Tips Mencairkan Dana BSU

Infokekinaian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mencairkan dana BSU, simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

Tahap ketiga pembayaran BSU untuk nasabah bank swasta berbeda dengan nasabah bank penerima Himbara.

BSU (Bantuan Subsidi Upah) atau disebut juga BLT Subsidi Gaji telah kembali disalurkan dan kini mendekati tahap ketiga.

Cara Mencairkan BSU

Bank Himbara membawahi penyaluran BSU (Mandiri, BRI, BNI dan BTN). Lantas, bagaimana caranya agar nasabah BCA dan bank swasta lainnya bisa lepas dari BSU tahap ketiga?

Cara Mencairkan BSU

Akun Himbara akan dibuat untuk semua penerima BSU masuk yang belum memilikinya.

Pembuatan akun harus dikoordinasikan dengan perusahaan. Berikut adalah cara untuk mencairkan BSU bagi nasabah BCA dan bank swasta lainnya:

1. Pertama, pastikan perusahaan telah menyerahkan data lengkap pegawainya yang menggunakan BCA atau bank swasta lainnya untuk proses pembukaan rekening kolektif.

Seperti kamu ketahui bersama, dana BSU BPJS Ketenagakerjaan hanya dapat disetorkan ke rekening bank Himbara yaitu Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

2. Bagian HRD perusahaan dapat mengunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk menyampaikan data lengkap melalui menu laporan data perusahaan di website resmi BPJamsostek atau berkoordinasi dengan BPJamsostek cabang setempat.

3. Kelengkapan data harus mencakup dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama Lengkap
  3. Tanggal Lahir
  4. Alamat pemberi kerja
  5. Nama Ibu Kandung
  6. Nomor telepon seluler
  7. Alamat email

4. Jangan lupa untuk memastikan update data telah dilakukan oleh HRD perusahaan tempat kamu bekerja, agar BSU tahap ketiga dapat segera dicairkan ke rekening kamu.

Ketentuan Penerima BSU

Adapun kriteria penerima BSU tahap ketiga sama dengan sebelumnya, antara lain:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Gaji bulanan maksimal 3,5 juta rupiah
  3. Berada di wilayah PPKM level 3 dan 4
  4. Belum pernah menerima bantuan sosial
  5. Terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan

Kesimpulan

Besaran dana BSU yang ditransfer ke penerima adalah 1 juta rupiah. Penerimanya adalah mereka yang memenuhi persyaratan dan lolos verifikasi dan validasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Pegawai dan pemegang rekening bank BCA dan bank swasta lainnya akan dibuatkan rekening bank Himbara (BTN, BNI, BRI, Mandiri atau BSI) untuk kelancaran transfer dana, sebagaimana dijelaskan di atas.

Oleh karena itu, para pekerja yang merasa hanya memiliki rekening BCA segera melengkapi data dan meng-update data untuk membuka rekening Himbara secara kolektif.

Demikianlah artikel mengenai Tips Mencairkan Dana BSU dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */