Resep Cara Membuat Kue Cubit yang Enak dan Empuk

Resep Kue Cubit –  Kita akan masak-memasak lagi sob, kali ini kita akan membuat salah satu jajanan kue basah kekinian yang saat ini sangat nge-trend dan digemari oleh semua orang. Dia adalah Kue Cubit, hmm kenapa dinamain kue cubit ya?

Menurut sumber yang belum terpercaya, yaitu saya sendirin :v Dinamain kue cubit karena saat sudah matang dan siap untuk dimakan, bentuknya yang bundar-bundar kecil pipih seperti itu mengharuskan kita untuk mencubitnya untuk memegangnya. Itulah mengapa disebut kue cubit.

 

Kue Cubit sendiri di era-kekinian sekarang ini semakin beraneka ragam mengikuti trend yang sedang booming seperti ada kue cubit green tea, kue cubit topping nutella, kue cubit red velvet, dan juga kue cubit nangka. Namun, perbedaan hanya pada toppingnya saja, kecuali yang green tea di adonan kue cubitnya diberi bubuk green tea.

Yuk langsung aja kita siapin bahan-bahan yang dibutuhkan sesuai resep membuat kue cubit yang dijamin enak dan empuk serta gampang untuk membuatnya. Oh ya, untuk membuat kue cubit yang empuk/lembut ada teknik khususnya loh, disimak aja nanti kami akan beri tahu cara membuat kue cubit menjadi empuk.

Resep Kue Cubit Enak dan Empuk

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 200 ml susu cair
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • Coklat meses secukupnya untuk topping, bisa diganti sesuai selera.

Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk

  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, aduk hingga mengembang dan juga gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang. ( tips supaya kue cubit empuk terletak pada gulanya, pastikan gula larut dan tercampur dengan rata)
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit lalu aduk hingga rata. Masukkan margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk.
  3. Aduk adonan sampai rata, lalu masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar mempermudah saat proses menuangkan adonan kue cubit ke cetakan.
  4. Oleskan cetakan kue cubit dengan margarin, lalu panaskan dengan api sedang. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan coklat meses atau topping yang sudah sobat siapkan, lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan dari cetakan lalu kue cubit buatan sobat siap disajikan.

Nah, sekarang sobat sudah bisa membuat jajanan kekinian “Kue Cubit” sendiri. Gimana rasanya sob? pasti enak dong. Sobat bisa kreasikan topping sesuai dengan selera masing-masing, adonannya pun bisa sobat kreasikan, seperti ditambah sedikit bubuk green tea atau bubuk coklat. Selamat mencoba dan menikmati kue cubit buatan sendiri, salam sobat kekinian 🙂

Tinggalkan komentar