Tahap Implementasi Operational Excellence


InfoKekinian.com – Apakah kalian tahu bahwaa untuk menerapkan sistem OpEx kalian harus memperhatikan tahap implementasi Operational Excellence, Infokekinian akan memberikan beberapa penjelasan mengenai tahap dalam membentuk OpEx. Yuk simak penjelasannya berikut ini ya!

Ketika sebuah perusahaan atau bahasa manufakturnya telah mencapai keunggulan operasional, setiap orang di perusahaan menyadari peran mereka sendiri dalam aliran nilai kepada pelanggan.

Kemampuan mereka untuk mengenali pola aliran normal dan abnormal dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya sendiri berarti bahwa mereka tidak memerlukan intervensi manajemen.

Pemimpin perusahaan yang unggul secara operasional dapat mengalihkan perhatian mereka dari mengelola operasi sehari-hari dan sebaliknya berkonsentrasi pada inovasi berkelanjutan dan metode lain untuk meningkatkan pendapatan berulang.

Prinsip-prinsip panduan keunggulan operasional, juga dikenal sebagai prinsip-prinsip Shingo, adalah dasar untuk membangun budaya keunggulan operasional yang berkelanjutan di setiap perusahaan.

Tahap Implementasi Operational Excellence (2)

Tahap Implementasi Operational Excellence

Untuk memastikan keberhasilan rencana implementasi keunggulan operasional di perusahaan, kamu perlu melakukan tujuh fase berikut:

1. Pengaturan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan visi dan misi yang ingin dicapai, kemudian kamu harus memilih anggota tim yang akan menjadi agen perubahan dan menentukan perannya dalam misi membangun keunggulan operasional.

2. Evaluasi dan Catat

Advertisements

Setelah tim terbentuk, kamu dapat mulai mendokumentasikan dan mengumpulkan data mengenai keadaan perusahaan saat ini.

Adakan diskusi dengan tim garis depan untuk mendapatkan masukan yang realistis tentang proses yang sedang mereka kerjakan. Setelah kamu memiliki gambaran umum, pelajari prosesnya jika perlu perbaikan dan beri peringkat pada skala kepentingan.

3. Insiatif dan Perbaikan Proses

Pada fase ketiga ini, kamu perlu menjelaskan inisiatif perbaikan proses dan perubahan budaya yang diperlukan untuk mendukung rencana implementasi keunggulan operasional. Jangan lupa untuk membuat timeline dan mendokumentasikan langkah-langkah proyek.

4. Penetapan Tujuan – Tahap Implementasi Operational Excellence

Jika kamu sudah berada di tahap ini, berarti kamu harus mulai menentukan tujuan kamu. Perlu digarisbawahi bahwa tujuan yang kamu buat harus SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu) (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu).

Setelah tujuan didefinisikan dengan baik, tentukan KPI dan beri peringkat pada skala kepentingan. Menugaskan tugas pelacakan dan pemantauan kepada anggota tim dan pemimpin perusahaan juga merupakan ide yang bagus.

5. Menyusun Rencana dan Strategi

Ketika semua rencana dan strategi telah disiapkan, saatnya untuk mengkomunikasikan rencana tersebut kepada semua orang di perusahaan mulai dari pimpinan, manajemen hingga karyawan.

Kamu dapat mulai dengan memberikan beberapa instruksi kepada karyawan. Hanya setelah semua orang disadarkan tentang strategi perubahan, strategi itu harus diterapkan.

6. Evaluasi Dampak – Tahap Operational Excellence

Selama strategi menuju keunggulan operasional diterapkan di seluruh perusahaan, jangan lupa untuk selalu mendokumentasikan perbaikan dan umpan balik dari semua orang. Pantau kinerja kamu secara teratur untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar untuk memenuhi tujuan kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal atau tahap yang harus diperhatikan sebelum kalian membuat sistem operational excellence. Semoga membantu ya!

/* */