Contoh Pidato Tentang Pendidikan Singkat

166 views

Contoh pidato tentang pendidikan. Pendidikan termasuk kebutuhan pokok bagi setiap manusia, baik itu dalam pendidikan formal ataupun pendidikan non formal. Pendidikan yang sifatnya formal adalah pendidikan yang dapat diperoleh dari sebuah lembaga yang telah mendapatkan pengakuan pemerintah, semisal sekolah. Sementara pendidikan yang sifatnya non formal adalah pendidikan yang bisa didapatkan di luar sekolah, misalnya dari lembaga kursus, masyarakat, keluarga dan sebagainya. Peranan pendidikan sangat penting sebab menyangkut kehidupan generasi yang akan datang di masa depan, menjadi generasi yang peduli dan cerdas sehingga mampu meneruskan perjalanan pendiri negara.

Jika berbicara tentang pendidikan di Indonesia seperti saat ini, Indonesia sendiri sudah menerapkan program pembelajaran wajib 12 tahun. Dengan begitu diharapkan semua generasi penerus bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan bisa bersaing dalam kancah global. Adapun program wajib belajar selama 12 tahun sendiri sudah dibakukan semenjak tahun 2012 lalu dan banyak disebarluaskan lewat pidato yang telah disampaikan banyak orang, khususnya yang berwenang atau yang peduli akan pentingnya pendidikan, seperti lembaga, aktivis, guru, menteri pendidikan dan sebagainya.

Di samping menyukseskan program pembelajaran wajib 12 tahun, peranan pidato singkat pendidikan juga bisa menyampaikan mengenai hal yang lainnya dan tentu masih berkaitan dengan pendidikan. Misalnya saja pentingnya pembelajaran etika, belajar agama, menjaga lingkungan, menjaga kesehatan hingga motivasi bagi para siswa.

Tentang Pidato Pendidikan

Pidato secara sederhana bisa didefinisikan sebagai aktivitas di depan khalayak ataupun berorasi dengan tujuan memberikan gambaran maupun menyatakan pendapat mengenai sesuatu hal. Dimana pidato merupakan bentuk penyampaian pikiran berbentuk kata-kata dan ditujukan pada banyak orang. Pidato adalah bentuk penyajian secara lisan pada banyak orang. Selain itu, pidato berbentuk komunikasi secara lisan harus mendapatkan perhatian secara khusus. Bila hendak berpidato, maka seseorang perlu memperhatikan bagaimana penampilannya, perilaku, ekspresi wajah dan juga intonasi suara. Hal tersebut dikarenakan semua unsur tersebut adalah faktor terpenting yang berpengatuh pada tersampaikannya pidato.

Dalam teks pidato pendidikan tentu terdapat struktur-struktur pidato yang terdiri atas beberapa bagian, diantaranya :

Pembuka yang isinya berupa salam atau berupa sapaan pembuka, pembuka pidato dan ucapan syukur.

Isi yang mengandung topik yang ingin disampaikan secara tak langsung. Basanya pidato disampaikan lewat anekdot, penggambaran, contoh hingga cerita yang berhubungan dengan topik pembahasan pidato.

Penutup, yang isinya tentang simpulan serta saran, ucapan terima kasih, kemudian permintaan maaf dan salam penutup.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Adapun contoh pidato pendidikan yang bisa Anda jadikan referensi adalah sebagai berikut :

Bagian Pembukaan Pidato :

Assalamualaikum Wr.Wb.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena atas karunia dan nikmat-Nyalah kita bisa berkumpul lagi dalam kondisi yang sehat walafiat. Tidak lupa shalawat dan salam selalu tercurahkan pada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang sudah memperjuangkan agama dan nilai-nilai teladan hingga sampai pada kita semua.

Bagian Isi Pidato :

Hadirin yang saya hormati

Kini Bangsa kita sedang menghadapi persoalan sangat serius, yakni menurunnya moral pada kalangan remaja. Tak sedkit remaja saat ini yang telah terpengaruh sikap hidup yang hedonis, dengan kehidupan yang telah mengabaikan norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Hal tersebut dapat dilihat menurut data yang sudah disampaikan beberapa lembaga. Salah satunya adalah lembaga independen yang memaparkan tentang fakta mencengangkan, dimana 65% ramaja di zaman sekarang sudah pernah berhubungan seks, seperti seks bebas, berciuman hingga berhubungan seks dengan sesama jenis.

Hadirin yang saya hormati

Berdasarkan data tersebut telah cukup membuktikan persoalan yang tengah terjadi saat ini. Lalu dimana peran pendidikan di sekolah, guru maupun orangtua?

Sesudah diteliti ternyata remaja atau para pemuda saat ini sudah kehilangan jati dirinya sebagai ksatria. Hal tersebut dikarenakan lemahnya program pendidikan karakter mereka, baik yang didapatkan dari sekolah ataupun dari rumah.

Bagian Penutup :

Demikanlah contoh pidato pendidikan singkat yang bisa saya sampaikan, dan akhir kata saya ucapkan mohon maaf jika ada pekataan yang tak berkenan.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Leave a Reply

Your email address will not be published.