Apa dan Bagaimana Dampak Positif dan Negatif Globalisasi ?

Globalisasi, di era modern seperti ini globalisasi memang sudah pasti terjadi. era globalisasi terjadi karena akibat pengaruh perkembangan teknologi yang ada di dunia ini

Dalam era globalisasi ini, seseorang akan dapat meniru suatu kebudayaan, pandangan maupun kebiasaan orang lain dari seluruh dunia tanpa terikat batas wilayah ataupun keterbatasa informasi, karena kita bisa mengetahuinya menggunakan media media teknologi seperti internet maupun media elektronik lain.

Dalam Globalisasi, Negara maju merupakan pemimpinnya dimana negara maju akan sangat dengan mudah mempengaruhi negara negara berkembang seperti indonesia, jadi tidak heran jika gaya hidup dan lain sebagainya dari bangsa indonesia meniru bangsa lain karena memang globalisasi sangat memiliki pengaruh yang besar, ada pengaruh negatif maupun positif.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak anda untuk tahu lebih dalam apa saja sih Dampak Negatif Globalisasi dan Dampak Positifnya Bagi Kehidupan kita sebagai manusia? simak ulasannya berikut ini:

Dampak Positif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Kemudahan Mencari Informasi

Di era globalisasi, terdapat berbagai fasilitas mulai dari internet, televisi, sosial media yang dapat memudahkan kita untuk dapat mencari dan mengetahui berbagai informasi dari belahan dunia, inilah salah satu dampak positifnya. kita bisa mendapat informasi yang kita butuhkan.

Komunikasi Mudah

Jika dulu orang berkomunikasi perlu saling tatap muka, kini di era globalisasi tidak demikian, kita bahkan bisa berkomunikasi dengan orang yang lokasinya entah dimana dengan sangat mudah tanpa harus bertemu langsung. sehingga kita bisa mengenal dan memperbanyak pergaulan untuk kepentingan kehidupan kita sebagai manusia untuk saling berinteraksi.

Berkembangnya Perekonomian

Globalisasi juga sangat berpengaruh besar dalam segi perekonomian dimana globalisasi dapat meningkatkan kegiatan ekspor import suatu negara, sehingga otomatis akan menmajukan tingkat ekonomi.

Berkembangnya Teknologi dan Pengetahuan

Dengan informasi yang dapat kita dapatkan dengan mudah dan lain sebagainya di era globalisasi ini, tentu saja secara tidak langsung akan berefek pada tingkat pengetahuan kita yang meningkat, sekarang banyak sekali orang yangbelajar ke luar negeri untuk mengenyam pendidikan, dan hampir semua negara sudah menikmati teknologi yang canggih dari negara lain misalnya saja bangsa indonesia yang menggunakan produk kaendaraan dari jepang, ponsel atau smartphone dari amerika dan lain lain.

Dampak Negatif Globalisasi

Semua hal yang terjadi pasti ada sisi negatif dan positifnya. tidak cukup dengan globalisasi yang menyebabkan berbagai pengaruh positif bagi kehidupan kita sebagai manusia, globalisasi juga dapat menyebabkan berbagai efek negatif, diantara lain:

Informasi yang Tak Terbatas

Informasi memang bagus, namun jika dibiarkan tanpa batas hal ini juga dapat berakibat buruk yang dapat berpengaruh dalam hal kepribadian kita misalnya, atau memiliki pengaruh tertentu yang tidak baik terutama dalam hal sikap.

Pengaruh Budaya

Dengan mudahnya mencari informasi dan berkomunikasi, tentu akan terjadi pengaruh kebudayaan pada era globalisasi ini, pernah dengar istilah ke barat baratan? Ya, inilah salah satu dampak negatif globalisasi dimana dapat menyebabkan budaya suatu bangsat menjadi rusak akibat kita juga mengadopsi budaya luar terutama budaya barat.

Berkurangnya Rasa Cinta Terhadap Produk Dalam Negeri

Dalam hal ekonomin, juga terjadi pengaruh negatif dari adanya globalisasi, diantaranya dapat menyebabkan rasa cinta orang terhadap produk dalam negeri berkurang, hal ini ta lepas dari makin mudahnya kita membeli produk dari luar negeri sekalipun karena sekarang teknologi informasi memang sangat berkembang pesat.

Tinggalkan komentar