Tips Membuat Carousel Instagram di Canva

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips membuat carousel Instagram di Canva, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih jelas dan lengkap.

Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer. Popularitas Instagram melejit saat diakuisisi oleh Facebook.

Sehingga dalam evolusinya juga memunculkan berbagai fitur baru. Fungsi cerita Instagram, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen singkat, awalnya menjadi viral.

Tips Membuat Carousel Instagram di Canva

Setelah itu, Instagram selalu menghadirkan banyak pembaruan terkini yang membuatnya semakin lengkap.

Instagram juga saat ini menawarkan berbagai fitur tambahan seperti efek filter, multipost dan yang sedang marak saat ini adalah foto carousel Instagram. Jelaskan korsel untuk kita.

Fitur Multi Post Foto Instagram

Sebelumnya perlu dipahami dulu bahwa carousel ini adalah sebutan untuk postingan foto instagram yang dikonsep dengan unik.

Seperti yang telah disebutkan di instagram juga ada fitur multi post, dimana pengguna dapat memposting lebih dari satu foto sekaligus. Foto yang bisa diunggah maksimal adalah sampai 10 foto dalam satu post.

Nah dalam 10 foto tersebut tentu kita bisa bebas memilih foto mana saja yang akan diunggah. Namun ukuran dan posisi foto kedua dan seterusnya akan menyesuaikan dengan foto pertama.

Jadi misalkan foto pertama berbentuk kotak, maka foto seterusnya akan menjadi kotak juga meskipun aslinya persegi panjang.

Fitur ini tentu akan sangat berguna bagi penjual online atau pemilik usaha ataupun jasa yang membutuhkan media promosi.

Namun tentu foto berbeda akan nampak sedikit berantakan meski sudah diupload dalam multipost. Maka dari itu pengguna menggunakan ide carousel ini.

Apa Itu Carousel Instagram

Jadi foto carousel ini adalah sama saja dengan fitur multi post di Instagram. Namun yang membedakan adalah konsep foto yang lebih menarik dan lebih rapi. Jika multi post saja tentu foto pertama sampai kesepuluh akan berbeda.

Nah dengan carousel ini foto yang akan diunggah sebelumnya telah di desain terlebih dahulu sehingga nampak nyambung dari awal sampai akhir. Kira kira fotonya seperti ini.

Cukup jelas bukan? Perbedaan terletak pada foto yang di proses pengeditan ini dipotong pada bagian tertentu. Misalnya satu foto persegi panjang akan dibagi dua pada bagian tengah.

Kemudian di posting pada nomor 1 dan 2 di multi post yang membuat foto terlihat seperti nyambung ketika sudah diupload.

Keuntungan menggunakan foto carousel sudah pasti jadi lebih menarik untuk dilihat dan lebih unik.

Apalagi buat kalian penggiat bisnis online di instagram, tentu bisa mendatangkan vibes bagus bagi pengunjung akun dan menarik minat beli.

Untuk membuat foto carousel ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi desain. Tentunya kamu perlu memahami bagaimana cara mengedit di aplikasi ini dulu ya.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan misalnya seperti Coreldraw di pc atau juga aplikasi Canva di ponsel.

Cara Membuat Carousel di Canva

Untuk membuat carousel kita ambil contoh dengan aplikasi Canva. Ini karena pengeditan di ponsel tentu lebih simple dan juga bisa dilakukan oleh siapapun.

Sebelumnya pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Canva yang terpasang. Setelah itu bisa ikuti saja panduannya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Canva di ponsel lalu klik tombol (+) untuk membuat project baru.
  2. Pilih ukuran kanvas yang akan digunakan membuat carousel. Bisa coba ukuran persegi untuk postingan instagram.
  3. Kamu bisa memasukkan background atau bisa juga dengan foto.
  4. Nah karena carousel ini adalah multi post yang nyambung, swipe kanvas ke kanan sehingga kamu akan membuat template baru yang sama dengan template sebelumnya.
  5. Selanjutnya tinggal kreasikan ide kamu ke dalam kanvas yang tersedia.
  6. Misalnya untuk membuat foto yang nyambung, kamu bisa tempatkan setengah bagian foto di kanvas pertama, lalu setengah lainnya di bagian kedua.
  7. Karena terpisah, saat menambahkan foto berarti dilakukan dua kali di setiap kanvas.
  8. Cara nomor 7 di atas juga berlaku untuk pemberian efek background tambahan atau stiker ya.
  9. Jika sudah cukup desainnya, bisa langsung unduh seluruh kanvas dalam project tersebut dengan klik tombol download di bagian kanan atas layar.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tips membuat carousel di Instagram, serta cara membuatnya. Bagaimana mudah bukan?

Dengan mengikuti panduan singkat di atas sebenarnya kamu sudah bisa membuat foto carousel di canva dengan mudah.

Sekarang tinggal bagaimana cara kamu menyalurkan ide dan kreativitas sehingga membuat konten yang keren.

Demikianlah artikel mengenai Tips Membuat Carousel Instagram di Canva dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.