Fungsi dan Kegunaan Coin Market Cap, Para Trader Wajib Tahu Ini

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai Fungsi dan kegunaan Coin Market Cap, para trader wajib tahu ini. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Tentunya para trader sudah tidak asing lagi dengan istilah Coin Market Cap dan Market Capital. CMC adalah situs tempat para pemain aset digital (cryptocurrency) pergi untuk mengumpulkan informasi tentang koin crypto.

Kapitalisasi pasar koin adalah situs web yang menampilkan secara real time pergerakan harga semua aset digital terdaftar (di seluruh dunia). Saat ini, ada 22.96 koin yang terdaftar di CMC (Juni 2019).

Koin ini masih diungguli oleh bitcoin, yang juga merupakan koin induk, meskipun berada di posisi teratas.

Akan mudah untuk membandingkan nilai tukar untuk setiap kripto menggunakan kapitalisasi pasar koin (aset digital) ini. Misalnya, kamu dapat mengonversi bitcoin ke etherium atau DDkoin.

Fungsi dan Kegunaan Coin Market Cap, Para Trader Wajib Tahu Ini

CMC merupakan aspek penting bagi pedagang saat membeli atau menjual aset digital. Mudah untuk memperkirakan apakah akan memperdagangkan atau menahan setiap koin dengan melihat grafik pergerakannya.

Fungsi dari Coin Market Cap

Setidaknya, ada beberapa fungsi dari coin market cap yang bisa bermanfaat bagi seorang trader:

1. Memperlihatkan Harga Secara Real Time, Volume, Supply Dan Change Setiap Digital Aset

Coin market cap memperlihatkan harga setiap digital aset secara real time. Semua koin yang telah terdaftar di CMC dengan mudah dapat dilihat harganya.

Didalamnya juga terlihat jelas volume transaksi terhadap digital aset. Seberapa banyak digital aset tersebut di tradingkan per harinya, per bulan, dan secara keseluruhannya.

Hal ini mendorong ketertarikan kepada para pengguna untuk membeli dan menjual, karena volume transaksi yang begitu tinggi. Lalu ada, informasi supply terhadap masing-masing koin.

Tinggal berapa koin lagi jumlah yang akan didistribusikan. Biasanya, jika supply semakin sedikit tren harga sebuah koin akan semakin meningkat.

Dan itu membuat para trader tidak mau ketinggalan untuk melakukan hold. Kemudian ada change, yang diwujudkan dalam sebuah grafik dan naik turunnya dalam bentuk persentase. Misalnya, persentase kenaikan BTC dalam USD atau BCT dalam DDKoin.

2. Memperlihatkan Jumlah Koin Yang Terdaftar

CMC mendaftar koin mulai dari yang digandrungi banyak orang sampai koin dengan sedikit peminat atau dari koin populer sampai koin yang tidak banyak orang mengenalnya.

Jumlah digital aset terus berkembang, terhitung pada Agustus 2016 terdapat 690 koin dan saat ini jumlahnya sudah mencapai 2296 digital aset

3. Memperingkat Digital Aset Berdasarkan Populeritasnya

Jumlah digital aset saat ini sudah cukup banyak yang bisa dilihat di coin market cap. Berdasarkan peringkatnya CMC mengurutkan bersadarkan volume market capitalnya.

Bitcoin menjadi urutan pertama dengan market capital terbesar dan juga saat ini memiliki harga yang paling tinggi.

Ada juga koin dengan urutan ke tiga yaitu Ripple dengan jumlah volume yang juga besar, walaupun harganya masih kalah dengan beberapa koin dengan urutan di bawahnya.

4. Menginformasikan Berbagai Event Yang Berhubungan Dengan Digital Aset

Coin market cap menjadi wadah informasi berbagai koin, bahkan mencantumkan web official link koin tersebut.

Sehingga para user bisa melanjutkan untuk mempelajari lebih dalam dengan mengunjungi link tersebut.

Banyak event-event yang akan diselenggarakan oleh setiap founder dan manajemen yang dimasukkan ke CMC.

Mulai dari koin baru yang akan di daftarkan, terkadang berisi challenge, meetup atau pertemuan di tempat tertentu untuk membahas cryptocurrency.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa fungsi dari coin market cap yang juga mempunyai syarat bagi koin baru harus memiliki setidaknya memiliki 2 exchanger, agar bisa diseranaikan di CMC.

Semua koin berharap sangat besar berada di CMC supaya populer. Dengan begitu, demand semakin meningkat yang kemudian akan berpengaruh sebagai pump (kenaikan harga) pada digital aset tersebut.

Demikianlah artikel mengenai Fungsi dan Kegunaan Coin Market Cap, Para Trader Wajib Tahu Ini dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.