Komponen dan Fungsi Plasma Darah untuk Tubuh Manusia

Fungsi plasma darah dalam tubuh manusia memiliki peran penting. Sebagian orang hanyalah mengenal darah yang memiliki peran penting dalam tubuh yang berbentuk cairan. Akan tetapi darah tersebut masih dibedakan menjadi beberapa cairan, dimana fungsi dari masing-masing jenis tersebut berbeda.

Cairan yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia diantaranya adalah sel darah merah, trombosit, sel darah putih, dan plasma darah. Lain dengan sel darah merah, warna dari plasma darah adalah kuning. Fungsi plasma darah sendiri adalah untuk membawa sel darah dan mengatur pembekuan darah karena mengandung protein fibrinogen di dalamnya.

Fungsi Plasma Darah

Selain mengandung protein untuk membekukan darah, plasma darah mengandung nutrisi-nutrisi, seperti enzim, garam, glukosa, hormone, komponen penggumpalan darah dan lainnya. Karena banyaknya zat-zat yang terkandung dalam plasma darah, maka tak heran bila cairan ini memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh.

8 fungsi plasma darah yang tak kalah penting dengan sel darah merah:

1. Mengangkut Air
Fungsi yang pertama adalah mengangkut air, sementara kandungan air di plasma darah sendiri mencapai 90%. Nah, air bersama glukosa, asam amino, dan ion tersebut kemudian disalurkan ke seluruh tubuh. Jadi, terbukti bahwa plasma darah amat dibutuhkan oleh tubuh bukan? bahkan bila kekurangan cairan ini, sangat perlu ditransfusi.

2. Mengangkut Nutrisi
Fungsi plasma darah selanjutnya adalah mengangkut nutrisi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Ya, nutrisi yang diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi dan telah diolah oleh organ pencernaan maka akan disalurkan ke sel-sel tubuh melalui plasma darah.

3. Membuang Limbah
Plasma darah tak hanya mengangkut nutrisi, namun juga mengangkut limbah dari sel-sel tubuh. Produk limbah tersebut kemudian disalurkan ke ginjal dan disaring oleh ginjal. Nah, selanjutnya limbah akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing.

4. Menjaga Tekanan Darah
Tahukah Anda? ternyata plasma darah pun memiliki fungsi untuk menjaga tekanan darah. Hal ini karena banyaknya protein yang terkandung di dalamnya. Protein albumin mampu mengatur tekanan darah, semakin rendah kandungan protein albumin pada plasma darah, maka semakin meningkat tekanan darah tersebut. Alhasil, jantung harus bekerja lebih keras.

5. Pembekuan Darah
Selain protein albumin, plasma darah mengandung protein fibrinogen. Protein inilah yang membuat plasma darah berperan membekukan darah. Dengan adanya pembekuan darah yang maksimal, maka tubuh terhindar dari infeksi serta kecil kemungkinan terjadi kekurangan darah.

6. Antibody untuk Pertahanan Tubuh
Fungsi plasma darah selanjutnya adalah sebagai antibody, menyerang bakteri atau kuman, serta zat asing lainnya. hal ini karena terdapat kandungan protein immunoglobulin dalam plasma darah.

7. Menjaga Keseimbangan pH
Garam juga terkandung  plasma darah, garam tersebut meliputi potassium, magnesium, kalsium, natrium, klorida, serta bikarbonat. Garam-garam itu berperan mengontraksikan otak dan melancarkan pengiriman sinyal dari otak ke saraf.

8. Membantu Penyembuhan Luka
Karena salah satu fungsi plasma darah adalah membekukan darah dengan protein fibrinogen, maka otomatis saat terjadi luka, darah pada luka tersebut akan cepat membeku. Jadi, semakin banyak plasma darah dalam tubuh, semakin cepat kering luka pada tubuh Anda.

Begitu beragam bukan fungsi plasma darah? Bahkan perannya tak kalah penting dari sel darah merah dan sel darah putih. Jadi, jika kekurangan plasma darah, Anda harus melakukan transfuse, agar organ-organ dalam tubuh berfungsi maksimal, tekanan darah tetap normal, pH seimbang, dan daya tahan tubuh meningkat.

Tinggalkan komentar