Aturan Dalam Sepak Bola Terlengkap Yang Perlu Kamu Ketahui

InfoKekinian.com – setelah mengenal sejarah singkat dari permainan sepak bola, kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal aturan dalam sepak bola. Dimana peraturan ini sangat penting dalam permainan sepak bola.

Sepak bola adalah olahraga paling populer dan paling banyak ditonton di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Peraturan Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

Permainan yang biasanya dimainkan di sawah hingga ke lapangan stadion spektakuler ini diatur dengan sejumlah aturan mutlak dan aturan yang direvisi setiap tahun.

Aturan ini bersifat mutlak, termasuk jumlah pemain, panjang durasi permainan, serta ukuran lapangan.

Sementara peraturan lain terkadang diubah dengan berbagai alasan sebagai dampak dari evolusi teknologi dan sepak bola secara keseluruhan.

Beberapa peraturan dari pertandingan sepak bola baru berlaku beberapa tahun, seperti penggunaan teknologi VAR dan cat semprot saat tendangan bebas.

Peraturan Permainan Sepak Bola dan Penjelasannya

International Football Association Board (IFAB) bertanggung jawab atas pembuatan LOTG, hal ini dikarenakan IFAB adalah organisasi pemerintahan yang mengawasi aturan dan prinsip sepak bola.

Berikut ini adalah beberapa aturan dasar sepak bola menurut Laws of the Game, yang mengatur sepak bola internasional:

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran standar dari lapangan sepak bola adalah dengan panjang 90-120m dengan lebar 45-90m. Sedangkan dalam pertandingan internasional, ukuran dari lapangannya dengan panjang 100-110m dan lebar 64-75m.

Lapangan ini berbentuk persegi panjang, yang terdiri dari rumput alami atau rumput buatan, jika disetujui oleh otoritas sepak bola setempat.

Dan jika diperbolehkan menggunakan rumput sintetis, maka warna lapangan harus tetap hijau.

2. Jumlah Pemain

Setiap klub yang bertanding menurunkan sebelas pemain dan sejumlah pemain pengganti. Dalam pertandingan liga domestik, 5-7 pemain diizinkan duduk di bangku cadangan, sedangkan 5-11 pemain diizinkan dalam pertandingan persahabatan.

Aturan pergantian pemain di liga resmi dan kompetisi internasional adalah tiga pemain dan dapat berubah sesuai aturan operator liga.

Seperti pada pertandingan kemarin setelah periode korona, lima pergantian pemain diizinkan.

Jika sebuah klub memiliki kurang dari tujuh pemain, baik karena kartu merah, cedera, ataupun kekurangan stok, maka pertandingan itu akan dihentikan sehingga tim lawan akan diberikan kemenangan atas WO.

3. Durasi Pertandingan

Durasi permainan sepak bola adalah 90 menit, yaitu 45 menit x 2 babal. Dalam pertandingan sistem gugur, jika skor masih imbang setelah 90 menit, dua periode perpanjangan waktu 15 menit akan dimainkan.

Jika skor tetap imbang, maka akan ada adu penalti. Selain itu, ada injury time untuk setiap babak, yang biasanya berkisar antara 0-5 menit.

Ini merupakan waktu pengganti jika ada kejadian di kedua babak yang mengurangi waktu standar. Selain itu, pertandingan tertentu memiliki water break pada menit ke-30 dan 75.

4. Ukuran Bola

Bola tentunya memiliki bentuk yang bulat sempurna dengan bahan suitable, dengan ukuran lingkar 68-70cm atau 27-28 inchi. Dan berat berkisar 410-450gr dengan tekanan udara 0,6 sampai 1,1 atm

5. Peralatan Pemain Sepak Bola

Peralatan Pemain Sepak Bola

Setiap tim mengenakan jersey dengan desain yang unik, bersama dengan celana dan sepasang kaus kaki.

Selain itu, pemain dilarang mengenakan barang-barang berbahaya seperti jam tangan, kalung, dan perhiasan, dan diharuskan memakai pelindung tulang kering.

Penjaga gawang wajib mengenakan seragam yang terpisah dari 10 pemain lainnya, serta sarung tangan dan baju atau celana berlengan panjang.

Semua pemain diizinkan untuk mengenakan perlengkapan cuaca dingin tambahan, termasuk sarung tangan dan pelapis seperti jaket.

Selain itu, pemain juga diizinkan untuk menggunakan kacamata, masker, dll., yang diizinkan secara medis.

6. Wasit

Referee atau wasit adalah pengadil utama yang ada di lapangan, wasit ini berwenang untuk menentukan pelanggaran, membatalkan gol,

Mengeluarkan peringatan kartu kuning maupun merah, atau menangguhkan permainan jika situasi di lapangan, seperti hujan lebat, kerusuhan di lapangan atau di tribun, dll.

7. Asisten Wasit

Hakim garis atau dua sisten wasit ini bertugas untuk menyusuri garis pinggir lapangan tergantung pada posisi bola.

Hal ini bertujuan untuk membantu wast utama, terutama dalam memutuskan offside, tendangan gawang, atau pelanggaran di dekat posisinya.

Selain satu wasit utama, dua asisten wasit, terdapat wasit keempat yang merupakan official pertandingan yang bertanggung jawab atas administrasi pertandingan, termasuk menjaga skor, mengeluarkan kartu kuning dan merah, dan membantu pergantian pemain.

