Cara Mengajukan Visa

Infokekinian.com – Bagi kamu yang berniat bepergian ke luar negeri, cara mengajukan visa sangat penting untuk kamu ketahui. Karena visa sama pentingnya dengan paspor.

Visa adalah bukti bahwa seseorang dapat mengunjungi suatu negara di luar Indonesia. Selain untuk masuk suatu negara, visa juga digunakan sebagai izin untuk berangkat dari negara yang dikunjungi.

Syarat Pengajuan Membuat Visa

Cara pembuatan visa bisa dilakukan di kedutaan negara tujuan. Berikut Infokekinian berbagi cara membuat visa dan pantangan yang harus dipenuhi.

Syarat Pengajuan Membuat Visa

Ketika kamu ingin mengunjungi negara lain, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa persyaratan untuk mengajukan visa. Seperti berikut ini:

  1. Paspor.
  2. Form permohonan visa.
  3. Pas foto sesuai dengan ketentuan yang berlaku di kedutaan besar negara terkait.
  4. Menunjukkan surat sponsor atau surat keterangan kerja atau surat keterangan studi.
  5. Bukti keuangan dan salinannya selama 3 bulan terakhir.
  6. Fotokopi KTP dan KK.
  7. Jadwal perjalanan yang akan dilakukan
  8. Bukti reservasi tiket pesawat atau tiket pulang pergi.

Setelah memenuhi persyaratan pembuatan visa di atas, kamu dapat pergi ke kedutaan negara terkait untuk mengajukan visa.

Cara Membuat Visa

1. Untuk mendaftar, kamu bisa menggunakan sistem online di website kedutaan besar negara tujuan. Isi data pribadi dan lakukan pemesanan jadwal verifikasi berkas.

2. Siapkan dokumen yang diperlukan, mulai dari paspor, KTP, formulir permohonan, pas foto, bukti pembayaran visa (jika diharuskan membayar di muka), surat keterangan (sponsor, kerja, belajar), dokumen keuangan, tiket pesawat dan surat keterangan kesehatan .

3. Datang dan serahkan dokumen ke petugas dan tunggu proses wawancara. Kamu akan menerima wawancara singkat terkait alasan dan latar belakang kunjungan kamu ke negara terkait. Jika dinyatakan lolos, kamu hanya perlu menunggu visa diterbitkan.

4. Ketika jadwal pengambilan tiba, kamu dapat kembali ke kedutaan besar terkait untuk mengambil dokumen visa yang kamu ajukan.

Jika pembayaran tidak diminta di awal, proses ini juga sekaligus melakukan proses pembayaran.

Kesimpulan

Siapa pun yang memenuhi syarat untuk membuat visa dapat melakukannya, selama mereka mengikuti prosedur yang berlaku dan tidak melanggar hukum.

Namun, kamu mungkin perlu meninjau kembali rencana kamu karena banyak negara saat ini ‘dikunci’ karena pandemi yang sedang berlangsung.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengajukan Visa dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.