Syarat Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi syarat mendapatkan set top box TV digital gratis. Simak artikel ini hingga selesai.

TV analog akan dimatikan pada November 2022 sebagai bagian dari migrasi TV digital yang direncanakan Kementerian Informasi dan Telekomunikasi (Kominfo).

6 Wilayah Yang Dilakukan Ditahap Pertama

Masyarakat dituntut untuk segera memiliki set top box TV digital agar dapat terus menonton siaran TV di tanah air.

6 Wilayah Yang Dilakukan Ditahap Pertama

Migrasi ke TV digital ini akan dilakukan dalam lima tahap. Tahap pertama akan dilakukan di enam wilayah paling lambat 17 Agustus 2021. Ini daftarnya:

  1. Aceh 1 (Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar)
  2. Kepulauan Riau (Kabupaten Karimun, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan dan Kota Batam)
  3. Banten (Kota Cilegon,K ota Serang dan Kabupaten Serang)
  4. Kalimantan Timur (Kota Bontang, Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara)
  5. Kalimantan Utara (Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan)
  6. Kalimantan Utara (Kabupaten Nunukan).

Kominfo meminta masyarakat yang tinggal di daerah ASO tahap  pertama, yakni daerah sebagaimana disebutkan di atas untuk segera beralih ke siaran TV digital.

Nah, Kominfo dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) melalui LPP TVRI akan membagikan set top box gratis di daerah ASO tahap pertama.

Syarat mendapatkan set top box gratis harus masuk dalam kategori rumah tangga miskin dan disalurkan melalui pemerintah daerah.

Pendistribusian set top box ASO tahap pertama akan dilakukan oleh SCM, Media dan Rajawali dengan koordinasi bersama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang wilayahnya masuk dalam daftar ASO Tahap pertama.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu.

Harga set top box di berbagai platform e-commerce sekitar 150 ribu rupiah. Jangan lupa untuk memastikan perangkat set top box yang anda mendukung teknologi penyiaran TVdigital yang digunakan di Tanah Air, yaitu DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation.

Dibandingkan dengan analog, siaran TV digital memiliki banyak keunggulan, termasuk tampilan gambar yang lebih jelas dan jernih serta jangkauan saluran TV yang lebih luas.

Kapasitas slot multipleksing pada siaran TV digital dapat menampung 13 channel kualitas SD atau 5 channel kualitas HD.

Kesimpulan

Itulah syarat mendapatkan set top box gratis dari pemerintah. Kami  mengingatkan anda yang berada di daerah ASO tahap pertama, yuk segera bermigrasi ke siaran TV digital!

Demikianlah artikel mengenai Syarat Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */