Contoh Kalimat Majemuk Setara, Pengertian, Ciri dan Jenis

Yang dimaksud dengan kalimat majemuk setara sendiri adalah, sebuah kalimat yang terbentuk dari gabungan 2 buah klausa atau lebih, yang setiap kalimatnya mempunyai kedudukan setara atau juga sejajar. Sadar atau tidak ini adalah salah satu kalimat yang cukup sering digunakan, contoh kalimat majemuk setara yang sering digunakan adalah “Saya bekerja keras, sementara kamu hanya duduk diam”.

Dilihat dari contoh diatas, kalimat yang dimaksud, menggunakan kata hubung. Jenis-jenis kata hubung antara lain, dan, juga, lalu, atau juga sementara. Kalimat yang dimaksud ini, juga bersifat koordinatif, hasilnya kalimat yang dimaksud,dapat berdiri sendiri atau bisa juga dijadikan satu.

Ciri kalimat majemuk setara

Untuk lebih mudah memahami tentang kalimat majemuk setara, ada baiknya jika Anda membaca beberapa karakteristik dari kalimat tersebut, antara lain :

  • Dalam kalimat majemuk setara ini, antar klausa satu dengan yang lain mempunyai kedudukan yang setara.
  • Hubungan antar klausa yang ada mempunyai sifat yang koordinatif.
  • Klausa yang ada pada kalimat majemuk setara ini, dapat berdiri sendiri atau terpisah, atau dapat juga dijadikan satu atau digabungkan.
  • Umumnya kalimat yang dimaksud, akan menggunakan kata hubung, seperti sebelum, setelah, dan, lalu, bahkan, ketika, sedangkan dan kemudian.

Jenis – jenis kalimat majemuk setara

Jika dilihat berdasarkan konjungsinya, kalimat majemuk setara ini, akan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

  1. Setara sejalan

Setara sejalan, adalah sebuah kalimat majemuk, yang salah satu cirinya adalah adanya penggabungan klausa yang menempati tujuan yang sama atau istilah lainya sejalan. Umumnya, kalimat yang dimaksud akan ditandai dengan konjungsi, seperti dan juga, sebelum, ketika, sesudah itu, dll.

Adapun contoh kalimat majemuk setara adalah :

  • Mama sedang masak, dan papa sedang mencuci mobil.
  • Rosa bekerja sebagai manager marketing, sebelumnya dirinya bekerja sebagai sales marketing.
  • Adik sedang bermain game, sedangkan kakak sedang menonton TV.
  1. Setara berlawanan

Setara berlawanan adalah, sebuah kalimat majemuk setara, yang unsur penyusunnya mempunyai makna atau arti yang berlawanan situasi. Biasanya kalimat yang akan digunakan, dihubungkan dengan konjungsi, seperti melainkan, tetapi, namun, dll.

Adapun contoh kalimat majemuk setara adalah :

  • Tino sebenarnya anak yang rajin belajar, tetapi dia juga terkenal sangat nakal di sekolahnya.
  • Ibu ingin membeli sepatu baru, namun uangnya belum cukup.
  • Riva mengemudikan mobil jaguar keluaran terbaru, sedangkan fadil mengemudikan mobil angkutan umum.
  1. Setara sebab akibat

Setara sebab akibat adalah sebuah penggabungan antara 2 kalimat. Yang mana, kalimat yang satu akan berperan sebagai sebab, sedangkan kalimat lainnya akan berperan sebagai akibat. Kalimat yang satu ini akan ditandai dengan kata hubung, seperti sehingga, karena, akibatnya, dan yang lainnya.

  • Semalam Jakarta diguyur hujan cukup lebat, sehingga air meluap dan menyebabkan banjir setinggi lutut orang dewasa.
  • Akibat Rinto suka begadang, akibatnya, dirinya jadi terlambat pergi ke sekolah.
  • Seorang ibu menangis sejadi jadinya, karena anaknya semata wayang meninggal dunia.
  1. Setara memilih

Adapun setara memilih adalah sebuah kalimat hasil penggabungan antara 2 klausa yang mengandung unsur pilihan, yang harus dilakukan oleh seseorang. Jenis kalimat ini akan ditandai dengan kata hubung atau.

Adapun contoh kalimat majemuk setara adalah :

  • Ibu sedang bertanya pada adik, apakah adik ingin dibelikan sepatu baru atau tas baru.
  • Anang bertanya pada istrinya, sebaiknya cat luar rumah menggunakan warna biru atau warna coklat.
  • Saat ini Lani sedang kebingungan, sebaiknya dirinya memilih universitas A atau universitas B.
  1. Setara penguat

Yang dimaksud dengan kalimat setara penguat ini adalah sebuah kalimat majemuk dari penggabungan 2 klausa atau juga lebih. Dimana salah satu kalusa yang dimaksud akan menguatkan klausa yang lainnya. Kalimat yang satu ini akan menggunakan kata penghubung, seperti terlebih, apalagi atau yang lainnya.

Adapun contoh kalimat majemuk setara antara lain :

  • Menggunakan scrub memang baik untuk membersihkan wajah, tapi jika terlalu sering dapat merusak kelembaban kulit wajah Anda.
  • Jaman sekarang, mencari pekerjaan dengan hanya mengandalkan ijazah SMA tentunya sangat susah. Apalagi jika Anda hidup di kawasan perkotaan, dengan jumlah penduduk yang cukup padat.
  • Kakak adalah seorang pekerja keras, bahkan terkadang, dirinya bekerja hingga larut malam.

Demikianlah ulasan tentang pengertian, ciri, dan juga jenis-jenis kalimat majemuk setara, yang dilengkapi juga dengan contoh kalimat majemuk setara. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan komentar