DNA Pro Investasi Ilegal

Infokekinian.com – Kasus DNA Pro Investasi Ilegal kini sedang tren. Investasi robot perdagangan ilegal DNA Pro ini membuat sejumlah artis dan musisi terlibat masalah dengan polisi.

Departemen Reserse Kriminal Polri saat ini sedang menyelidiki dugaan kasus investasi robot perdagangan ilegal DNA Pro. Total kerugian masyarakat akibat dugaan investasi ilegal robot perdagangan DNA Pro ini diperkirakan mencapai Rp 97 miliar.

Bareskrim telah menetapkan 12 tersangka dalam dugaan investasi dalam robot perdagangan DNA Pro ilegal. Beberapa tersangka kasus DNA Pro sudah diamankan polisi.

Namun, ada tiga tersangka dalam kasus DNA Pro yang menjadi buron, yakni Fauzi alias Daniel Zil, Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe dan Ferawaty. Tiga tersangka DNA Pro sudah diburu polisi setelah diduga kabur ke luar negeri, yang ditunjukkan dengan red notice.

Pada saat yang sama, polisi juga memeriksa sejumlah artis dan penyanyi sebagai saksi dalam kasus DNA Pro. Ello, Rizky Billar dan Ahmad Dhani adalah beberapa tokoh lain dalam grup tersebut.

Pada 22 April 2022, Bareskrim Polri akan memanggil penyanyi Virzha untuk bersaksi sebagai saksi dalam dugaan investasi ilegal robot perdagangan DNA Pro. Polisi juga akan memeriksa penyanyi Rosa dan Yosi Project Pop untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus DNA Pro.

Pada Rabu, 20 April 2022, Rosa akan menjalani kuis terkait kasus DNA Pro. Sedangkan Yosi Project Pop dan Billy Syahputra akan menjalani kuis terkait kasus DNA Pro pada Kamis, 21 April 2022.

Jadi, apa itu DNA Pro dan bagaimana cara kerjanya?

DNA Pro Trading Ilegal, Kenali Investasi Ilegal (2)

Mengenal DNA Pro

DNA Pro merupakan platform yang menggunakan aplikasi robot trading yang dijual kepada member DNA Pro. Robot trading DNA Pro ini merupakan produk dari PT DNA Pro Akademi.

Sedangkan PT DNA Pro Akademi merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa Education Center di bidang Digital Global Investment yang berlokasi di Jakarta Barat. Dalam profilnya, perusahaan ini mengklaim sebagai Software Autopilot Trading nomor satu di Indonesia.

DNA Pro Akademi juga dikatakan memiliki misi untuk membantu banyak orang dengan menjadi pusat pelatihan dan pendidikan yang menawarkan saran perdagangan. Mereka menulis di akun LinkedIn mereka.

Sebagai informasi, robot trading berfungsi untuk meningkatkan keuntungan atau profit, namun beberapa robot trading yang tidak terdaftar atau illegal justru membawa kerugian bagi penggunanya.

Cara Kerja DNA Pro

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/4/2022), DNA Pro menerapkan operasional dengan sistem penjualan langsung dengan skema piramida atau Ponzi. Skema Ponzi adalah modus investasi penipuan. Seperti biasa, strategi ini menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Skema ponzi saat ini menjadi berita karena seringnya mereka ditemui dan dieksploitasi untuk keuntungan finansial. Karena skema ponzi biasanya menjanjikan keuntungan besar segera, mudah untuk melihat cara kerjanya.

Skema Ponzi dan skema piramida sangat mirip dalam banyak hal. Secara umum, skema piramida menggunakan barang atau entitas untuk berdagang.

Awalnya, ini dilakukan untuk memancing minat penonton. Namun, nilai moneter item tersebut tidak ada konsekuensinya. Selain itu, member juga diharuskan untuk merekrut member sebanyak-banyaknya dengan iming-iming bonus yang besar.

Skema Ponzi adalah dengan cara yang sama. Anggota skema investasi ilegal ini juga diharuskan mencari dan merekrut peserta baru.

Skema ponzi, di sisi lain, tidak melibatkan penjualan barang apa pun. Sebagai gantinya, member diharuskan untuk terus melakukan transaksi dengan iming-iming untuk meningkatkan keuntungan.

Dengan kata lain, jumlah uang yang dihasilkan tergantung pada berapa banyak transaksi yang dilakukan anggota baru. Atau, dengan kata lain, kamu menggali lubang untuk menyembunyikan lubang.

1. Karakteristik investasi ilegal – DNA Pro Investasi Ilegal

Perhatikan baik-baik ciri-ciri investasi yang curang agar tidak tertipu oleh tawaran bisnis investasi palsu dan ilegal. Hal ini penting untuk diingat agar kamu tidak tertipu yang akhirnya merugi akibat penipuan investasi.

1. Godaan umum bagi orang untuk terlibat dalam praktik investasi ilegal adalah janji pengembalian besar dengan risiko kecil.

2. Menjanjikan bonus rekrutmen member baru.

3. Menggunakan gambar orang terkenal, bahkan jika itu ilegal, untuk menarik perhatian pada suatu tujuan.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menjelaskan bahwa adanya praktik penipuan investasi juga dipicu oleh beberapa kondisi di Indonesia, yaitu: Rendahnya literasi masyarakat Kemajuan teknologi informasi Adanya kebiasaan buruk dari sekelompok orang Sayangnya, sebagai kemajuan teknologi, operator investasi ilegal yang tidak bermoral lebih mungkin untuk terlibat dalam praktik ini.

2. Daftar Investasi Ilegal – DNA Pro Investasi Ilegal

Berdasarkan informasi resmi di situs OJK, hingga Maret 2022, Satgas Waspada Investasi kembali menemukan 20 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin atau ilegal. Investasi ilegal terdiri dari:

9 entitas investasi ilegal yang memainkan permainan uang;
3 entitas investasi ilegal yang melakukan aktivitas robot perdagangan tanpa izin;
3 entitas investasi ilegal yang melakukan aktivitas perdagangan aset kripto tanpa izin;
5 entitas investasi ilegal lainnya.

Sementara itu, dari awal 2022 hingga Maret, Satgas Waspada Investasi menghentikan 19 entitas investasi ilegal, robot perdagangan tanpa izin, dan 634 platform perdagangan berjangka komoditas tanpa izin, termasuk aktivitas opsi biner.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Investasi Ilegal DNA Pro yang saat ini sedang banyak melibatkan para artis dan juga musisi, sehingga harus berurusan dengan kepolisian. Kalian bisa mengenali melalui ciri – ciri yang kami jelaskan diatas. Semoga bermanfaat ya!

/* */