Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap dari Generasi ke Generasi

Di Era Digital seperti sekarang ini, bisa dipastikan semua orang butuh komputer sebagai media untuk berbagai aktivitas baik itu pekerjaan, sekolah dan masih banyak lagi. teknologi komputer saat ini memang sangat berkembang pesat baik itu dari segi teknologi hardware atau perangkat yang digunakan maupun dari fitur aplikasi. namun jauh sebelum itu, komputer juga punya sejarah perkembangan mulai dari komputer generasi pertama sampai komputer generasi sekarang yang begitu canggihnya.

Nama komputer sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yakni “Computare” atau alat hitung, hal ini dikarenakan dulunya komputer hanya digunakan untuk perhitungan saja. namun seiring perkembangan zaman, komputer justru mengalami evolusi yang begitu luar biasa, dari masa ke masa komputer selalu berkembang. dan sejarah perkembangan komputer yang panjang tersebut dibagi menjadi 5 generasi, yang akan saya jelaskan seperti berikut ini:

Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer Generasi Pertama, Tahun 1946-1959

Pada komputer generasi pertama, ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Calculator lah yang menjadi komputer pertama, komputer jenis ini sebenarnya dirancang untuk keperluan perang karena dibuat dengan ukuran yang sangat besar. komputer generasi pertama ini memliki beberapa ciri khas khusus seperti instruksi yang spesifik untuk melakukan suatu perintah dengan kode biner atau bahasa mesin dan masih banyak lagi, berikut ini ciri khas komputer generasi pertama:

  • Sirkuit menggunakan tabung hampa.
  • Untuk penyimpanan data menggunakan silinder magnetik.
  • Menggunakan bahasa mesin.
  • Konsep yang digunakan adalah Stored Program.
  • Suhu komputer mudah panas dan Proses sangat lambat
  • Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer inis angat besar.

Komputer Generasi Kedua Tahu 1959 – 1964

DI generai kedua, sejarah perkembangan komputer terus berlanjut, dan pada masa ini komputer mengalami penemuan panting berupa transistor, sebuah alat yang bisa mengoptimalkan kinerja komputer yang ukurannya kecil. ditemukannya transistor ini bisa dibilang menjadi sebuah perkembangan yang cukup signifikan dalam sejarah perkembangan komputer dan pertama kali transistor diterapkan adalah pada superkomputer buatan IBM  yang diberinama Stretch dan dengan diterapkannya teknologi baru transistor ini komputer mampu menyimpan file berukuran besar.

Bukan hanya itu saja, di sejarah perkembangan komputer generasi kedua ini juga bahasa mesin yang sebelumnya dipakai dalam bahasa utama komputer generasi pertama diganti menjadi bahasa assembly yang lebih canggih. di komputer generasi kedua ini selain sudah ada transistor, komputer juga sudah memiliki berbagai macam accessoris seperti printer, disket, memory, aplikasi maupun system operasi. dan beberapa jenis jenis komputer generasi kedua diantara lain : NIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Komputer Generasi Ketiga

Bisa dibilang di masa ini adalah masa paling vital dalam sejarah perkembangan komputer karena memiliki perkembangan yang memang signifikan. berlangsung pada 1964-1970 an, komputer menjadi lebih maju seperti menjadi tidak mudah panas, daya listrik lebih hemat, software makin upgrade dan masih banyak lagi, hal ini karena ditemukannya teknologi baru bernama IC atau Integrated Chip.

Komputer Generasi Keempat 1979-2000an

Melanjutkan generai komputer ketiga, sejarah perkembangan komputer sampai pada tahun 1979-2000an, di era ini komputer sudah semakin canggih dan berkembang. dan teknologi yang paling terkenal adalah penggunaan chip yang sebelumnya bernama IC yang dikembangkan lagi oleh Very Large Scale Integration yang kemudian diberi nama LSI, LSI ini terdiri dari ribuan chip IC yang berupa keping kecil.

Komputer Generasi Kelima, Tahun 2001 sampai sekarang.

Ini dia puncak dari sejarah perkembangan komputer dimana di masa ini, sudah muncul berbagai teknologi canggih komputer mulai dari smartphone, tablel, laptop, PC dan munculnya perusahaan raksasa yang didirikan oleh Bill Gates apalagi kalau bukan Microsoft. di masa perkembangan ini juga berbagai jenis processsor mulai diproduksi oleh Intel dan lain ya sehingga membuat kinerja komputer kian optimal.

Tinggalkan komentar