Rahasia Hilangkan Bau Badan Tak Sedap, Dijamin Ampuh!

Infokekinian.com – Masalah pada tubuh yang biasa dialami oleh banyak orang adalah bau badan yang sangat mengganggu. Sehingga banyak orang yang juga mencari rahasia hilangkan bau badan.

Bau badan biasa disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam kulit, sehingga bakteri tersebut memecah protein yang terdapat di keringat sehingga menjadi asam. Dan asam inilah yang menyebabkan bau tak sedap pada badan.

Penyebab dan Faktor Risiko Bau Badan

 

 

Dan biasanya bau badan ini dialami pada saat masa-masa pubertas, selain bakteri pun gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan bau badan tak sedap seperti diabetes dan juga orang yang gemar makan pedas.

Mengapa mereka yang menyukai masakan pedas lebih sering bermasalah dengan bau badan? Karena dampak rasa pedas yang dirasakan konsumen itu membuat tubuh langsung merespon makanan pedas dengan mengeluarkan keringat.

Lipatan tubuh adalah tempat kamu biasanya mencium bau badan ini. Seperti daerah intim, selangkangan, ketiak, daerah belakang telinga, pusar, dll.

Penyebab dan Faktor Risiko Bau Badan

Bau badan juga disebut sebagai bromhidrosis dalam terminologi medis. Keringat tidak berbau, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bau badan sebenarnya adalah zat asam yang terbuat dari protein keringat yang dipecah oleh bakteri di permukaan kulit.

Kelenjar ekrin dan apokrin adalah dua jenis kelenjar yang menghasilkan keringat. Meskipun kelenjar ekrin terdapat di seluruh kulit, kelenjar ini lebih banyak terdapat di dahi, telapak kaki, dan telapak tangan.

Yang disebut dermis, yang merupakan lapisan terendah kulit, mengandung ekrin ini. Melalui suatu saluran, kelenjar ekrin mengeluarkan keringat ke permukaan kulit.

Keringat yang diproduksi itulah yang membantu mendinginkan kulit serta mengatur suhu tubuh.

Yang harus kamu ketahui adalah bahwa keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin memiliki konsistensi encer dan tidak berbau.

Selanjutnya, kandungan garam yang tinggi dari keringat ini membuat bakteri sulit untuk memecah protein. Makanya, keringat kelenjar ekrin biasanya tidak berbau.

Kelenjar apokrin, berbeda dengan kelenjar ekrin, terletak di daerah tubuh dengan kepadatan tinggi folikel rambut, seperti kulit kepala, ketiak, dan selangkangan.

Keringat apokrin tidak dimaksudkan untuk mengontrol suhu tubuh. Selain itu, apokrin mengeluarkan keringat melalui folikel rambut daripada saluran keringat.

Saat kamu stres, kelenjar apokrin kamu menghasilkan keringat yang lebih berat dan mengandung lemak. Bakteri akan memecah lemak ini, dan menghasilkan bau tidak sedap.

Hasil akhir dari penguraian lemak inilah yang memberikan setiap orang bau badan yang khas. Ketika seseorang mencapai pubertas, hanya kelenjar keringat yang satu ini yang aktif.

Tepatnya saat kadar hormon androgen mulai naik dan menjadi aktif. Jadi, masalah dan keluhan yang paling sering dialami remaja adalah bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dan Badan

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dan Badan

Berikut adalah beberapa solusi alami untuk menghilangkan bau badan dan ketiak berkeringat:

1. Daun Sirih

Bau badan dapat dihilangkan secara efektif dengan menggunakan daun sirih. Merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air adalah salah cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau badan.

Setelah mendidih, tambahkan air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Untuk mencapai efek terbaik, mandi dua kali sehari dengan menggunakan air rebusan tersebut.

2. Soda Kue

Deodoran bisa diganti dengan soda kue, lho Sobat kekinian. Bahan pembuat kue ini bisa digunakan untuk menetralkan asam dan basa agar bisa menghilangkan bau badan yang saat ini kamu alami.

Selain itu, tidak seperti deodoran dan antiperspiran lain di pasaran, soda kue tidak akan meninggalkan noda pada pakaian kamu.

Selain bau badan, baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah lain seperti pemutihan gigi, menenangkan kulit, dan bau kaki.

3. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel, dapat membantu menghilangkan bau badan. Selain bau badan, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk menyembuhkan psoriasis dan mencegah sembelit dengan melancarkan pencernaan.

4. Minyak Pohon Teh (tea tree oil)

Menghilangkan bau badan adalah manfaat lain dari minyak pohon teh. Selain itu, minyak pohon teh mampu menyembuhkan sejumlah kondisi medis, termasuk jamur kuku, jerawat, alergi pada kulit, dan bau mulut.

Menghilangkan Bau Badan dengan Gaya Hidup Sehat

Berikut beberapa tips menghilangkan bau badan dengan pola hidup sehat:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Untuk menghentikan pertumbuhan bakteri pada kulit kamu, mandilah setidaknya dua kali sehari, di pagi dan sore hari.

