Berkunjung Ke Blitar? Rugi Jika Tak Mengunjungi Tempat Wisata Berikut Ini!

Blitar adalah salah satu kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Kota Blitar merupakan kota tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Kota ini juga memiliki banyak julukan, loh! Diantaranya disebut sebagai Kota Proklamator, Kota Peta, dan Kota Patria. Selain itu, kota ini juga dijuluki sebagai Kota Koi. Mengapa bisa? Karena di kota ini hewan yang menjadi ciri khas negara Jepang ini dapat berkembang dengan baik.

Selain memiliki kota yang makmur, Kota Blitar juga memiliki tempat wisata yang sangat menawan. Mulai dari pegunungan, pantai, peninggalan bersejarah, hingga wahana bermain, semua ada di kota ini. Ingin tahu tempat apa sajakah itu? This is the summary!

Objek Wisata Terpopuler Di Kota Blitar

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Tambakrejo. Sama halnya yang dimiliki pantai lainnya, Pantai Tambakrejo memiliki pasir yang bersih, air laut yang biru serta ombak yang bergelombang dengan eloknya.

Agar sampai di pantai yang indah ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Blitar. Di pantai ini Anda juga akan menemukan berbagai fasilitas lengkap yang disediakan oleh warga sekitar. Seperti, toilet, kedai makanan, toko asesories, pelelangan ikan hingga mushola. Sehingga Anda akan merasa nyaman berlama-lama di tempat ini.

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondo Mayit

Setelah puas bersantai di Pantai Tambakrejo, kita beranjak ke Pantai Pasetran Gondo Mayit. Jangan merasa takut terlebih dahulu? Pantai ini bukan tempat penguburan mayat kok. Justru pantai memiliki pemandangan yang tak kalah eksotisnya dengan Pantai Tambakrejo.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu berjalan kaki menelusuri bibir Pantai Tambakrejo dan menyebrangi sungai menggunakan perahu warga. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melewati rute lain.

Ketika Anda sampai di pantai ini, Anda akan merasakan betapa virgin nya pantai ini. hal ini dikarenakan Pantai Pasetran Gondo Mayit tidak seramai Pantai Tambakrejo. Fasiitas yang tersedia juga sangat minim. Sehingga ada baiknya jika Anda membawa persediaan makanan sendiri, karena pantai ini hanya memiliki satu kedai makanan.

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Masih berbicara tentang pantai, Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates juga memiliki pantai yang indah. Sebut saja dengan Pantai Jolosutro. Jika dilihat dari namanya, pantai ini berarti Pantai Jala Sutra menurut bahasa Jawa.

Berbeda dengan Pantai Tambakrejo dan Pantai Pasetran Gondo Mayit yang memiliki pasir yang putih dan bersih, justru pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Selain pasirnya yang hitam, pantai ini juga memiliki batu karang dengan berbagai ukuran.

Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko

Selain pantai, Kota Blitar juga memiliki wisata Arung Jeram Soko. Arung jeram ini sangatlah cocok untu Anda yang sangat menyukai dengan petualangan dan tantangan. Anda akan diajak mengarungi sungai sejauh 9 km dengan beberapa tingkat kesulitan. Namun, Anda tak perlu khawatir! Arung Jeram Soko ini sangatlah aman untuk para rafter pemula.

Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel

Setelah puas bermain arung jeram, tak ada salahnya jika Anda perendam di Pemandian sumber Udel. Terletak di Jalan Kali Bratas, Kecamatan Bendo, Anda akan menemukan beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Sehingga, pemandian ini sangatlah cocok untuk semua usia.

Di Pemandian Sumber Udel, Anda juga akan menemukan waterboom yang memilikin kedalaman hingga 1 meter. Wah, pasti akan menambah kesenangan dalam liburan Anda tentunya.

Itulah beberapa rangkuman tentang objek wisata yang berada di Kota Blitar. Walau kota Blitar terkenal dengan kota yang panas, justru tempat wisata air di kota ini sangatlah menyenangkan. Tunggu apalagi? Ajaklah semua keluarga dan sahabat-sahabat Anda untuk mengunjungi kota ini!

Tinggalkan komentar