Fungsi Protein untuk Tubuh Manusia yang Wajib Diketahui

Berbagai zat dibutuhkan oleh tubuh manusia, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Zat-zat tersebut memiliki peran yang berbeda, mulai dari sebagai sumber tenaga hingga berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kita harus menjaga keseimbangan zat tersebut dengan cara mengonsumsi makanan bergizi.

Nah, salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh adalah protein. Lantas, apa sebenarnya pengertian protein itu?
Protein adalah sebuah senyawa kimia yang di dalamnya terkandung hidrogen, karbon, oksigen, fosfor, belerang, dan nitrogen.

 

Para ahli mengungkapkan kata protein berasal dari bahasa Yunani, yakni proteis. Proteis berarti “yang terpenting” atau “yang utama”. Ya, memang benar protein merupakan sesuatu yang penting dan utama untuk tubuh manusia.

Protein berperan sebagai unsur yang memperbaiki sel-sel rusak dan membentuk kembali sel yang baru. Kebutuhan protein pada setiap orang berbeda, tergantung pada usia dan kondisi fisiknya. Ya, protein dibutuhkan lebih banyak untuk usia anak-anak, orang yang baru siuman dari sakitnya, serta untuk ibu hamil.

Protein adalah zat gizi paling utama yang tak kalah penting untuk tubuh. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan sumber tenaga, nah, sumber tenaga tersebut tak hanya diperoleh dari karbohidrat saja, namun juga bisa didapat dari protein.

Protein pun dibagi menjadi beberapa jenis, dimana setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi protein berdasarkan jenisya :

1. Protein Sempurna
Yang memiliki kandungan protein sempurna diantaranya adalah putih telur, susu, dan daging hewan. Di dalamnya terdapat asam amino yang lengkap dan baik untuk perkembangan tubuh.

2. Protein Kurang Sempurna
Protein kurang sempurna adalah makanan yang kandungan asam aminonya lengkap namun jumlahnya hanya sedikit. Nah, yang mengandung protein kurang sempurna diantaranya adalah gandum dan kacang-kacangan.

3. Protein Tidak Sempurna
Jagung dan beberapa tumbuhan lain memiliki kandungan protein tidak sempurna. Protein tidak sempurna ini hampir tidak memiliki kandungan asam amino esensial.

Selain dibagi berdasarkan fungsinya, protein juga dibagi berdasarkan sumber protein, yakni menjadi protein nabati dan hewani. Sudah tahu bukan perbedaan antara keduanya ? Tentu protein nabati adalah protein yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan. Sementara protein hewani adalah protein yang terkandung atau berasal dari hewan.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis protein, Anda harus mengetahui fungsi protein secara keseluruhan. Yuk simak fungsi dari protein untuk tubuh manusia berikut ini!

  1. Mendorong pertumbuhan sel, organ tubuh, serta jaringan-jaringan tubuh.
  2. Sebagai sumber karbohidrat, sehingga menjadi sumber tenaga pula.
  3. Menetralkan, menghancurkan, serta melawan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Protein adalah zat rendah gula, sehingga cocok sebagai asupan diet.
  5. Menyeimbangkan cairan tubuh dan kandungan asam basa.
  6. Mengatur metabolisme tubuh karena protein juga sebagai enzim.
  7. Berperan sebagai biokatalisator.
  8. Sebagai bahan sintesis substansi, sama halnya dengan enzim, hormone, antibody, serta kromosom.
  9. Sebagai zat pelindung tubuh dan pembangun sel-sel penting.
  10. Berfungsi untuk meneruskan sifat-sifat genetik pada keturunan.

Nah, itu dia 10 ulasan tentang fungsi protein yang tidak kalah pentingnya dengan karbohidrat, mineral, dan vitamin. Apabila tubuh kekurangan protein, maka daya tahan tubuh kurang maksimal, sel-sel dalam tubuh pun tidak bisa berfungsi optimal.

Maka dari itu, konsumsilah makanan yang kaya protein, seperti kedelai, kacang-kacangan, daging ayam, susu, dan masih banyak lagi. Jenis makanan yang mengandung sangat mudah didapatkan, bahkan harganya cukup terjangkau, jadi, jangan lupakan protein ya!

 

Tinggalkan komentar