Apa Itu Saham Paytren? dan Faktanya

InfoKekinian.com – Sobat kekinian tahukah kalian apa itu Saham Paytren? Paytren adalah sebuah software berupa aplikasi yang digunakan untuk pembayaran online, seperti tagihan rutin, pembelian pulsa elektronik, dan tiket perjalanan.

Pengguna aplikasi Paytren disebut sebagai Mitra, Paytren mengenal 2 jenis mitra yaitu mitra pengguna dan mitra bisnis. PT PayTren Asset Management adalah nama resmi dari perusahaan investasi berbasis syariah (PAM) Paytren.

Paytrend didirikan pada 24 Oktober 2017 dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebagai badan usaha yang berbadan hukum (OJK). Saat peluncuran situs resmi Paytren, Ustad Yusuf Mansyur menjabat sebagai komisaris utama perusahaan. Di situs tersebut, disebutkan bahwa Paytren berkomitmen menghadirkan solusi investasi syariah.

Apa Itu Saham Paytren_ (2)

Apa itu Saham PayTren? dan Faktanya

Berikut akan kami jelaskan ulasan mengenai saham PayTren beserta faktanya

1. PayTren Perusahaan Investasi Syariah

PayTren adalah pasar modal syariah Indonesia yang dioperasikan oleh PT PayTren Aset Manajemen (PAM). Paytren adalah perusahaan manajemen investasi syariah pertama di Indonesia.

PayTren didirikan pada 24 Oktober 2017, dan Otoritas Jasa Keuangan telah memberikan izin untuk beroperasi (OJK). Komisaris Utama Paytren adalah Ustaz Yusuf Mansur.

Dilansir dari laman resmi paytren-am.co.id, PayTren memiliki visi menjadi pengelola investasi syariah terbaik di Indonesia, dan berkomitmen untuk mampu memberikan solusi investasi yang berkualitas.

2. PayTren Mengembangkan Produk Investasi

PayTren mengklaim mengembangkan produk investasi berdasarkan prinsip syariah, untuk kebutuhan masyarakat dan investor. Pendirian PayTren juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masyarakat.

Dalam misinya, Paytren akan bekerja sama dalam investasi syariah di tingkat global, sekaligus memperkuat posisi Indonesia di industri keuangan syariah dunia.

3. Investor PayTren Jual Saham 100%

Pengumuman PayTren Aset Manajemen, perusahaan milik Ustaz Yusuf Mansur belum lama ini, menyatakan bahwa perusahaan akan menjual seluruh sahamnya.

Dikutip dari pengumuman di media massa, direksi PayTren mengatakan 100 persen saham perseroan yang telah dikeluarkan dan dimiliki pemegang saham akan dibeli oleh pihak lain.

Akan ada pemegang saham pengendali baru menyusul pembelian saham tersebut, demikian pengumuman yang dilakukan Sabtu (19/3/2022) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Paytren PAM Ayu Widuri mengungkapkan rencana penjualan saham tersebut memang dilakukan untuk mencapai tujuan atau visi misi perusahaan. Paytren Asset Management, menurut Ayu, merupakan perusahaan investasi syariah pertama di Indonesia.

“Pasar syariah ini memiliki banyak ruang untuk tumbuh. Agar semakin besar, pemegang saham pengendali harus memberikan dukungannya. Penjualan saham PayTren adalah keputusan pengendali tentunya,” ujarnya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi mengenai Paytren sebuah aplikasi yang kini sedang ramai dibicarakan, aplikasi investasi syariah yang di dirikan Ust Yusuf Mansur ini sempat menuai kontroversi.