Saat mandi, bersihkan tubuh kamu dengan sabun, berikan perhatian khusus pada daerah ketiak. Untuk hasil terbaik, coba gunakan sabun antibakteri.

Dr Irma Lidia, tim dokter untuk Jovee, menambahkan, jika keringat itu sendiri hampir tidak berbau.

Namun, bau yang tidak sedap terjadi ketika bakteri yang biasanya berada di kulit kita berbaur dengan keringat dan cepat berkembang biak.

Menggunakan deodoran dan mencuci atau mandi secara menyeluruh, terutama di daerah yang berkeringat, dapat mengurangi bau badan.

2. Mengeringkan Badan dengan Benar

Mengeringkan Badan dengan Benar

Keringkan tubuh kamu dengan benar setelah mandi. Pastikan area yang mudah berkeringat, seperti lipatan tubuh, benar-benar kering.

Teknik ini sangat penting jika kamu ingin menghilangkan bau badan. Alasannya, memiliki kulit kering membuat bakteri lebih sulit tumbuh dan mengurangi bau badan.

3. Memakai Deodorant

Untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, penggunaan deodoran seperti Nivea Deo Dray Comfrot bisa bermanfaat.

Oleskan antiperspirant atau deodoran ke ketiak kamu setelah mandi dan keringkan badan dengan handuk.

Meski memiliki tujuan yang sama, mencegah bau badan dengan antiperspiran dan deodorant bekerja secara berbeda.

Antiperspirant mengandung bahan berbasis aluminium yang dapat meminimalkan keringat berlebih, dan deodoran yang membuat kulit akan menjadi lebih asam sehingga menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar yang terbuat dari bahan mudah menyerap keringat seperti katun, linen, wol, dan sutra untuk pakaian sehari-hari sehingga, kulit bisa bernafas.

Jika kamu ingin berolahraga, itu berbeda. Kenakan pakaian sintetis untuk menjaga kulit kamu tetap basah. Jika pakaian kamu basah karena keringat, cobalah untuk segera menggantinya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kelembapan pada kulit, yang membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Pastikan juga untuk sering mencuci pakaian kamu.

5. Menjaga Pola Makan

Bau badan kamu mungkin dipengaruhi oleh makanan yang kamu makan. Kurangi asupan makanan panas dan pedas seperti bawang dan kari.

Kedua makanan ini dapat mengintensifkan bau keringat kamu. Kurangi juga konsumsi minuman beralkohol yang juga dapat mengubah bau keringat kamu.

6. Mengatasi dan Mengurangi Stres

Untuk mengurangi stres, yang dapat menyebabkan kelenjar apokrin menghasilkan keringat, cobalah teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau terapi biofeedback.

Mengontrol detak jantung, tekanan darah, suhu kulit, dan fungsi tubuh normal lainnya adalah tujuan dari teknik biofeedback.

7. Mencukur Bulu Ketiak Secara Teratur

Kamu harus sering mencukur ketiak jika ingin menurunkan kemungkinan bau ketiak. Karena bulu ketiak dapat menangkap penguapan keringat, sehingga ketiak tetap lembab dan mendorong bakteri penyebab bau badan cepat berkembang biak.

Dengan mencukur bulu ketiak, keringat akan mengalir lebih cepat dan memberi bakteri lebih sedikit waktu untuk mendegradasi protein, sehingga mencegah bau badan.

9. Jangan Biarkan Tubuh Berkeringat Terlalu Lama

Jangan biarkan tubuh kamu terus berkeringat terlalu lama setelah melakukan aktivitas tertentu, seperti berolahraga.

Terlalu banyak berkeringat dapat menyebabkan bakteri menempel pada tubuh dan menyebabkan bau badan.

Untuk menghilangkan keringat yang mengandung bakteri dan kuman dari dalam tubuh, sebaiknya segera mandi setelah berkeringat. Ini akan membuat tubuh kamu lebih segar dan mencegah bau badan.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar rahasia hilangkan bau badan:

Apa Penyebab Bau Badan Pada Wanita?

Hormon merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau badan. Dimana hormon ini sangat krusial pada wanita dalam menyebabkan masalah bau badan,

Karena wanita lebih mengalami banayk proses pada perubahan hormon yang cenderung tidak stabil.

Kenapa Sudah Mandi Masih Bau Badan?

Menurut Marisa Garshick, seorang MD dari Cornell New York Presbyterian Medical Center, mengatakan jika seseorang yang masih terasa bau badan walaupun sudah mandi.

Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang berkeringat. Sehingga hal ini yang memicu penumpukan bakteri di kulit

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai rahasia hilangkan bau badan yang bisa kamu coba di rumah untuk mengatasi bau badan agar tidak mengganggu serta menurunkan rasa percaya diri kamu.

Demikianlah artikel mengenai rahasia hilangkan bau badan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */