Dampak Negatif Internet dan Cara Mencegahnya

Di Era Digital seperti sekarang ini, semua orang pasti butuh yang namanya internet untuk menunjang kehidupan sehari hari mulai dari urusan pekerjaan, sekolah dan atau hanya untuk sekedar mencari informasi maupun hiburan di internet. tak terkecuali, hampir semua oang dari berbagai kalangan baik itu Orang Dewasa, Remaja bahkan sampai orang tua sekalipun sudah menganggap internet sebagai teman sehari hari. internet tentu memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan kita sebagai manusia karena kita dimudahkan dalam berbagai hal. namun yang perlu diingat, segala sesuatu yang baik atau positif pun tentu akan menimbulkan beberapa akibat negatif, begitu juga dengan teknologi internet, ada beberapa Dampak negatif internet yang bisa saja terjadi pada semua orang khususnya anak anak remaja.

Untuk anda para orang tua, mengawasi anak anda dalam menggunakan internet adalah wajib hukumnya jika tidak ingin anak anda terjerumus dengan berbagai hal negatif dari internet, dan untuk anda anak remaja dan orang dewasa, anda juga harus sadar betul bahwa internet layaknya digunakan untuk hal hal positif, bukan untuk melakukan sesuatu yang dapat menimbulkan dampak negatif, untuk lebih lanjut lagi mengenai Dampak Negatif Internet, simak ulasannya berikut ini:

Akibat Buruk Konten Dewasa

Akibat Buruk Konten Dewasa

Meskipun dari pemerintah sudah melakukan tindak pencegahan terhadap koneten pornografi atau konten dewasa, hal ini tidak membuat pengguna internet kebingungan untuk mendapatkan konten yang tidak baik ini, karena perkembangan teknologi memang sangat luar biasa dan masalah konten dewasa yang dapat menyerang semua pengguna internet ini adalah dampak negatif yang belum ada solusinya sampai sekarang.

Kekejaman

Di Internet, orang bebas menyebarkan segala sesuatu baik itu dalam bentuk informasi, ajakan dan provokasi yang tidak baik misalnya saja tindakan kekejaman, dimana banyak orang yang terpengaruh akan segala sesuatu yang mereka lihat di internet, misalnya saja soal tindak kekerasan dalam bentuk video yang anda tonton di internet, maka secara tidak langsung hal itu akan membuat anda terpengaruh untuk melakukan tindakan kekerasan juga.

Penipuan

Ini merupakan dampak negatif internet yang terbesar, dimana banyak sekali kasus penipuan yang terjadi di internet, hal ini wajar mengingat internet bisa menghubungkan kita dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka, maraknya tindakan penipuan tentu harus segera dicegah supaya internet dapat selalu positif untuk kita sebagai orang yang hidup di era teknologi digital seperti ini.

Kecanduan Game

Selain penipuan, dampak negatif internet yang sering terjadi khususnya pada anak anak remaja adalah kecanduan terhadap game online, sekarang ini perkembangan game online sangatlah pesat, banyak sekali game game yang seru dan menarik untuk dimainkan yang tentu akan membuat kita sebagai pengguna menjadi kecanduan, hal ini tentu sangat berakibat buruk untuk anda para pelajar dimana jika kecanduan game, akan berpengaruh pada sekolah anda.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara menanggulangi kebiasaan terhadap internet agar terhindar dari dampak negatif internet? Sebenarnya metode yang paling ampuh adalah pada diri anda sendiri, kesadaran anda lah yang menjadi solusi paling efektif untuk mengatasi hal ini, ada banyak cara untuk membuat anda tidak terlalu kecanduan internet salah satunya adalah membuat jadwal kapan anda mengakses internet, menyibukkan diri dalam kegiatan sehari hari dan tentunya membatasi akses terhadap smartphone anda.

Tinggalkan komentar