Contoh Teks Editorial Singkat, Fungsi dan Ciri-cirinya agar Mudah Dideteksi

Teks editorial adalah salah satu teks yang berisi opini atau pendapat dari seorang penulis pada redaksi sebuah media. Contoh teks Editorial bisa Anda lihat di dalam surat kabar yang biasanya di kolom kecil di samping halaman.

Opini yang ditulis oleh penulis merupakan salah satu pandangan secara resmi oleh redaksi. Namun, opini ini tentunya tidak dibuat secara sembarangan. Semuanya dibuat dengan fakta dan juga data yang terjadi pada saat itu.

Teks editorial bertujuan untuk mengajak para pembaca untuk ikut berpikir mengenai isu yang berkembang dan juga memberikan opini redaksi yang menjadi salah satu hak setiap orang dalam mengemukakan pendapat.

Fungsi Teks Editorial

Fungsi yang pertama dari teks editorial yang pertama adalah untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai isu yang berkembang dalam lingkungan. Tujuannya mengajak masyarakat untuk membuka mata.

Selain itu, teks editorial juga berfungsi untuk merangsang pemikiran para pembaca yang mungkin tidak sampai dalam menanggapi pemikiran tersebut. Selain itu juga merangsang tanggapan lain yang mungkin kontras dengan opini tersebut.

Teks editorial juga berfungsi untuk menggerakkan masyarakat untuk bertindak. Bagi pembaca yang pro terhadap opini penulis yang mewakili redaksi akan mulai bergerak. Apalagi disertai dengan data yang aktual dan terpercaya.

Ciri-ciri Teks Editorial

Walaupun hanya terlihat sebagai opini belaka akan tetapi teks editorial ini memiliki ciri-ciri yang dapat menjadikannya berbeda dengan teks opini lain. Topik pembahasannya pasti merupakan hal yang hangat diperbincangkan.

Teks editorial ini juga memiliki sifat yang sistematis dan juga logis karena disertai dengan data. Bukan sekadar opini yang bebas, tetapi opini ini bersifat argumentatif. Teks ini banyak disukai oleh masyarakat.

Pasalnya, teks dibuat seperti berita akan tetapi ditulis dengan sangat menarik dan membuat siapa saja yang membacanya menjadi lebih semangat untuk membaca sampai selesai. Apalagi jika disertai dengan prediksi-prediksi.

Struktur Contoh Teks Editorial Singkat

Untuk membuat atau mengetahui apakah itu merupakan teks editorial maka Anda membutuhkan contoh teks editorial singkat itu sendiri. Untuk contoh, Anda  bisa mencarinya di beberapa surat kabar di bagian pojok opini.

Strukturnya unik karena terdiri dari tiga bagian utama yaitu pernyataan pendapat, argumentasi, dan juga penegasan. Jika Anda teliti dalam membacanya maka struktur ini akan sanat mudah ditemukan oleh pembaca.

  1. Pernyataan pendapat atau biasa disebut dengan tesis merupakan salah satu bagian di mana seorang penulis mengungkapkan sudut pandangnya terhadap apa yang terjadi di dalam masyarakat.

Pada tahap ini, penulis biasanya juga akan memperkuat dengan beberapa teori yang akan memperkuat suatu argumentasi penulis pada saat itu. Argumen ini disertai dengan teori singkat dari beberapa sumber.

Penulis juga bisa mengungkapkan apa yang terjadi pada saat ini dilihat dari apa yang sedang terjadi sebenarnya. Terkadang masyarakat juga sudah tahu mengenai isu ini namun mereka tidak bisa menanggapnya.

  1. Yang kedua adalah masakah Argumentasi. Setelah menulis pernyataan pendapat di atasnya, maka selanjutnya penulis dapat mengungkapkan semua yang mendukung argumentasinya dan memperkuat opini.

Penulis pada tahap ini akan melampirkan berbagai jenis data yang bisa digunakan untuk meyakinkan pembaca. Misalnya saja untuk kasus corona ini, penulis bisa menggunakan data dari WHO atau dari BNPB.

Selain itu, penulis juga bisa melampirkan beberapa teori dan pernyataan yang sah dari berbagai ahli dalam bidang kesehatan atau yang lainnya pada kasus corona tersebut. Sehingga opini menjadi lebih kuat.

Opini ini juga bisa disertakan fakta-fakta yang terjadi di lapangan yang terkait dengan referensi yang penulis gunakan baik data atau pun teori yang terpercaya. Sehingga memperkuat bagian akhir teks editorial.

  1. Dan yang terakhir adalah pernyataan penegasan yang mana merupakan rangkuman dari opini yang dibuat. Penegasan ini juga bisa didukung dengan berbagai fakta untuk memperkuat kembali.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai teks editorial. Kini Anda sudah bisa mengidentifikasinya langsung atau bahkan bisa menulisnya pula. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semuanya yang membaca.

Tinggalkan komentar