8. Kick Off atau Awal Permainan

Kick off atau tendangan awal merupakan tendangan yang dilakukan di tengah lapangan untuk menandakan dimulainya permainan, setelah terjadinya gol, maupun lanjutan dari babak pertandingan.

Selain menggunakan metode kick-off, wasit melempar bola ke atas secara vertikal untuk memulai pertandingan setelah suatu peristiwa atau insiden menghentikan permainan.

Entah itu karena kerusuhan, cedera pemain, atau bola yang menyentuh tubuh wasit.

9. Bola Masuk dan Keluar Area Lapangan

Bola dianggap keluar atau out ketika melewati garis lapangan dan wasit juga dapat menghentikan permainan untuk situasi tertentu, seperti pemain yang cedera, yang mengakibatkan bola keluar.

Selain itu, ketika bola masuk ke dalam lapangan dengan cara throw-in, corner kick, atau goal kick, akan kembali dalam posisi aktif (on play).

10. Metode Gol

Metode Gol

Gol merupakan proses saat bola melewati garis gawang dimana sebuah gol dapat dianggap sah jika tidak ada pelanggaran, offside, atau handball yang terjadi sebelum bola melewati garis gawang.

Gol yang sah meskipun dicetak oleh pemain lawan secara tidak sengaja atau yang dikenal sebagai gol bunuh diri.

11. Offside

Offside terjadi ketika seorang pemain mendapat umpan bola dari rekan setimnya saat dia berada di belakang pemain lawan terakhir (selain penjaga gawang).

Asisten wasit akan mengangkat bendera di sisi lapangan ketika seorang pemain terjebak dalam posisi offside.

12. Pelanggaran

Dalam sebuah permainan, pemain yang tindakannya dianggap tidak etis melanggar aturan. Baik itu benturan fisik atau sikap pemain terhadap wasit, tim lawan, atau penonton, selalu ada unsur agresi.

Contoh pelanggaran fisik antara lain menekel lawan, menggunakan tubuh untuk mendapatkan bola, menyeret, mendorong, dan melompati lawan.

Mengangkat kaki terlalu tinggi, menyelam, aktif menyentuh bola dengan tangan, dll.

Sedangkan pelanggaran suatu sikap, seperti menggunakan bahasa kasar terhadap pemain atau ofisial lawan, menghina wasit, bersikap rasis, atau melakukan sesuatu yang dianggap berlebihan.

13. Tendangan Bebas

Tendangan bebas adalah tendangan yang diberikan kepada salah satu pihak ketika tim lain melakukan pelanggaran.

Tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung adalah dua jenis dari tendangan bebas.

Tendangan bebas langsung adalah tendangandari hasil pelanggaran dan biasanya dilakukan dengan ancang-ancang dan pagar betis dari tim lawan.

Sebaliknya, tendangan bebas tidak langsung biasanya diberikan ketika ada offside atau pelanggaran yang terjadi di dalam setengah lapangan lawan.

Ketika, misalnya, melakukan tendangan bebas tidak langsung mengakibatkan bola masuk ke gawang lawan. Maka, hal itu tidak dapat dihitung sebagai gol.

14. Tendangan Penalti

Tendangan Penalti adalah tendangan yang dilakukan 11 meter sebelum gawang. Ini terjadi ketika salah satu pihak melakukan pelanggaran atau handball di kotak 16 yard, serta adu penalti.

Sebelum tendangan penalti, semua pemain selain penendang, serta penjaga gawang, harus berada di luar kotak 16, dan penendang harus berada di belakang garis gawang dan tidak dapat bergerak maju.

15. Lemparan Kedalam, Tendangan Ke Gawang dan Tendangan Sudut

Bola dilempar ke dalam ketika melewati garis samping. Lemparan ini dilakukan dengan kedua tangan diletakkan di atas kepala, bukan di bawah.

Tendangan gawang ini merupakapan tendangan yang diberikan kepada tim A karena bola mengenai anggota badan dari tim B saat keluar garis lapangan , tendangan gawang ini biasanya dilakukan oleh penjaga gawang atau kiper.

Tendangan sudut atau corner kick adalah tendangan yang dilakukan dari sudut kanan atau kiri lapangan.

Tendangan ini diberikan kepada tim A jika bola keluar lapangan sambil menyentuh anggota tubuh pemain tim B sebelum keluar lapangan.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum dipertanyakan seputar aturan dalam sepak bola:

Bagaimana Aturan Dimulainya Pertandingan Sepak Bola?

Aturan dalam tanda dimulainya pertandingan sepak bola ini dengan adanya kick off yang dilakukan ditengah lapangan setelah wasit utama menentukan tim pertama yang akan memulai pertandingan.

Apa yang Dimaksud dengan Peraturan 30 Detik?

Peraturan 30 detik merupakan peraturan yang harus dilakukan oleh regu atau tim yang sedang menguasai bola dan harus melakukan tembahakan dalam waktu 30 detik tersebut.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai aturan dalam sepak bola yang dasar, sehingga kamu tentunya harus mengetahui dan menguasai peraturan ini.

Dan bisa kita simpulkan, jika sepak bola ini merupakan permainan yang dilakukan ole dua tim berbeda.

Yang mana setiap timnya ini terdiri dari 11 orang pemain dan dalam permainannya ini tentu terdapat aturan dalam sepak bola yang perlu dipatuhi.

/* */