiknya tarif sebesar Rp500, dilakukan dengan beberapa pertimbangan formulasi, terkait kenaikan harga BBM yang diumumkan Pemerintah.Naiknya tarif sebesar Rp500 dilakukan dengan beberapa pertimbangan formulasi terkait kenaikan harga BBM yang diumumkan Pemerintah.Kesalahan dalam ejaan.
4“Untuk tarif angkutan dari Cisarua tujuan akhir Sukasari …“Untuk tarif angkutan dari Cisarua menuju Sukasari …Kesalahan dalam diksi.

Kata “tujuan akhir” kurang efektif untuk kalimat tersebut.

5Tinggal menunggu SK di tanda tangan Walikota Bogor Bima Arya, saja,”Hanya menunggu SK ditandatangani oleh Walikota Bogor Bima Arya saja,”Kesalahan dalam diksi dan ejaan. Kata awalan di- pada kata “tanda tangan” harusnya disambung karena itu bukan nama tempat.
6Kami dapat harga yang pas adalah naik Rp500.Kami dapat harga yang tepat, yakni naik Rp500.Kesalahan dalam diksi.

Kalimat tersebut kurang tepat.

Oke semoga sedikit pembahasan mengenai diksi diatas bisa membantu sobat semua lebih memahami tentang apa itu diksi dan menganalisa penggunaan diksi yang salah dan memperbaikinya. Selamat belajar, salam sobat kekinian :V

4 pemikiran pada “Pengertian, Fungsi dan Contoh Diksi serta Analisis Kesalahan Diksi”

Tinggalkan komentar